Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar

4 Rekomendasi Tempat Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar di Jogja, Benarkah Si Kecil Sudah Siap Masuk SD?

By

4 Rekomendasi Tempat Tes Kesiapan Masuk SD dan Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD di Jogja

Halo Ayah Bunda.. sepenting apa sih tes kesiapan masuk SD dan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD itu? Emang penting banget ya? Orang jaman dulu, masuk ya tinggal masuk yang penting mah udah cukup umur. Wait.. wait.. Jaman dulu ama jaman sekarang tuh udah beda banget dari segi apapun. Ayah Bunda dengan mengikutsertakan anak tes persiapan masuk SD itu bukan karena mengikuti zaman yang udah semakin berkembang, tapi karena emang itu tuh perlu. Dengan tes kesiapan masuk SD, bunda bisa tau bakat atau kemampuan dari sang buah hati. Jadi, gak cuma asal masuk SD doang. Pastinya, Ayah dan Bunda akan memberikan yang terbaik dong untuk si kecil.

Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar

Nah, untuk lebih jelasnya lagi.. kita bahas lebih dalam lagi nih tentang tes kesiapan masuk SD untuk anak. Biar Ayah Bunda gak ragu lagi untuk ikut menyiapkan tes masuk SD dan juga tau kalau tes kesiapan masuk SD itu perlu!!

Apa itu Tes Kesiapan Masuk SD?

Kita cari tau dulu yuk Ayah dan Bunda, apa itu tes kesiapan masuk SD? Agak serius nih, Tes Kesiapan Masuk SD adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengenali kemampuan atau keahlian yang dimiliki seorang anak serta kematangan perkembangannya. Gak cuma berguna untuk anak tapi juga bermanfaat bagi orang tuanya. Ayah dan Bunda akan mengenali berbagai macam aspek perkembangan pada diri anak, yang akan mendukung proses belajar di kelas. Aspek yang bisa dikenal ini berupa kemampuan dasar, ketrampilan, dan kematangannya. Karena lingkungan dan proses belajar di SD dan di TK itu sangat berbeda, maka aspek-aspek tersebut wajib dimiliki seorang anak sebelum mereka memasuki jejang sekolah dasar.

Kesiapan seorang anak masuk SD itu berkaitan dengan kemampuan dan kematangan yang dimiliki anak yang akan berguna ketika anak mengerjakan tugas akademiknya di sekolah dasar, seperti kematangan aspek kognitif, kemampuan bahasa, kematangan motorik halus dan motorik kasar, kematangan emosi, kemandirian dan lain-lain.

Kematangan aspek-aspek kognitif ini perlu diketahui agar orang tua mengetahui aspek-aspek kecerdasan anak, misalnya tingkat kapasitas intelektual (IQ) anak, kemampuan anak dalam memahami instruksi dan informasi, daya ingat, serta memperoleh gambaran kemampuan dasar membaca seperti memahami huruf perhuruf, dan lain-lain. Kematangan motorik halus diperlukan anak dalam kaitannya dengan keahlian menulis serta melaksanakan kegiatan kesehariannya. Sedangkan kematangan motorik kasar berkaitan dengan keaktifan anak, dan kemampuan anak untuk duduk tenang di kelas, dan lain-lain.

Anak bisa trauma terhadap belajar dan sekolah, tingkat kepercayaan dan harga diri yang rendah karena dicap anak bodoh, jika Ayah dan Bunda tidak tepat waktunya untuk memasukkan anak ke Sekolah Dasar

Kapan Sebaiknya Dilakukan Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar?

Ayah, Bunda, masuk SD merupakan dasar dari pendidikan bagi anak, dimana ini menjadi salah satu pijakan dari tugas pertumbuhan dan perkembangan yang akan dilalui anak setelah usia kanak-kanak. Di masa ini, anak akan menghadapi berbagai tantangan karena terjadi peralihan serta pergantian berbagai situasi dari jenjang pendidikan anak TK ke jenjang SD. Baik gurunya, fisik sekolahnya, kegiatan belajar di kelasnya, tuntutan tugasnya, modul atau materi pelajaran yang diberikan pas di TK akan berbeda ketika sudah masuk SD. Situasi dan model pembelajaran TK yang santai penuh permainan akan berganti saat masuk ke SD, yang dalam tanda kutip anak dituntut untuk lebih tertib, duduk tenang di kursi untuk mengikuti pembelajaran dalam kelas dengan rentang waktu yang cukup lama. Ini berarti diperlukan sebuah kesiapan khusus disini.

