Bakpia

6 Rekomendasi Bakpia Jogja, Ga Boleh Sampe Kelewat

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

6 Rekomendasi Bakpia Jogja, Ga Boleh Sampe Kelewat

Bakpia
Bakpia di Jogja

Jadi inget lagu Project Pop dulu ya, sobat jalan-jalan angkatan 90an pasti ga asing deh..

bakpia, bakpia, bakpia patok
kue jogja kecil dan mencolok
sakit encok, sakit gondok, atau gigi bengkok
dijamin sembuh besok (but not promise loh ya!!)

muehehe, yang udah pasti fakta pasti Bakpia ini memang kue khas Jogja, kecil dan mencolok. Sebagai salah satu kudapan khas dari Jogja, maka ga salah lagi, kalau kita berkunjung ke kota sejuta kenangan ini, ga boleh sampai kelewat ya acara beli bakpia ini. Bahkan ada yang cara belinya unik dan asik lho!

Asal Muasal Bakpia Jogja

Ceritanya Bakpia ini dulu asalnya dari negeri Tiongkok sana lho sobat jalan-jalan. Nama Tiongkoknya sendiri adalah Tou Luk Pia, yang artinya sendiri adalah kue pia kacang hijau. Kudapan ini akhirnya dibawa ke Jogja dan diperkenalkan kepada kalangan terbatas sjak tahum 1940an. Nah, kenapa namanya kondang dengan sebutan Bakpia Pathuk, karena kudapan ini dulu awal mulanya di buat di kampung Pathuk.

Awal ceritanya, kudapan Bakpia Jogja ini diperkenalkan hanya kepada kalangan terbatas, dengan jumlah yang terbatas juga. Tapi unik lho sobat jalan-jalan Jogja, dulu dijualnya pakai besek. Kenapa sekarang ga dikemas seperti itu juga ya? hehe..

Seiring dengan berjalannya waktu, berubah deh dari besek menjadi kemasan karton, buat mengemas kudapan kecil nan mencolok ini. Dan pada akhirnya, sekitar tahun 90an, akhirnya Bakpia menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja, sobat jalan-jalan. Sampai sekarang, Bakpia masih tetap menjadi kudapan mantul khas Jogja, bahkan kondang juga kan di antara generasi milenial kaya Mindut gini.

Ohya, duluuuu sekali, Bakpia Jogja sendiri hanya punya 1 varian rasa, yaitu kacang hijau saja. Seiring perkembangan jaman, para pengusaha Bakpia juga ikut berinovasi dong, supaya Bakpia engga kalah dari kudapan modern lainnya. Sekarang ada yang varian rasa coklat, keju, dll lho, sobat jalan-jalan Jogja.

Nah, Sobat jalan-jalan Jogja pasti mau tau dong rekomendasi Mindut, dimana sih tempat membeli kudapan Bakpia Jogja yang yahud? Yuk kita simak sama-sama, 6 Rekomendasi Bakpia Jogja, Ga Boleh Sampe Kelewat…

6 Rekomendasi Bakpia Jogja, Ga Boleh Sampe Kelewat

1. Bakpia Kurnia Sari
2. Bakpia 25
3. Bakpia 75
4. Bakpia Merlino
5. Bakpia Citra Premium
6. Bakpia Djava

1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari
Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari bukanlah Bakpia pertama yang hadir di Jogja lho Sobat jalan-jalan Jogja. Akan tetapi nama Bakpia Kurnia Sari ini tidak bisa disepelekan lho. Kenapa? Karena selain kulitnya yang bertekstur halus dan tidak terlalu tebal, Bakpia ini juga memiliki isian yang padat, dah gitu varian rasanya bukan main lho sobat jalan-jalan, banyak! Mulai dari yang original kacang hijau, keju, coklat, kopi, green tea, kumbu hitam, susu, durian, tiramisu, dan ubi ungu. Banyak dan kekinian kan. Range harganya sendiri berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 54.000 tergantung dari rasa dan kuantitas per kardusnya.

Pokoknya mantul banget nih, bawa oleh-oleh Bakpia Jogja Kurnia Sari. Bakpia Kurnia Sari bisa sobat jalan-jalan beli di beberapa outletnya.

