Menu Gudeg Mercon Bu Tinah

8 Tempat Rekomendasi Makanan Khas Jogja, Belum Lengkap ke Jogja Kalo Belum Makan Ini

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

8 Rekomendasi Makanan Jogja, Belum Lengkap ke Jogja Kalo Belum Makan Ini

Kali ini mindut mau kasih rekomendasi 8 makanan yang akan memberikan sobat jalan-jalan Jogja semua ijazah kelulusan telah menjelajahi Jogja. Mungkin tidak semua jadi favorit sobat jalan-jalan Jogja. Tapi harus banget paling engga 1 kali seumur hidup buat nyicipin makanan ini ya? Karena selain sudah mulai langka, beberapa juga baik untuk kesehatan loh… Nah yuk mari kita simak bareng aja,

8 Rekomendasi Makanan Jogja, Belum Lengkap ke Jogja Kalo Belum Makan Ini

  1. Gudeg
  2. Oseng Mercon
  3. Angkringan
  4. Salak Pondoh
  5. Sego Tiwul
  6. Geplak
  7. Growol
  8. Bakpia

1. Gudeg

Menu Gudeg Yu Djum Wijilan
Menu Gudeg Yu Djum Wijilan

Pada rekomendasi sebelumnya mindut udah pernah nih, bahas rekomendasi gudeg enak di Jogja. Yang jelas, gudeg ini udah kondang sebagai makanan khas Jogja bukan? Pokoknya, mau gudeg basah atau gudeg kering, suka atau ga suka, sobat jalan-jalan kudu wajib hukumnya kalao ke Jogja makan gudeg yah? Kalo sobat jalan-jalan Jogja penasaran rekomendasi gudeg enak di mana, bisa banget nih klik di sini.

2. Oseng Mercon

oseng mercon Bu Narti
oseng mercon Bu Narti

Oseng Mercon ini yang sebener-benernya adalah makanan super pedas yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu resep turun temurun pemiliknya, yang nagih banget. Pada dasarnya, oseng mercon sendiri bukanlah makanan khas Jogja. Tapi kalo sobat jalan-jalan Jogja kebetulan lagi plesir di Jogja, wajib banget buat makan oseng mercon yang nagih banget ini. Jangan khawatir buat yang ga kuat pedas, di Oseng mercon Bu Narti rekomendasi mindut, sobat jalan-jalan Jogja bisa juga pesan lauk-pauk yang dibacem, lalu nanti lauknya di tutulkan di oseng merconnya. Nah, bisa jadi alternatif kan? Mau cek postingan mindut sebelumnya? Cek aja di sini.

3. Angkringan

ANGKRINGAN LEK MAN DAN KOPI JOS
ANGKRINGAN LEK MAN DAN KOPI JOS

Angkringan ini kayanya kalo di Jakarta namanya warung koboi deh. Tapi kan sobat jalan-jalan Jogja kan engga semua asalnya dari Jakarta, ya khaaaan? Yang jelas angkringan ini adalah metode penjualan panganan pengganjal perut, yang di jual dengan gerobak dan kursi panjang, biasanya menjual nasi kucing, sate-satean yang di bacem, gorengan, jajanan kriuk-kriuk, minuman mulai dari teh, jeruk, hingga segala jenis minuman instant, dan biasanya juga jualan minuman jahe. Biasanya angkringan bukanya malam, nah makanya tersedia minuman jahe… Oya yang khas dari angkringan jelaaaas, nasi kucing alias sego kucing. Mungkin karena porsinya yang sedikit ya kaya buat kucing hehehe…tapi walau porsinya kecil, mengenyangkan loh, kalo makannya 3 bungkus haha… Di angkringan ini juga biasanya cowok-cowok dari segala macam kalangan pada brainstorming tentang aaapa aja. Ya beda tipis sama anak milenial gaul kalo pada nongkrong di cafe xixixi. Nah rekan mindut juga pernah nih, bikin postingan rekomendasi angkringan yahud di jogja, bisa sobat jalan-jalan baca di sini. Cekidoooot!!

