Home » Pendidikan » 3 Rekomendasi Kampus Jurusan Biologi Terbaik di Jogja, Siap Memahami Tentang Makhuk Hidup?

3 Rekomendasi Kampus Jurusan Biologi Terbaik di Jogja, Siap Memahami Tentang Makhuk Hidup?

by 

3 Rekomendasi Kampus Jurusan Biologi Terbaik di Jogja, Siap Memahami Tentang Makhuk Hidup?

Ngomongin soal biologi, apa sih yang terlintas di benak kamu? Makhluk hidup? flora dan fauna? Itu bener sih, tapi gak cuma soal itu ajaa.. di jurusan biologi kamu akan belajar semua hal tentang makhluk hidup. Kamu akan memahami tentang mereka? Maksudnya gimana nih? Terus, kalau memahami tentang mereka gimana prospek kerjanya? Terus kampus jurusan biologi terbaik di Jogja terbaik dimana saja? Semua akan kita bahas di bawah ini!

Rekomendasi Kampus Jurusan Biologi di Jogja

Pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan Kuliah Jurusan Biologi

Jurusan Biologi Bisa Jadi Apa?

Peluang karir bagi lulusan biologi dapat menjadi seorang profesional atau ahli sebagai ilmuwan reset(peneliti), farmakolog, Ahli bioteknologi, ahli biologi dan ahli ekologi yang mana kamu dapat bekerja juga di laboratorium jika menjadi seorang peneliti atau di perusahan sebagai konsultan di bagian research, dan masih banyak lagi peluang karier lainnya.

Jurusan Biologi itu Seperti Apa?

Gelar Sarjana Biologi (S.Si.) dari Jurusan Biologi dapat membawamu menjadi seorang biologist atau ahli biologi.

Berapa Gaji Lulusan Biologi?

Mayoritas Ahli Biologi, Botani, Zoologi dan YBDI mendapatkan gaji antara IDR2,133,795 dan IDR8,463,160 per bulan di 2024. Upah bulanan untuk level pemulaAhli Biologi, Botani, Zoologi dan YBDI berkisar antara IDR2,133,795 hingga IDR4,723,850.

Menarik Untuk Dibaca :  12 Rekomendasi Kampus Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Jogja, Jadi Tukang Listrik?

Jurusan Biologi ini cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Di jenjang kuliah, kamuu akan mendalami segala fenomena yang berkaitan sama benda hidup, seperti sel, struktur/ fungsi organ/ fenomena psikologis yang menjangkiti organisme, interaksi biologi dan lingkungan, keragaman spesies dan warisan, perkembangan, dan evolusi. Intinya, jurusan biologi itu merupakan ilmu yang mempelajari proses kehidupan makhluk hidup pada semua tingkatan molekuler, seluler, organisme dan ekologi pada hewan dan tumbuhan. serta perkembangan atau evolusi meliputi perilaku, fisiologi dan genetika.

Pembelajarannya seru banget sih, gak cuma baca buku doang.. tapi kamu juga harus siap membedah lintah atau cacing dalam mata kuliah Zoologi Invertebrata. Dan gak jarang juga para mahasiswa mempelajari tentang ekosistem langsung ke pantai, kebun, sungai, hutan, danau, atau tempat-tempat yang gak kejangkau sama teknologi masa kini.

Makanya, mahasiswa jurusan biologi itu teliti banget, gak manja, gak gampang jijik pastinya, harus pemberani.. Karena ada juga saatnya bakalan ketemu sama buaya, biawak, atau hewan-hewan lain yang kesannya seram. keren deh pokoknya, hehe..

Untuk prospek kerjanya, terjamin.. soalnya lulusan dari prodi ini bisa kerja di instansi pemerintahan, kayak Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Kesehatan, atau Departemen Lingkungan Hidup. Bisa juga di industri yang berkaitan dengan bahan makanan, obat-obatan, serta pertambangan. Atau menjadi wirausahawan yang mendapatkan keuntungan juga menciptakan masyarakat yang lebih sehat.

Menarik banget gak sih? Kalau kamu tertarik untuk masuk jurusan biologi, Jogjaasik udah ngerangkum kampus terbaik di Jogja yang ada jurusan biologinya. Tinggal pilih aja!

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Biologi di Jogja yang Terbaik

Saatnya kita ulas satu per satu kampus yang ada di Jogja dengan jurusan biologi yang terbaik!

Menarik Untuk Dibaca :  15 Rekomendasi Kampus Jurusan Ekonomi Terbaik di Jogja, Bantu Roda Perekonomian Negara

1. Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Biologi berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat dengan didukung oleh fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang berkompeten. Program Studi Biologi merupakan salah satu program studi tertua di UAD yang mencetak praktisi dan peneliti di bidang Biologi Industri dengan berwawasan global dan dilandasi moral serta etika keislaman.

Misi yang diemban adalah menjadi program studi unggul dalam penguasaan terapan biologi yang menjadi basis teknologi untuk menghasilkan sarjana biologi yang mempunyai keahlian akademik, profesional, serta berakhlak Islami. Usaha tersebut ditempuh dengan dukungan fasilitas yang memadai dan staf pengajar yang berkompeten serta kurikulum yang kompatibel dengan era industri 4.0.

Alamat Universitas Ahmad Dahlan Kampus 4 (Kampus Utama) :

Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166

Telepon :

(0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. 4818

2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Visi Program Studi Biologi, Fakultas Teknobiologi adalah Menjadi prodi yang unggul, inklusif, humanis dan berintergritas untuk mendukung pemanfaatan sumberdaya alam hayati yang berkelanjutan. Lulusan Prodi Biologi pada Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta berhak menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si.) yang disamakan dengan gelar kesarjanaan nasional.

Alamat Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta :

Jl. Babarsari No.44, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telepon :

0811-2921-800

3. Universitas Kristen Duta Wacana

Program Studi Biologi Fakultas Bioteknologi merupakan salah satu Program lingkungan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang dibentuk oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana (YPTK Duta Wacana). Didirikan sebagai wujud kepedulian gereja-gereja yang mendukung YPTK Duta Wacana untuk menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam hayati dan menanggulangi masalah-masalah lingkungan di Indonesia demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Alamat Universitas Kristen Duta Wacana :

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5-25, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Telepon :

(0274) 563929

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Biologi di Jogja yang Terbaik dan Terlengkap!

  1. Universitas Ahmad Dahlan S1 Biologi
  2. Universitas Atma Jaya Yogyakarta S1 Biologi
  3. Universitas Kristen Duta Wacana S1 Biologi

Nah, itulah 3 rekomendasi kampus dengan jurusan biologi di Jogja. Mana yang akan jadi kampus favorit kamu dan akan kamu pilih nih? Pertimbangkan dengan sebaiknya!