5 Rekomendasi Rute Lari di Jogja, Pasti Seru, Asyik Plus Instagramable - 2020
Rekomendasi Rute Lari di Jogja Pasti Seru Asyik Plus Instagramable

5 Rekomendasi Rute Lari di Jogja, Pasti Seru, Asyik Plus Instagramable

By

5 Rekomendasi Rute Lari di Jogja, Pasti Seru, Asyik plus Instagramable

Senangnya ketika di jalan bertemu dengan orang lain yang punya hobi sama. Beberapa orang kadang masih saja ada yang heran dan bertanya, hobi kok lari? Padahal lari adalah hobi yang cukup sederhana untuk memulainya. Kamu hobi lari? Olahraga Berlari kini makin banyak diminati semua orang. Tidak hanya mudah, olahraga ini diminati karena tidak membutuhkan banyak uang, cukup bermodalkan sepatu lari saja.

Naah ini nih, EKSPERIA.ID, sebuah start-up asal jogja tentang hobi dan kegiatan menarik, mereka mengadakan Jogja Virtual Running di tahun 2020 ini. Lah kan masih pandemi? Tenaaang.. Meski ditengah pandemik, teman-teman yang hobi berlari, dapat menyalurkan hobinya dengan berlari sendiri-sendiri, sesuai jarak dan waktu yang ditentukan, namun bersama-sama secara virtual. Kereeen banget kan..

Para peserta diwajibkan untuk merekam jarak larinya dengan beberapa aplikasi lari populer, dan mengirimkan buktinya untuk ditukarkan dengan finisher pack berisi medali dan jersey lari. Bagi kamu yang pelari pemula, tidak perlu khawatir, karena kamu tidak perlu terus berlari, bisa juga diselingi dengan joging atau berjalan.

Dan beberapa waktu lalu, Eksperia.ID. jogjaasik.com dan bersama komunitas JOGJARUNNING mengadakan survei mengenai rute lari favorit di Kota Yogyakarta. Dan berikut ini adalah rekomendasi favorit dari para penghobi lari di Yogyakarta.

Rekomendasi Rute Lari di Jogja Pasti Seru Asyik Plus Instagramable

Daftar 5 Rute Favorit Untuk Berlari dan Instagramable di Yogyakarta

  1. Tugu dan Kota Baru
  2. Keraton Yogyakarta & Malioboro
  3. Kotagede
  4. Embung Tambak Boyo
  5. Wisdom Park UGM

Okaay, terus kemana aja nih rute rute detailnya? Yuk langsung simak ulasan dibawah ini dan rasakan langsung keseruannya berlari di rute rute rekomendasi kami ini.

1. Rute Lari di Tugu dan Kota Baru

Rute favorit untuk berlari yang pertama adalah Tugu Yogyakarta dan Kotabaru. Rute ini menjadi rute favorit karena aksesnya yang mudah, tersedia parkir, dan banyak spot foto yang dapat diabadikan di daerah ini. Selain itu, rute ini menjadi populer di kalangan komunitas lari di Yogyakarta, karena ketersediaan rute pedestrian, sehingga nyaman untuk berlari, dan alasan keamanan. Rute berlari yang ditempuh biasanya sekitar 5KM hingga 10KM.

Para pelari, biasanya memulai lari dari Jalan Mangkubumi ke arah Stasiun Tugu, kemudian menuju Taman Parkir Abu Bakar Ali, Stadion Kridosono, menelusuri Kota Baru, Jalan Sudirman dan berakhir di Tugu Yogyakarta. Spot foto yang diambil pelari, biasanya ada di Tugu Yogyakarta, Gerbang Stasiun Tugu, Pedestrian Jalan Sudirman, Pedestrian Jalan Mangkubumi.

2. Rute Lari di Keraton Yogyakarta & Malioboro

Area Keraton Yogyakarta menjadi pilihan selanjutnya untuk berlari. Alasan menjadi rute yang favorit, dikarenakan banyak spot foto yang menarik, dan beberapa kafe yang dapat dijadikan titik kumpul untuk start dan finish berlari. Rute berlari yang ditempuh sekitar 5KM hingga  15KM.

