Home » Serba Serbi » 5 Tempat yang Dipercaya Angker di Jogja: Ada Penampakan Hantu Noni Belanda

5 Tempat yang Dipercaya Angker di Jogja: Ada Penampakan Hantu Noni Belanda

by 

Ilustrasi tempat angker di jogga. Foto: pixabay

JOGJAASIK- Selain dikenal banyak lokasi yang indah, sejumlah tempat di Kota Jogja ternyata dipercaya angker alias banyak makhluk halusnya. Ada banyak cerita urban legend yang mengiringi kisah lokasi-lokasi angker ini.

Dalam artikel ini akan diungkap 5 tempat yang dipercaya angker seperti dikutip dari channel Youtube Febian Firsyah, Selasa (9/7/2024):

1. Jembatan Gondolayu

Jembatan Gondolayu yang terletak tidak jauh dari Tugu Jogjakarta ternyata menyimpan banyak kisah misteri. Jembatan ini dibangun pada tahun 18040-an saat Perang Diponegoro masih berlangsung. Konon agar jembatan ini berdiri kokoh, ada tumbal yang harus dikorbankan. Tumbal yang dikorbankan adalah sepasang suami istri yang baru saja menikah dan nama pasangan tersebut adalah Ratmi dan Tino. Pasangan ini mengalami nasib sial setelah dijemput paksa oleh tentara Belanda tidak lama setelah mereka melakukan akad nikah. Tangan mereka diikat dan mulut mereka disumpal kemudian mereka dilempar ke pondasi jembatan. Lalu jasad mereka diuruk dan terpendam bersama material jembatan yang lainnya.

2. Rumah Kentang Kota Baru

Rumah Kentang Kota Baru terletak di Kelurahan Kota Baru kota Jogjakarta. Berbeda dari rumah kentang Bandung dengan mitos bocah Belanda yang meninggal setelah masuk, di sini  tidak ada terjadi tragedi apapun. Namun masyarakat sekitar sering mencium bau kentang yang sangat menyengat di dalam rumah ini di waktu-waktu tertentu. Masyarakat meyakini bahwa aroma kentang ini menandakan kedatangan mahluk halus.

3. Bioskop Angker

Kisah horor tidak hanya terjadi di bangunan-bangunan kuno yang ada di Yogyakarta. Kisah tentang bioskop angker juga berkembang. Kisah ini bermula pada tahun 1990-an ketika itu ada bangunan bioskop terbesar kedua yang ada di Yogyakarta kebakaran dan menewaskan banyak sekali masyarakat yang sedang asyik menonton film. Sampai saat ini belum diketahui apa sebenarnya penyebab dari kebakaran bioskop tersebut. Lebih dari 20 tahun sudah bangunan bioskop tersebut maka kemudian di tempat yang sama tepatnya di sebelah bioskop yang lama dibangun bioskop baru. Namun kisah misteri seperti penampakan hantu dan suara-suara aneh kerap terdengar di bioskop tersebut.

Menarik Untuk Dibaca :  15 Rekomendasi Tempat Outbound di Jogja, Mengedukasi Juga Menyenangkan

4. Rumah Pocong Sumi

Ada sebuah bangunan rumah di Kotagede kota Jogjakarta kerap dianggap sebagai rumah angker. Bangunan yang berdiri pada pada tahun 1935 ini diklaim sebagai rumah angker dan mendapatkan sebutan rumah pocong Sumi. Sebutan tersebut dikarenakan sosok yang sering muncul dan menakuti warga sekitar bernama Sumi. Biasanya pocong Sumi muncul di teras rumah ini sekitar pukul 10.00 malam .

5. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan kuno peninggalan Belanda yang ada di Yogyakarta. Benteng Vredeburg kini menjadi salah satu objek wisata yang ada di Yogyakarta. Cerita angker Ini dimulai saat ada salah satu pameran lukisan besar yang terjadi di siang hari tiba-tiba ada banyak pasukan Belanda yang masuk ke tempat ini dan sontak membuat semua orang dan Penjaga Benteng ini langsung lari porak-poranda. Selain itu masyarakat yang tinggal di sekitar benteng Ini juga sering diganggu oleh hantu noni Belanda yang setengah badannya mirip dengan kuda.*