Rekomendasi Jurusan Psikologi Terbaik di Jogja

16 Rekomendasi Kampus Jurusan Psikologi Terbaik di Jogja Terlengkap, Karena Manusia Ngga Ada Yang Sama

By

16 Rekomendasi Jurusan Psikologi Terbaik di Jogja, Karena Manusia Ngga Ada Yang Sama

Kamu suka merhatiin perilaku orang lain atau seneng dengerin curhatan dari temen-temenmu? Kalau iya, kayaknya kamu ada bakat jadi psikolog deh.. Cocok kalau kamu jadi mahasiswa psikologi. Gak ada salahnya dong, lulus SMA nanti kamu lanjut kuliah jurusan psikologi di jogja.

Rekomendasi Jurusan Psikologi Terbaik di Jogja

Jurusan psikologi itu sendiri adalah suatu displin ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan hal yang mendasarinya ( pemikiran, perasaan, dan lain-lain). Di sini juga akan dijelaskan apa yang di lakukan dan bagaimana kita berperilaku, juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik sebuah tindakan.

Di jurusan Psikologi ini kamu akan belajar tentang “manusia” berdasarkan keunikan yang dimilikinya, karena manusia memang nggak ada satupun yang benar-benar sama, semuanya pasti unik, walau pun lahir dari orang tua yang sama.

Emang sih ada banyak alesan kenapa pada masuk jurusan psikologi, ada yang cuma coba-coba ada yang juga yang emang bener-bener suka. Sebaiknya sih jangan karena coba-coba ya, karena akan buang-buang uang dan waktu kamu juga kalau kamu masuk sebuah jurusan karena alesan coba-coba. Kalau kamu punya dua sifat yang disebutkan diatas tadi, saran aku sih mending ambil jurusan psikologi. Mau tau kenapa? Ada beberapa alasan kenapa kamu harus ambil universitas jurusan psikologi di Jogja.

Jurusan Psikologi itu seperti apa?

Di Kampus Jurusan Psikologi ini kamu akan mempelajari "manusia" dengan mental pikiran dan perilaku sebagai individu yang unik dan berbeda. Karena tidak ada manusia satupun di dunia ini yang sama persis. Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial

Lulusan psikologi bisa kerja dimana?

Ada satu pekerjaan yaitu Bagian Personalia (HRD) yang hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan psikologi di bagian ini, artinya lulusan psikologi bisa kerja dimana saja. Untuk catatan sebagai lulusan psikologi kamu ngga cukup hanya berbekal gelar sarjana S1, tapi harus melnjutkan ke jenjang berikutnya yaitu Magister Psikologi Profesi untuk mencapai gelar psikolog dan kemudian bisa praktek membuka konseling. Selain itu ini beberapa jenis pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan psikologi :

Konsultan Karier, Dosen Psikologi, Guru, Terapis / Perawat Kesehatan Mental, Psikolog, Penulis (Content Writer), Research And Development (RnD), Trainer

Kenapa Memilih Jurusan Psikologi?

Kamu bisa memahami penyebab dari perilaku seseorang. Seru juga loh bisa paham sama orang lain tuh, kadang kan ada orang yang pengen banget dimengerti tapi gak ada yang bisa ngerti dan akhirnya kamu dateng dan bisa memahami dia, bisa jadi kamu jadi penolongnya atas segala hal yang dia rasa. Keren kan kalau bisa kayak gitu.

Menarik Untuk Dibaca :  6 Rekomendasi Klinik Kecantikan di Jogja, Cantik di Kota Pelajar dengan Harga Pelajar

Kamu bisa dapetin perspektif baru dan bisa menilai secara objektif. Seringkali kan di kehidupan kita, ada yang menuduh dia adalah seorang kriminal karena telah membunuh seseorang. Nah, lewat psikologi akan menuntun kamu untuk bisa memahami kalau ada maksud tersembunyi dari tindakan seseorang.

Kamu juga bisa memahami diri kamu sendiri. Kadang kan dari kita banyak tuh yang belum mengenal akan dirinya sendiri. Mempelajari psikologi bisa juga untuk memahami kepribadian diri sendiri. Saat kamu tau karakter yang kamu punya, kamu bisa menekan watak burukmu dan meningkatkan watak baikmu. Dan juga bisa mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan diri sendiri.

Jadi mahasiswa psikologi bisa dapet perasaan nyaman dan seneng ketika bisa berguna bagi orang lain. Bayangin ada orang yang terganggu mentalnya dan butuh seorang psikolog, psikiater, atau dokter jiwa, tapi malah dibuly sebagai orang gila. Nah, kamu sebagai mahasiswa psikologi bisa memberikan edukasi kalau mental itu juga perlu dijaga kesehatannya.

Jurusan psikologi juga punya prospek kerja yang besar dan banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Kamu gak perlu khawatir soal pekerjaan pasca kuliah nanti. Udah tau kan, kalau konsultasi ke psikolog itu mahal, bisa dibayangin dong penghasilan yang bisa didapet. Selain itu, kamu juga menabung amal karena banyak bermanfaat untuk orang lain. In Syaa Allah berkah dunia akhirat dapet.

Jurusan SMA apa yang masuk ke psikolog?

