Home » Wisata Jogja » Berani Datang ? Ini Dia 5 Tempat Wisata di Jogja yang Punya Cerita Mistis

Berani Datang ? Ini Dia 5 Tempat Wisata di Jogja yang Punya Cerita Mistis

by 

Ilustrasi wisata di Jogja yang punya cerita mistis. Foto: pixabay

JOGJAASIK-Jogja telah dikenal luas dengan berbagai tempat wisata mulai wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner. Jogja menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi untuk liburan.

 Dari sekian banyaknya tempat wisata yang menyenangkan, ada juga salah satu wisata yang tak kalah menantang di Jogja yakni wisata mistisnya.  Berikut 5 tempat wisata di Jogja yang dikenal angker seperti dikutip dari Youtube Jurnal si Gage, Selasa (9/7).

1. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Lokasi tempat wisata satu ini cukup berada di tengah kota. Namun ternyata ada kisah misteri yang membuat benteng Ini menyeramkan. Mesti di tengah kota, lokasi tepatnya berada di Jalan Margomulyo nomor 6 Kecamatan gondomanan Kota Yogyakarta, benteng ini merupakan bekas benteng pertahanan milik Belanda. Warga setempat mengungkapkan bahwa sering terjadi penampakan yang membuat museum ini semakin menyeramkan. Ada sebuah cerita yang terkenal di museum ini. Ketika itu pada siang hari Sedang ada acara pameran lukisan Festival Kesenian Jogja. Namun tiba-tiba ada banyak pasukan tentara Belanda yang masuk ke tempat tersebut. Hal ini membuat para pengunjung dan penjaga acara tersebut langsung keluar museum. Selain penampakan tentara Belanda, masyarakat dan pengunjung juga menceritakan jika sering terlihat penampakan noni Belanda dengan setengah badan bagian bawahnya berbentuk kuda.

2. Kandang Menjangan

Tempat wisata Kandang Menjangan terletak di lokasi yang ramai. Tepatnya di Jalan KH Ali Maksum nomor 83 kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini yakni kandang Menjangan atau biasa juga dikenal dengan nama panggung Krapyak. Berusia lebih dari dua abad dan dulunya dibangun untuk dijadikan tempat berlindung kerabat Kraton saat berburu. Sangking angkernya pengunjung tidak boleh sembarangan masuk ke bangunan ini sebelum diizinkan oleh juru kunci Kandang Menjangan. Ada sebuah cerita menyeramkan yang pernah dialami oleh seorang mahasiswa yang melintas di dekat tempat tersebut. Dia melihat penampakan sesosok wanita dalam posisi tergantung yang membelakangi pintu masuk bangunan.

Menarik Untuk Dibaca :  6 Rekomendasi Vendor Paket Wisata Goa Pindul di Jogja, Uji Adrenalin Sekalian Traveling

3. Rumah Kentang Kota Baru

Rumah Kentang Kota Baru berlokasi tepat di seberang SMA Sella 21 Kota Baru Yogyakarta. Rumah ini memiliki arsitektur zaman dulu dan rumah tersebut saat ini kosong tanpa dihuni. Alasan rumah ini disebut sebagai rumah kentang adalah karena banyak orang yang melintas rumah tersebut mencium aroma kentang. Aroma kentang ini selalu diidentikkan dengan kemunculan genderuwo. Selain itu di rumah tersebut juga terdapat lonceng kecil yang seringkali berbunyi sendiri padahal rumah tersebut kosong dan tidak ada seorangpun yang berada di depan lonceng rumah tersebut.

4. Bundaran Teknik UGM

Tempat wisata selanjutnya berada di dalam area Universitas Gadjah Mada ternyata ada salah satu di kawasan di Universitas terkenal tersebut yang cukup menyeramkan dan telah diketahui banyak orang mengenai mistisnya yakni di fakultas teknik. Di bundaran teknik dianggap memiliki kisah menyeramkan diyakini bahwa tidak boleh menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran tersebut. Hal ini karena ada arwah pejuang yang dapat ikut bernyanyi lagu Gugur Bunga tersebut. Selain itu, ada juga aroma kemenyan dan kembang yang cukup menyengat.

5. Ambarrukmo Plaza

Ambarrukmo Plaza merupakan salah satu Mall megah yang ada di Yogyakarta lokasi tepatnya berada di Jalan Laksda Adisucipto nomor 80 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Tempat satu ini menyimpan berbagai cerita mistis yang pernah dialami oleh karyawan yang bekerja di tempat tersebut. Terdapat salah satu karyawan yang menceritakan jika seringkali ada penunggu dari Plaza Ambarrukmo yang menjelma menjadi seorang manusia yang kemudian masuk ke dalam toilet di lantai 1.