Untuk berlari, rute yang disarankan dimulai dari Alun-Alun Utara, dimana teman-teman pelari dapat memarkirkan kendaraannya di area sekitar alun-alun tersebut, kemudian ke Titik Kilometer 0, Ke barat Taman Pintar, menuju utara arah Parkir Abu Bakar Ali, Jalan Malioboro, arah ke selatan Jalan Ketandan hingga menuju ke Keraton, area Taman Sari, ke Alun-Alun Selatan, Plengkung Gading, Wijilan, dan kembali lagi ke Alun-Alun Utara. Untuk di area ini, hampir semuanya merupakan area yang bagus untuk difoto. Sebagai masukan untuk teman-teman yang ingin berlari di area ini, dapat menggunakan pakaian panjang dan tertutup untuk dapat masuk dan berfoto di area wisata.

Rute Lari di Keraton Yogyakarta dan Malioboro

3. Rute Lari di Kotagede

Rute favorit selanjutnya yang menjadi pilihan berlari di Yogyakarta adalah Kotagede. Kotagede merupakan area di Yogyakarta yang banyak menyimpan sejarah, sehingga banyak disana bangunan-bangunan tua menarik yang asik dilewati ketika berlari. Rute berlari yang ditempuh sekitar 5KM hingga 7KM.

Adapun rute yang biasa dilewati adalah dimulai dari Gedongkuning, Alun-Alun, Masjid Kauman, Lapangan Karang. Dikarenakan area yang dilewati tidak terlalu luas, disarankan untuk berlari di pagi hari di lokasi ini karena lebih sepi.

Rute Lari di Kotagede

4. Rute Lari di Embung Tambak Boyo

Buat teman-teman yang ingin berlari serius, Embung Tambak Boyo menjadi pilihan favorit untuk berlari. Embung Tambak Boyo, berlokasi di Condong Catur, Sleman, D.I.Yogyakarta, dekat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Teman-teman pelari, dapat berlari memutari satu area tersebut, yang mana satu putaran (loop) berjarak sekitar 1,2KM.

Di Embung Tambak Boyo, para pelari tidak perlu merencanakan rute yang akan dilewati, cukup mengikuti rute putaran Embung. Jika teman-teman pelari menginginkan menyelesaikan 10KM atau lebih, bisa dibagi jarak satu loop Embung dengan sejumlah jarak yang diinginkan. Spot foto yang direkomendasikan adalah di jembatan tanggul, dan di hutan utara Embung.

Rute Lari di Embung Tambak Boyo

5. Rute Lari di Wisdom Park UGM

Area berlari terbaru di Kota Yogyakarta adalah wisdom park. Wisdom Park ini merupakan bagian dari area Universitas Gadjah Mada (UGM). Wisdom Park ini berada di timur UGM, daerah Karangmalang, yang berseberangan dengan UNY. Teman-teman yang ingin berlari disini, bisa masuk dari belakang Wisma MMUGM. Rute berlari yang ditempuh sekitar 3KM hingga 10KM.

Rute yang dipilih, biasanya diawali digerbang wisdom park (utara Wisma MMUGM), kemudian mengikuti jalur joging track ke lembah UGM hingga ke danau buatan UGM. Apabila teman-teman ingin berlari lebih jauh, teman-teman bisa melanjutkan lari dari lembah UGM ke utara (fakultas peternakan), Mbarek, Jalan Teknika Utara, Sardjito, Bunderan UGM dan berakhir kembali di Wisdom Park UGM. Sayangnya, dikarenakan pandemik, area utama UGM seperti Grha Sabha dan Lapangan Pancasila tidak bisa dilewati.

Rute Lari di Wisdom Park UGM

Demikian rute yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berlari di Kota Yogyakarta, semoga menjadi inspirasi. Meski berolahraga diluar, jangan lupa untuk terus mematuhi protokol keamanan dan kesehatan selama berlari ya.

You may also like

Hot News