Memilih Jurusan Psikologi itu dari SMA Jurusan IPA atau IPS bisa semuanya. Karena ada beberapa kampus yang menggolongkan jurusan psikologi dalam kategori saintek dan ada yang memasukkannya dalam kategori soshum

 

Tertarik masuk jurusan psikologi?? Asyik lohh.. Dan kabar baiknya lagi gaess, kalau Jogja yang menyandang sebagai kota pelajar punya universitas yang punya jurusan psikologi terbaik lohh.. Langsung aja nih Jogjaasik.com akan kasih listnya ke kamu.

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Psikologi di Jogja yang Terbaik

Meskipun Jogjaasik.com gak akan bahas semuanya sih, cuma beberapa universitas aja. Tapi daftar S1 S2 dan S3 Universitas dan Kampus Jurusan psikologi di Jogja selengkapnya ada di bawah ini!

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia ini juga bisa jadi pilihan terbaik untuk ambil jurusan psikologi. Jurusan psikologi di universitas ini juga masuk ke dalam 10 besar universitas yang mempunyai jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Universitas ini mempunyai khas di dalam jurusan psikologi yang adalah psikologi islam. Nah, karena ciri khas tersebut, universitas ini cukup sering menjadi penggagas seminar internasional maupun konferensi yang membahas mengenai Psikologi di dalam perspektif islam.

Alamat Universitas Islam Indonesia

Kaliurang St No.Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55584

Nomer Telepon Universitas Islam Indonesia

(0274) 898444

2. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fakultas Psikologi UMB Yogya berdiri sejak tahun 1993, hingga tahun 2010 telah meluluskan 1.459 Sarjana Psikologi yang bekerja diberbagai bidang diseluruh Indonesia. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, fakultas Psikologi telah tiga kali berturut-turut mendapatkan status Akreditasi A dari BAN PT.

3. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sudah berdiri sejak tahun 1955. Universitas ini merupakan salah satu kampus yang memiliki jurusan psikologi dengan akreditasi A. Bahkan jurusan psikologi di universitas ini berhasil masuk ke daftar 10 jurusan psikologi yang terbaik di Indonesia. Itu karena fasilitasnya yang sangat mendukung dan juga lengkap.

Alamat Universitas Sanata Dharma

Jl. Affandi, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Nomer Telepon Universitas Sanata Dharma

(0274) 513301

4. Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan menyediakan pendidikan kompetitif terbaik bagi para mahasiswanya agar menjadi cendekiawan profesional berdedikasi tinggi berlandaskan moral dan etika keislaman. Untuk meraih tujuan tersebut, Fakultas Psikologi didukung oleh sumber daya insani yang professional, kreatif, dan inovatif. Struktur kurikulum yang senantiasa dikembangkan agar mampu menjawab kebutuhan zaman, dan tentunya penelitian yang terus didorong untuk menemukan berbagai solusi terbaik untuk menjawab kegelisahan masyarakat, dengan harapan terbentuknya masyarakat berperadaban yang diridhoi Allah SWT.

Saat ini Fakultas Psikologi menyelenggarakan dua program studi, yakni Program Studi Sarjana (S1) Psikologi dengan gelar S.Psi dan Program Studi Magister (S2) Psikologi dengan minat studi Magister Science (M.Si.) dan Magister Profesi (M.Psi.).

Alamat Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Kapas No.9, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Nomer Telepon Universitas Ahmad Dahlan

(0274) 563515

5. Universitas Gadjah Mada

Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, jumlah penelitian, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa. Beberapa guru besar UGM pun tak jarang menghiasi buku-buku panduan mahasiswa psikologi yang ada di Indonesia.

Alamat Universitas Gadjah Mada

Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Nomer Telepon Universitas Gadjah Mada

(0274) 588688

Daftar 16 Rekomendasi S1 S2 dan S3 Universitas dan Kampus Jurusan Psikologi di Jogja yang Terbaik dan Terlengkap!

  1. Universitas Mercu Buana Yogyakarta S1 Psikologi
  2. Universitas Teknologi Yogyakarta S1 Psikologi
  3. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta S1 Psikologi
  4. Universitas Sanata Dharma S1 Psikologi
  5. Universitas Aisyiyah Yogyakarta S1 Psikologi
  6. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa S1 Psikologi
  7. Universitas Islam Indonesia S1 Psikologi
  8. Universitas Ahmad Dahlan S1 Psikologi
  9. Universitas Proklamasi 45 S1 Psikologi
  10. Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta S1 Psikologi
  11. Universitas Islam Indonesia S2 Psikologi Profesi
  12. Universitas Ahmad Dahlan S2 Psikologi Profesi
  13. Universitas Mercu Buana Yogyakarta S2 Psikologi Profesi
  14. Universitas Mercu Buana Yogyakarta S2 Psikologi
  15. Universitas Ahmad Dahlan S2 Psikologi
  16. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta S3 Psikologi Pendidikan Islam

Sobat Jogjaasik itu tuh 16 rekomendasi kampus jurusan psikologi terbaik di Jogja. Semoga informasi ini bisa bermanfaat yak!! Dan apapun jurusan dan kampusmu nanti semoga kamu bisa menjadi apa yang kamu cita-citakan!!

You may also like