  •  Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Pusat

    JL.Gelagah Sari NO 91C Yogyakarta
    (0274)380502
    Sunday – Monday: 8 Pagi – 17.30

  • Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Gelagahsari 2

    JL Gelagahsari 112 Yogyakarta
    (0274) 375030
    Sunday – Monday: 8 Pagi – 8.30 Malam

  • Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Godean

    JL. Godean KM 5 Modinan (samping BNI)
    0274- 5014 587
    Sunday – Monday: 8 Pagi – 8.30 Malam

  • Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Kusumanegara

    JL.Kusumanegara No 5 Yogyakarta
    (0274) 2924224
    Sunday – Monday: 8 Pagi – 8.30 Malam

  • Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Pogung

    Ruko Permai, Pogung Lor No 6-7 JL. Ring Road Utara Jogjakarta
    (0274) 625279
    Sunday – Monday: 8 Pagi – 8.30 Malam

  • Alamat Bakpia Kurnia Sari Outlet Kaliurang

    JL.Kaliurang KM 14,5 (depan Kampus UII)
    (0274)2861433

2. Bakpia 25

Bakpia 25
Bakpia 25

Bakpia 25 adalah legend-nya Bakpia Jogja lho Sobat jalan-jalan Jogja. Sebagai produsen Bakpia Jogja yang sudah lama berproduksi, tentunya rasa dan kehebatannya tidak perlu diragukan lagi kan?

Bakpia Pathok 25 sendiri merupakan usaha turun temurun yang sudah di wariskan selama beberapa generasi. Nah, uniknya, metode penjualannya terlihat sangat humble lho, sobat jalan-jalan Jogja. Karena mereka tetap menjalankan usahanya langsung dari pabriknya yang sederhana, dimana kita bisa lihat sendiri bagaimana proses pembuatan si Bakpia Pathok 25 ini. Nah yang ga kalah asik lagi, Bakpia Pathok 25 yang kita beli bener-bener fresh keluar dari panggangan lho. Mindut pernah megang sendiri kardusnya, masih angeeeet hehehe… Varian rasanya juga ga mau kalah dong..tetap banyak varian dan juga kekinian. Ada Kacang hijau, Nanas, Cokelat, Keju, Durian, Kumbu, dan buat yang suka galau ada juga varian Aneka rasa. yahud kan?

Oya sobat jalan-jalan Jogja yang sedang ngukur jalan di Malioboro, bisa banget lho, ke toko Bakpia 25 ini naik becak atau Andong. Biasanya Bapak penarik becak/Andong sudah memberikan tarif tertentu untuk rute ke Bakpia Pathuk 25 ini.

Masalah harga, untuk sekotak bakpia harganya berkisar dari Rp 70.000 – Rp.80.000 tergantung rasa dan kuantitas per kardusnya.

Gimanaaaa…tertarik buat ngerasain Bakpia legend ini? Sobat Jalan-Jalan Jogja bisa langsung cuss aja ke pabrik dan toko Bakpia Pathuk 25 pusat atau outlet Bakpia Pathuk lainnya.

  • Alamat Bakpia 25 Toko Pusat

    Jl. AIP II KS Tubun NG I/504 Yogyakarta
    Telp. (0274) 513904, 566122

  • Alamat Bakpia 25 Outlet Kembang Jaya

    Jl. Laksda Adisucipto KM.9
    Telp. (0274) 484458

  • Alamat Bakpia 25 Outlet Ongko Joyo

    Jl.AIP II KS Tubun 65
    Telp. (0274) 512219, 583237

  • Alamat Bakpia 25 Outlet Pasar Pathuk

    Kios Pasar Pathok 14-18
    Telp.(0274) 561551

  • Alamat Bakpia 25 Outlet Bandara Jaya

    Jn.Laksda Adisucipto
    Telp (0274) 489059

3. Bakpia 75

bakpia 75
bakpia 75

Selain Bakpia Pathuk 25, ada lagi nih Bakpia yang legend abis di Jogja. Namanya Bakpia Patuk 75. Kalau yang satu ini, udah hadir sejak 1948 lho di Jogja, dan merupakan cikal bakal perdagangan Bakpia di Jogja.

Hampir sama dengan Bakpia sebelumnya, Bakpia Patuk 75 masih mempertahankan cita rasa dan pembuatannya yang sederhana, sekalipun berinovasi menciptakan varian rasa yang baru dan kekinian.

Keistimewaan Bakpia Patuk 75 ini terletak dari kulitanya. Kulitnya tetap lembut, dan teksturnya tidak pecah-pecah saat dipanggang. Dan tak kalah menariknya, cita rasa isiannya yang legitttt!