Ayah, Bunda, mengingat pentingnya masa SD yang merupakan pondasi dasar bagi anak untuk melanjutkan pendidikan di jenjang sekolah berikutnya, maka Tes Kesiapan Masuk SD menjadi sangat penting dilakukan. Agar kita sebagai orang tua tau dan paham potensi belajar yang dimiliki anak, aspek-aspek psikologis apa saja yang telah matang pada diri anak dan aspek-apsek psikologis apa yang belum matang, yang bisa menghambatnya saat mengikuti kegiatan belajar di SD. hal ini menjadi penting, agar kita sebagai orang tua bisa meminimalisir terjadinya kesulitan belajar yang bisa dialami anak saat bersekolah di SD.

Menarik Untuk Dibaca :  8 Rekomendasi Jasa Buat Taman di Jogja, untuk Rumah yang Lebih Hidup dan Indah

Jadi kapan waktu yang tepat untuk dilakukannya tes kesiapan masuk SD ini? Disarankan dilakukan sedini mungkin, yakni pada rentang umur 5- 7 tahun, minimal 6 bulan sebelum masuk SD. Kenapa minimal 6 bulan dari pendaftaran SD? Supaya kalau hasil Tes Kesiapan Masuk SD anak kita ternyata ada aspek perkembangan yang belum matang, dalam rentang waktu 6 bulan tersebut aspek psikologis yang belum matang ini bisa dikejar (diperbaiki) dengan “mentreatment” anak melalui stimulasi-stimulasi yang akan disarankan oleh psikolog yang mengetes dan membuat laporan Tes Kesiapa Masuk SD ini.

Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD

Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD di Jogja

Nah ada fenomena sudah menjadi hal yang cukup umum terjadi, yaitu anak belum berusia 7 tahun udah didaftarkan ke SD.. Padahal syarat masuk SD Negeri minimal 7 tahun atau mungkin 6,5 tahun dengan persyaratan tertentu. Mungkin bagi orang tua yang mau daftarkan anaknya ke SD swasta bisa sedikit santai ya dengan peraturan tersebut. Tapi kalau kita sebagai orang yang pengen masukin anak ke SDN favorit jadi bimbang kan ya..

Udah bisa belum ya anakku masuk SD? Bener ngga nih anakku siap masuk sekolah dasar? Kalau memang anak ini punya kematangan dan memiliki potensi belajar akademik yang mendukung, sebenarnya bisa saja loh Ayah, Bunda. Caranya saat mendaftarkan anak ke SD, orangtua membawa bukti anak sudah siap masuk SD dengan menyertakan surat rekomendasi dari seorang psikolog. Dengan surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD, orangtua serta pihak sekolah akan tahu bahwa anak tersebut telah siap untuk menjajaki pembelajaran di jenjang SD.

Bagaimana kalau anak kita tidak dites kematangannya atau kesiapan sekolah dasar, dengan alasan karena sudah cukup umur (umur sudah 7tahun) atau karena memilih akan mendaftarkan anak ke SD swasta? sebenarnya ini menjadi hak Ayah, Bunda. Namun, anak yang belum matang atau belum siap masuk SD dikhawatirkan akan mengalami banyak kesulitan dalam mengikut kegiatan belajar di SD.  Misalnya, susah mempelajari modul/materi pembelajaran, susah mengikuti pembelajaran dan peraturan kelas, terjadi konflik dengan teman. Hal ini bisa membuat anak males atau tidak termotivasi untuk pergi ke sekolah.

