5 Rekomendasi Pencipta Lagu (Songwriter) Terbaik Asal Jogja, Yuk Bikin Soundtrack Hidupmu - 2020

5 Rekomendasi Pencipta Lagu (Songwriter) Terbaik Asal Jogja, Yuk Bikin Soundtrack Hidupmu

By

Rekomendasi Pencipta Lagu (Songwriter) Terbaik Asal Jogja

Apa jadinya jika kisah hidupmu menjadi untaian bait dalam sebuah lagu, kebayang ngga sih ada lagu yang memang dibuat khusus untukmu, seruuu kaan.. Nah kebutuhan jasa pembuatan lagu memang saat ini meningkat cukup tinggi, mulai dari pembuatan jingle iklan, Hymne, Mars, Soundtrack hingga lagu yang memang dibuat secara khusus untuk kita, semisal lagu untuk pernikahan dengan latar belakang kisah cinta yang terjadi. Hal ini pasti akan menjadi semacam monumen kenangan tersendiri.

Seringkali ketika sebuah album musik meledak, lagunya hampir diputar dimana mana, sepanjang waktu hingga kita tak terasa hafal dengan sendirinya. Tak ayal sang artis laris tampil dimana mana. Tapi dibalik dari kisah kesuksesan sebuah lagu tentu saja ada peran penting yang kadang luput dari perhatian kita, yaitu dari si pencipta lagu itu sendiri. Proses penciptaan lagu memang tidaklah karena melibatkan banyak sekali ahli, mulai dari penciptaan lirik, irama, kemudian diisi oleh pemain musik yang professional, bahkan sampai dinyanyikan oleh penyanyi professional yang tentu saja terjamin kualitas suara nya.

Nah di kota jogja, yang juga terkenal dengan kota budaya, kota seni, tentu saja tak kurang seniman seniman handal, musisi musisi professional termasuk para pencipta lagu yang telah berhasil menciptakan lagu lagu apik dengan nada nada yang indah. Dan berikut ini tim jogjaasik.com merangkum para pencipta lagu di jogja ini untuk anda.

Daftar Rekomendasi Pencipta Lagu di Jogja :

  1. PONGKI BARATA
  2. EROSS CANDRA
  3. CH INDRASMARA
  4. KUNTO AJI
  5. RIAN EKKY PRADIPTA

Jadi kalau kamu ingin membuat jingle iklan, mars, hymne atau soundtrack mungkin bisa coba menghubungi langsung para pencipta lagu yang berkompeten ini.

1. Pongki Barata

Stefanus Pongki Tri Barata yang akrab disapa dengan panggilan Pongki (lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, 16 November 1977; umur 42 tahun) adalah mantan vokalis dan gitaris grup band legendaris Jikustik asal Yogyakarta.
Banyak album dan lagu yang sudah diiciptakannya bersama Jikustik maupun dengan band barunya The Dance Company dan The Dangerous Band. Disamping itu dia juga ciptakan lagu bagi artis-artis penyanyi lain mulai dari Chrisye, Iwan Fals, Audy dan bahkan artis maalaysia seperti Siti Nurhaliza.

Kemampuannya dalam menciptakan lagu juga didukung karena dia lulusan fakultas bahasa inggris salah satu PTS di Jogja. Tahun 2003 dia menikah dengan sesame artis Sophie Navita dan saat ini sudah mempunyai dua momongan.

2. Eross Candra

Eross Candra lebih akrab dipanggil Eross lahir dan besar di Yogyakarta merupakan anggota grup band Sheila on 7. Posisinya sebagai gitaris sekaligus penulis lagu utama di band tersebut. Sama seperti Pongky dia juga tidak hanya menciptakan lagu bagi bandnya tapi juga bagi beberapa artis lain seperti Cokelat, Memes, Tasya, dll.

Kiprahnya di dunia music tanah air dimulai pada tahun 1998 dimana bersama Sony Music Indonesia bandnya Sheila on 7 merilis album pertamanya dipasaran dan langsung mencatatkan rekor penjualan fantastis jutaan copy kala itu. Namanya sebagai pencipta lagu semakin dikenal setelah melahirkan banyak single hits bersama Sheila on 7. Sampai saat ini Sheila on 7 masih tercatat sebagai band legendaris asal jogja yang masih sangat aktif dan padat jadwal oof air dan on airnya.

3. CH Indrasmara

Banyak orang yang belum mengenal CH Indrasmara, tapi dia adalah spesialis pencipta lagu wedding alias lagu-lagu bertemakan cinta. Banyak juga yg tidak tahu bahwa dia seangkatan dengan Pongky Barata bahkan pernah main di band yang sama dalam suatu acara tutup tahun SMA. Namanya dikenal pertama kali saat memuncaki the Indonesia charts for singer songwriter di Reverbnation pada tahun 2013. Sampai akhirnya pada 15 Desember 2013, dia mendirikan CHproduction yang spesialisasinya adalah menciptakan lagu pernikahan (wedding song) bagi
pasangan yang akan menikah berdasarkan kisah mereka. Namanya kemudian lebih dikenal sejak kemunculan platform Bridestory kala itu.

