Rekomendasi Kampus Jurusan Matematika Terbaik di Jogja

2 Rekomendasi Kampus Jurusan Matematika Terbaik di Jogja, Harus Jago Ngitung?

By

2 Rekomendasi Kampus Jurusan Matematika Terbaik di Jogja, Harus Jago Ngitung?

Jurusan Matematika?? Banyak rumus dan hitung-menghitung langsung berkeliaran di pikiran kamu. Dan banyak yang bilang kalau matematika itu momok buat para siswa, yang katanya sulit, menyeramkan, dan bikin pusing. Makanya, jarang juga para siswa yang lulus dari kelas 12 memilih jurusan Matematika, padahal bisa jadi itu cuma mitos dan berbeda pada tiap orang.

Yang namanya kuliah apapun pasti butuh usaha dong, susah atau mudah itu hal yang relatif. Kalau kamu adalah seorang yang gemar berhitung, teka-teki, atau problem solving, maka jurusan Matematika cocok buat kamu dan kamu bakalan menikmati kuliah di jurusan ini.

Dan jangan salah, di Jurusan Matematika itu gak cuma ngitung doang. Eh, tapi masih ada yang menganggap kalau matematika itu cuma sebatas berhitung? Hmmm.. kalau ada perlu dilurusin nih, karena di Jurusan Matemtika juga ada mata kuliah yang berhubungan dengan analisis, geometri, dan algoritma pemrograman.

Rekomendasi Kampus Jurusan Matematika Terbaik di Jogja

Pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan Kuliah Jurusan Matematika

Jurusan Matematika Bisa Jadi Apa?

Inilah 8 Peluang Kerja Lulusan Matematika yang Menjanjikan :

- Analis Keuangan
- Aktuaris
- Akuntan
- Manajer Keuangan
- Peneliti Pasar
- Kriptografer
- Analis Investasi
- Peneliti

Menarik Untuk Dibaca :  6 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja dengan Nuansa Ala Korea

Apakah Perbedaan Antara Jurusan Pendidikan Matematika dengan Jurusan Matematika?

Ada perbedaan diantara kedua jurusan tersebut walaupun kedua-duanya mengkaji ilmu yang sama, yaitu ilmu matematika. “Pendidikan Matematika” jelas berfokus kepada ilmu Matematika untuk proses pendidikan, sedangkan “Matematika” mengacu kepada jurusan Matematika “murni”.

Apa itu Jurusan Matematika Murni?

Jurusan Matematika atau matematika murni merupakan jurusan yang mempelajari ilmu matematika, seperti aljabar, kalkulus, statistika, geometri, komputasi, dan analisis matematika. Di jurusan ini kamu akan mengutak-atik dan membuktikan teorema-teorema matematika yang udah kita kenal selama ini.

Kuliah Jurusan Matematika juga ada praktik dengan menggunakan aplikasi komputer, seperti Maple, Matlab, SPSS, Minitab, R, Lingo, dan lain-lain. Mahasiswa di Jurusan Matematika memiliki teman terbaik yaitu kalkulator dan kadangkala juga membutuhkan penggaris agar bisa menggambar imajinasinya.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Matematika?

Jurusan Matematika fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, hingga matematika diskrit.

Kuliah di jurusan Matematika itu bakalan seru kok, apalagi kalau kamu bisa memecahkan suatu soal, itu bisa jadi kebanggaan tersendiri!

Tertarik kuliah Jurusan Matematika? Kali ini Jogjaasik udah ngerangkum nih rekomendasi kampus jurusan Matematika terbaik di Jogja.

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Matematika di Jogja yang Terbaik

Ini dia ilihan kampus dengan Jurusan Matematika di Jogja. Kamu bisa liat daftarnya di bawah ini dan beberapa ulasan dari kampusnya!

1. Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Matematika UAD berkomitmen menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang matematika yang berkualitas dan dipercaya masyarakat dengan didukung oleh fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang kompeten. Mahasiswa tidak hanya belajar keterampilan dasar matematika seperti menghitung dan keterampilan teknis baku lainnya tetapi juga akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang matematika dan terapan matematika pada bidang-bidang lain.

Menarik Untuk Dibaca :  7 Rekomendasi Tempat Sewa Alat Camping di Jogja

Konsentrasi yang ditekankan pada kurikulum Program Studi Matematika adalah matematika dan komputasi saintifik. Komputasi saintifik adalah ilmu yang mengintegrasikan alat, metoda, dan teori yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu model matematika dengan memanfaatkan simulasi komputer. Sains komputasi mencakup pemodelan, simulasi dan analisis dari fenomena-fenomena di bidang sain dan rekayasa melalui komputasi. Lulusan mendapat gelar Sarjana Sains (S.Si.).

Alamat Universitas Ahmad Dahlan :

Kampus 1 (Kantor Pusat)
Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166

Telepon :

(0274) 563515, 511830, 379418, 371120

2. Universitas Sanata Dharma

Kurikulum program studi Matematika USD memuat bidang peminatan (konsentrasi) Matematika Terapan yang tertuang di dalam matakuliah-matakuliah pilihan. Prospek lulusan program studi matematika amat baik mengingat besarnya kebutuhan masyarakat akan ahli-ahli di bidang matematika sebagai salah satu disiplin ilmu yang mendasari ilmu-ilmu sains dan teknologi.

Alamat Universitas Sanata Dharma :

Kampus III Universitas Sanata Dharma Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman D.I.Yogyakarta 55282

Telepon :

(0274) 883037, 883968

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Matematika di Jogja yang Terbaik dan Terlengkap!

  1. Universitas Ahmad Dahlan S1 Matematika
  2. Universitas Sanata Dharma S1 Matematika

Itu dia 2 rekomendasi kampus dengan Jurusan Matematika terbaik di Jogja. Jadi, kamu pilih masuk kampus yang mana? Yang pasti pertimbangkan dengan sebaik-baiknya ya sobat jogjaasik!!

You may also like