Nah efek jangka panjangnya bisa trauma terhadap belajar dan sekolah, tingkat kepercayaan dan harga diri yang rendah karena dicap anak bodoh, dan lain sebaginya. Permasalahan dan kesulitan belajar yang anak alami saat SD ini kan terbawa anak saat memasuki ke jenjang pendidikan setelahnya, bahkan saat mereka memasuki bangku perkuliahan dan dunia kerja.. Duuh jangan sampai terjadi pada anak kita ya Ayah, Bunda… Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, maka Tes Kesiapan Masuk SD sangat diperlukan.

Apa itu Tes Kesiapan Masuk SD

Kenapa Harus Tes Kesiapan Masuk SD?

Kalau para Ayah dan Bunda sudah tau gambaran tentang kemampuan, kematangan atau potensi dan juga kekurangan anak, maka Ayah dan Bunda bisa merancang strategi dan memberikan stimulasi / kegiatan yang diperlukan anak untuk meningkatkan kemampuan serta kematangan aspek psikologis anak yang masih belum berkembang dengan optimal. Untuk gambarannya, orang tua dapat mempersiapkan putra-putrinya untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar yaitu :

  • Selalu melatih kemandirian anak. Bisa dimulai tugas yang simpel di rumah, misalnya merapikan mainan sendiri, menyimpan barang-barangnya sendiri ke tempatnya.
  • Memberikan peraturan yang jelas tentang aturan yang dirumah. Misalnya, main gadget hanya di waktu tertentu.
  • Ayah dan Bunda memberikan kesempatan pada anak untuk membangun sosialisasi dengan teman sebayanya, biar keterampilan sosialnya bisa lebih bertambah dan bisa jadi dia menemukan “dunia baru” dari teman sebanyanya yang gak dia temukan di rumah.
  • Ayah dan Bunda selalu mengajak dan mendampingi anak dalam setiap permainan untuk menunjang perkembangannya. Misalnya, saat bermain sepeda, bermain puzzle, melipat origami, dan masih banyak lagi.
  • Melaksanakan kegiatan calistung (baca- tulis- hitung) di rumah, misalnya memahami huruf serta angka melalui kartu bergambar, meniru wujud, menghubungkan titik- titik yang membentuk foto, dan masih banyak lagi.

Nah, tugas kegiatan stimulasi anak seperti yang disebutkan diatas ini yang nantinya akan direkomendasikan Psikolog Pendidikan atau Psikolog Anak berdasarkan hasil Tes Kesiapan Masuk SD yang telah dilakukan. Karena setiap anak adalah unik, yang tidak akan pernah ada yang sama persis hasil tesnya, maka rekomendasi dan stimulasi-stimulasi yang akan disarankan oleh psikolog juga tidak akan sama untuk anak yang 1 dengan anak lainnya, karena ini dirancang khusus berdasarkan keunikan atau kekhasan setiap anak.

Menarik Untuk Dibaca :  Distributor Hepa Filter di Jogja, New Normal Bantu Cegah COVID 19 Dalam Ruangan

Dimana Melakukan Tes Kesiapan Masuk SD?

Idealnya pihak sekolah melakukan kerjasama dengan biro atau lembaga psikologi terapan yang sudah kompeten dibidangnya dalam hal Tes Kesiapan Masuk SD ini. Nanti biro atau lembaga tersebut akan menentukan jenis alat tes apa yang bisa untuk mengukur kesiapan anak untuk belajar di sekolah.

Tapi, kenyatannya masih banyak pihak sekolah yang belum bekerja sama dengan lembaga psikologi dalam pengadaan Tes Kesiapan Masuk SD ini. Biar lebih efisien, para Ayah dan Bunda dianjurkan untuk mendafatarkan ananda secara mandiri atau individual ke Biro Psikologi yang terdapat Psikolog pendidikan yang berpraktek di sana. Ayah Bunda juga bisa loh mendaftarkan ananda untuk mengikuti Tes Kesiapan Masuk SD melalui rekomendasi Jogjaasik.com. Berikut ini rekomendasi dari kami :

  1. Arkandina
  2. LPT Delta Jogja
  3. Laksita Educare
  4. Unit Konsultasi Psikologi UGM

Untuk uraiannya bisa lihat secara rinci di bawah ini ya, Ayah Bunda!!