Pada tahun 2015 bekerjasama dengan penyanyi Brian Prasetyoadi yang kala itu sudah menjadi vocalist band Jikustik sebagai pengganti Pongky Barata lahirlah single “Meski Tak Lama” yang kemudian sempat populer dan menjadi runner-up ajang tembang nusantara salah satu radio swasta di jogja. Lagu tersebut sejatinya adalah wedding song yang diciptakannya untuk pasangan Sari dan Samuel yang hanya bertemu 3 hari di jogja lalu memutuskan untuk menikah. Karena animo yang bagus dari para pecinta music kala itu maka lagu tersebut sempat banyak diputar dan menduduki tangga lagu di beberapa radio swasta di DIY dan Jateng.

Pada tahun 2017 kembali dia menciptakan lagu “Takkan Pernah” yang dengan apik dinyanyikan oleh Brian Prasetyoadi, lagu ini semakin popular karena di kemudian hari menjadi theme song salah satu PTS di jogja. Pada tahun yang sama di 2017 dia melepas album pertamanya bersama CHproduction bertajuk “From Djogja with Love”, berisi 9 lagu yang dia ciptakan dan dinyanyikan oleh beberapa penyanyi jogja dimana selain Brian salah satunya juga ada Maria Eka yang menyanyikan lagu “Kisah Seorang Perawat” sebelum dirinya dikenal melalui salah satu ajang pencarian bakat. Ada kisah unik dalam pembuatan album ini, semua berawal hanya dari lagu “Wanita Hebat” ciptaannya yang diupload di FB fanpages untuk mengenang kepahlawanan RA Kartini dan langsung ditonton lebih dari 150rb orang kala itu.

Ribuan orang membagikan lagu tersebut di wall mereka utamanya kaum hawa serta ribuan juga komentar yg masuk, sampai akhirnya ada permintaan dari mereka untuk dapat membeli lagu tersebut. Padahal lagu itu dinyanyikan bukan oleh penyanyi professional direkam pertama kali tahun 2012 sebelum akhirnya digarap ulang musiknya hanya dengan menambahkan aransemen gitar elektrik. Karena tidak mungkin menjual fisik hanya satu lagu maka dikumpulkanlah 9 lagu yang sudah tercipta ke dalam sebuah album “From Djogja with Love” untuk diperjual belikan dalam bentuk CD. Album tersebut juga sempat tersedia di toko kaset Popeye yang terlengkap dan sangat legendaris di jogja. Sampai saat ini album tersebut dapat kalian dengar dan nikmati di semua gerai digital favoritmu.

Dalam perkembangannya CHproduction bukan hanya melayani pembuatan lagu pernikahan tapi segala jenis lagu termasuk jingle, hymne dan mars bagi corporate/institusi. Bahkan CHproduction menyediakan jasa aransemen untuk berbagai genre musik, juga menyediakan jasa rekaman bagi mereka yang ingin memproduksi karyanya termasuk penggarapan mixing mastering-nya. Tentu dia tidak bekerja sendiri di CHproduction dia dibantu oleh para musisi handal kota jogja yang jam terbangnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika kamu tertarik untuk memesan lagu ciptaannya atau mau memproduksi lagumu sendiri silahkan kunjungi https://chproduction.id atau anda bisa tersambung langsung dengan Whatsapp admin CHproduction di 082130532532.

4. Kunto Aji

Kunto Aji Wibisono yang lebih akrab dengan sapaan Kunto Aji adalah penyanyi asal Yogyakarta yang besar melalui sebuah ajang pencarian bakat di salah satu TV swasta Nasional. Dalam ajang tersebut dia berhasil menjadi salah satu finalis.
Namanya mulai diperhitungkan sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu melalui debut singelnya “Terlalu Lama Sendiri” yang dirilis pada tahun 2014 yang meledak di pasaran

5. Rian Ekky Pradipta

Rian Ekky Pradipta yang lebih akrab disapa Rian D’Masiv adalah musisi sekaligus vocalist utama band D’Masiv. Namanya mulai dikenal dan diperhitungkan sebagai pencipta lagu setelah bersama band D’Masiv mereka merilis single “Cinta Ini Membunuhku” yang meledak dan sangat laris penjualannya di pasaran saat itu. Hampir setiap hari baik media TV maupun radio di seluruh Indonesia memutar single tersebut, alhasil single tersebut memuncaki chart-chart di radio-radio ternama.

You may also like

Hot News