Mau cuss beli? Bisa bangeeeet, ini mindut kasih tau alamatnya :

  • Alamat Bakpia Patuk 75

    Jalan AIP Jl. Karel Sasuit Tubun No.75, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261
    0811-2644-875
    buka Senin – Minggu 08.00 – 22.00

  • Alamat Bakpia Patuk 75 Outlet Lainnya

    Alamat 1 : Jl. HOS Cokroaminoto, No. 119
    Alamat 2 : Jl. Magelang Km 4,5
    Telepon : 0274-588 036
    Jam buka : 08.00-22.00 WIB
    Harga : Rp 30.000-Rp 35.000

4. Bakpia Merlino

Bakpia Merlino
Bakpia Merlino

Bakpia Jogja biasanya tersaji dalam ukuran yang hampir standar. Tapi lain halnya dengan Bakpia Merlino. Bakpia Merlino hadir di dunia perbakpiaan Jogja sekitar tahun 2000an, jadi Bakpia ini adalah Bakpia milenialnya Jogja dong yah? hehe…

Lantas, apa sih istimewanya Bakpia Merlino ini?
Bakpia Merlino ini rasanya dong..boleh banget di adu ama Bakpia seniornya. Udah gitu kulitannya juga tipis lho..Yang favorit di Bakpia Merlino ini ada rasa cappuccino dan rasa green tea, yang dibandrol Rp 35.000/kotaknya.

Selain Cappuccino dan greentea, di Bakpia Merlino ada juga rasa ubi ungu, kacang hijau, coklat,susu, keju, kumbu hitam, dan durian. Asik banget yah?

Bakpia milenial ini bisa sobat jalan-jalan dapetin di sekitar jalan Malioboro. Nah asik kan? Jalan-jalan di Malioboro trus naik becak deh ke Bakpia Merlino. Pokonya jangan mpe kelewat deh…

  • Alamat Bakpia Merlino Outlet Pusat

    Jl. R. E. Martadinata Blok B No.24, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta
    (0274) 588036
    Senin – Sabtu 07.00 – 22.00
    Minggu 07.00 – 14.00

5. Bakpia Citra Premium

Bakpia Citra Premium
Bakpia Citra Premium

Nah ini juga Bakpia Milenialnya Jogja nih. Jadi kalau Sobat Jalan-Jalan Jogja suka galau pingin beli Bakpia yang rasanya mantap, premium, kemasan keren, tapi supaya lebih praktis pingin 1 kotak ada beberapa rasa, berarti Bakpia Citra Premium ini pantas jadi pilihan sobat Jalan-jalan Jogja.

Bakpia Citra Premium ini dikemas dalam wadah packaging yang terlihat lebih eksklusif ketimbang bakpia pesaingnya. Nah yang lebih istimewa lagi, Bakpia Citra ini ukurannya lebih besar lho ketimbang bakpia lainnya. Rasa Bakpia Citra Premium ini juga manteb abis. Kulitnya gurih dan lembut, juga renyah. Isiannya juga enak loh. Jadi dalam 1 wadah yang cukup eksklusif seharga kurang lebih Rp 45.000, Bakpia citra ini mengemas 4 Bakpia dengan 4 varian rasa yang legitttt!! Jadi beneran keliatan eksklusif banget ya? Mantep banget buat dijadiin oleh-oleh. Kalau Mindut buat makan sendiri aja deh xixi..

Kalau mau beli Bakpia Citra Premium, harus kemana dong? Dateng aja yuks ke outletnya.

  • Alamat Bakpia Citra Premium

    Jl. Pandean 2 Gg. Legi no. 20, Gejayan, Condongcatur
    0818 026 026 20

6. Bakpia Djava

Bakpia Djava
Bakpia Djava

Sesuai dengan namanya, bakpia Jogja yang satu ini adalah keluaran dari toko oleh-oleh dengan nama yang sama. Nah mirip-mirip dengan konsep yang diusung bakpia 25, Bakpia Djava juga mempersilahkan para pengunjung untuk dapat melihat langsung proses produksinya lho!

Sesuai dengan tagline yang mereka usung, yaitu “resep tradisional tempo doeloe”, Bakpia Djava tetap menjaga resep asli turun temurun tanpa menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan.

Bakpia Djava ini, bisa sobat jalan-jalan temui di :

  • Alamat Bakpia Djava

    Jl. Laksda Adisucipto KM 8,5, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman.
    (0274) 488761

 

Nah, itu tadi deretan nama bakpia yang mindut rekomendasikan buat semua sobat jalan-jalan Jogja. Jangan bingung lagi ya? Jangan bingung di Jogja, karena ada jogjaasik.com dan mindut yang akan kasih sobat jalan-jalan Jogja semua yang rekomended di Jogja.

 

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News