1. Arkandina

Biro Psikologi Terapan Arkandina memang udah cukup berpengalaman untuk mengetahui apakah seorang anak itu sudah cukup siap masuk ke SD. Dengan Psikolog yang ahli dibidangnya dan  pelayanannya yang ramah, Ayah Bunda dan anak akan merasa lebih nyaman.

Selain itu untuk sesi konsultasi bisa sangat fleksibel baik dari tempat maupun waktunya. Mau tatap muka langsung atau bahkan melalui online juga bisa. Setelah dilakukan tes dan keluar hasilnya maka akan dilakukan sesi konsultasi, disana Ayah Bunda akan diarahkan treatment apa yang perlu dilakukan supaya anak bisa lebih siap masuk sekolah SD.

Biro Psikologi Arkandina berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa (klien) serta memegang teguh etika profesi psikologi, sehingga setiap klien akan dijaga penuh kerahasiaannya.

Yuuk daripada anak kita salah dalam mengambil keputusan, yang tentunya akan berefek di masa depan anak, segera ikut tes kesiapan masuk sekolah SD dengan klik tombol whatsapp dibawah ini

Alamat Arkandina :

Jl. Pandawa 203, Singosaren, Yogyakarta 55291

Jam Buka :

Senin – Sabtu : 10.00 – 15.00 WIB

Konsultasi Online Biro Psikologi Arkandina :

0812-2033-6682

2. LPT Delta Jogja

LPT DELTA PSIKOLOGI adalah lembaga, biro psikologi terapan yang melayani jasa tes psikologi, konsultasi psikologi, hipnoterapi maupun rekruitment di jogja. Melayani tes kepribadian, tes intelegensi, uji kompetensi, rekruitmen karyawan, pembicara seminar, workshop alat tes psikologi.

Alamat LPT Delta Jogja :

Jl. Semeru No.C146, Nusupan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

Jam Buka :

Setiap Hari 10.00 – 16.00 WIB

Telepon :

0896-6552-9596

3. Laksita Educare

Biro Psikologi Jogja Laksita Educare ini merupakan Biro layanan Konselor dan Psikolog Jogja untuk individu, pendidikan hingga perusahaan industri organisasi berupa psikotes, konsultasi dan terapi psikologi di Yogyakarta. Biro Psikologi Jogja Laksita Educare dibentuk dengan tujuan untuk membantu setiap individu dalam menemukan potensi dirinya dan membantu menguraikan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat menemukan solusinya.

Alamat Laksita Educare :

Sedayu, Argosari, Kec. Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

Jam Buka :

Senin – Sabtu : 08.30 – 16.00 WIB

Telepon :

0817-0434-500

4. Unit Konsultasi Psikologi UGM

Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Fakultas Psikologi UGM adalah unit pelayanan jasa psikologi di bawah naungan Fakultas Psikologi UGM yang telah melayani sejak tahun 1970 sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat dan kepada pembelajaran ilmu bagi mahasiswa Psikologi UGM. Unit ini mengemban misi untuk memberikan pelayanan psikologi yang paripurna, handal, dan memenuhi kaidah-kaidah pelayanan psikologi.

Pelayanan psikologi diberikan oleh para psikolog yang berpengalaman di bidangnya, dibantu oleh asisten mahasiswa yang terlatih dan terampil. UKP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa (klien). UKP memegang teguh etika profesi psikologi, sehingga setiap klien akan dijaga penuh kerahasiaannya.

Alamat Unit Konsultasi Psikologi UGM :

Bulaksumur, Yogyakarta, Jl. Sosio Humaniora, Karang Malang, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281

Jam Buka :

Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB

Telepon :

0857-5916-1581

Itulah Ayah Bunda tempat untuk tes kesiapan masuk SD dan mendapatkan Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD di Jogja. Jadi, sekarang gak perlu bimbang lagi nih, apakah sang buah hati sudah siap untuk masuk ke jenjang SD atau belum? Ikutin tesnya yuk, demi masa depan anak kita yang lebih baik.

You may also like

Hot News