4. Salak Pondoh

salak pondoh
salak pondoh

Salak pondoh juga wajib di cicipi nih sama sobat jalan-jalan Jogja. Soalnya salak pondoh ini manis loh, beda sama salak lain yang dominan rasa sepetnya. Nah salak pondoh ini biasanya dibudidayakan di daerah Sleman. Tepatnya di kawasan lereng Merapi, yang tempatnya radak adem gitu… Nah, karena varietasnya banyak di daerah Sleman inilah, makanya sobat jalan-jalan Jogja harus mencoba kemanisan buah tropis satu ini. Manisnya segar juga loh sobat jalan-jalan Jogja.

5. Sego Tiwul

sego thiwul
sego thiwul

Bicara Thiwul ya udah pasti asalnya ya dari Gunung Kidul sobat jalan-jalan Jogja. Sego Thiwul ini kalo dalam bahasa Indonesianya artinya nasi Thiwul. Gak lain karena, sego thiwul ini, fungsinya menggantikan nasi. Ya memang sih, masak sego Thiwul itu ga semudah nancepin kabel magic com gitu aja, ada prosesnya yang cukup panjang. Tapi mindut sendiri ga gitu paham cara membuatnya, dan sego thiwul ini juga adalah panganan tradisional, tapi kalo soal rasaaaa… siap di adu deh!! Apalagi, sego thiwul, di era modern seperti sekarang ini, sudah diteliti mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, apalagi buat dietnya orang diabetes, mencegah sel kanker, dan menjaga kesehatan lambung. Jadi sobat jalan-jalan Jogja harus cobain ya. Jangan lupa sandingkan dengan “jangan lombok” alias sayur lombok yang juga khas dari Gunung Kidul.

Alamat Sego Thiwul Rekomended

Tiwul Yu Tum

Jl. Pramuka, No. 36, Wonosari, Gunungkidul, Jogja

Jam Buka Sego Thiwul Rekomended

09.00 – 21.00 WIB

6. Geplak

geplak
geplak

Naaaah, kalau yang ini panganan asli dari Kabupaten Bantul, sobat jalan-jalan Jogja. Buat pecinta manis dan kelapa, udah pasti seneng nih sama makanan ini. Jadi, geplak itu terbuat dari parutan kelapa dengan gula yang diberi pewarna makanan, sehingga makanan ini mencolok banget di toko oleh-oleh. Jadi ga perlu bingung ya sobat jalan-jalan Jogja, kalo mau cari geplak tinggal ke toko oleh-oleh aja.

7. Growol

growol
growol

Nah, kalo makanan yang satu ini asalnya dari kabupaten Kulon Progo. Sebenarnya fungsi makanan ini dahulu kala, hampir mirip dengan sego thiwul, yaitu sebagai pengganti nasi. Namun pada resep terdahulu, growol ini tidak memiliki rasa alias hambar. Beda dengan sego thiwul yang rasanya manis. Namun seiring perkembangan jaman, growol sekarang dibuat dengan rasa yang manis. Biasanya growol bisa ditemui di pasar tradisional di daerah Kulon Progo dengan harga tidak sampai Rp 50.000 untuk ukuran utuhnya.

8. Bakpia

Bakpia Djava

Kalau makanan ini udah pasti khasnya Kota Jogja. Mindut juga pernah loh, bikin rekomendasi bakpia enak di Jogja. Bakpia juga sekarang rasanya bermacam-macam loh… Kalo sobat jalan-jalan Jogja belum baca, simak yuk di sini.

Nah itu tadi sobat jalan-jalan Jogja, 8 makanan yang wajib paling enggak 1 kali lah di coba kalau sobat jalan-jalan Jogja kebetulan lagi ada di Jogja. Mindut yakin, akan ada cerita dari sobat jalan-jalan Jogja untuk orang terkasih, tentang perjagadan Jogja, dimana seribu kenangan pasti akan memanggil sobat jalan-jalan Jogja semua buat kembali lagi ke sini dengan orang terkasih kelak. Hehehe asik kan? Pokoknya sobat Jalan-jalan Jogja jangan khawatir nyasar ya. Karena mindut dan jogjaasik.com akan selalu memberikan baaaanyak rekomendasi tempat-tempat yang patennya ga kaleng-kaleng di Jogja ini. Sampai jumpa di rekomendasi selanjutnya ya..

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News