5 Rekomendasi Kampus Jurusan Agribisnis Terbaik di Jogja

5 Rekomendasi Kampus Jurusan Agribisnis Terbaik di Jogja, Olah Hasil Bumi untuk Menghadapi Globalisasi

By

5 Rekomendasi Kampus Jurusan Agribisnis Terbaik di Jogja, Olah Hasil Bumi untuk Menghadapi Globalisasi

Denger jurusan kuliah Agribisnis, apa sih yang terlintas dipikiranmu? Petani? Sawah? Padi? Kalau diliat dari kata agri atau agro sih, jurusan ini ada kaitannya dengan pertanian.

Yaps.. Bener banget, Agribisnis ini adalah prodi yang berkaitan dengan pertanian. Agribisnis ini juga dikenal juga sebagai Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

“Tapi, gengsi ah kalau belajar pertanian, lagian aku kan tinggal di kota, gak ngerti lah soal tani-tani gitu, dan palingan cuma belajar soal menanam dan memanen.”

Hmmm.. pemahaman yang kayak gini nih yang bisa bikin identitas Indonesia sebagai negara agraris merosot. Lagian nih, agribisnis itu gak cuma menanam dan memanen doang, lebih dari itu. Kuliah agribisnis itu lebih banyak membahas bisnis dan tata cara mengelola lingkungan agar lebih menguntungkan, efektif, dan efisien. Dan gak cuma belajar tentang bisnis pertanian dan perkebunan, tapi juga bisnis peternakan, perikanan, dan kehutanan.

Agribisnis itu bisa dibilang luas banget deh, karena Agribisnis sangat memadukan Saintek dan Soshum, karena dia mempelajari segala aspek budaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan, dan pemasaran produk.

5 Rekomendasi Kampus Jurusan Agribisnis Terbaik di Jogja

Pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan Kuliah

Lulusan agribisnis jadi apa?

Tak Banyak Yang Tahu! Berikut Prospek Kerja Jurusan Agribisnis :
- Menjadi Tenaga Pendidik Atau Dosen. Kamu bisa memiliki karir sebagai tenaga pendidik yang ahli di bidang Agribisnis.
- Peneliti.
- Pionir LSM.
- Pengusaha.
- Pekerja pemerintah.
- Pedagang Komoditi Baru.
- Konsultan Pertanian.
- Bekerja di BAPPEDA.

Agribisnis gelarnya apa?

Gelar lulusan (Final Award) : Sarjana Pertanian (S.P.)

Agribisnis itu apa sih?

Definisi Agribisnis menurut wikipedia adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

Menarik Untuk Dibaca :  6 Rekomendasi Camp Pantai Jogja, Nikmati Ketenangan di tengah Pemandangan Indah

Agribisnis apakah jurusan IPA atau IPS?

Agribisnis adalah perpaduan antara jurusan IPA dan IPS sehingga cocok untuk lulusan IPA maupun IPS. Dalam agribisnis tidak hanya mempelajari mengenai ilmu biologi pertanian saja tapi juga mempelajari ilmu bisnis untuk memasarkan hasil pertaniannya.

Berapa gaji agribisnis?

Gaji seorang lulusan agribisnis di Indonesia rata-rata berkisar antara 3 - 6 Juta, tentunya tergantung pada jabatan, pengalaman, kemampuan, serta area tempat kamu bekerja. Untuk level manajer, gajinya bisa mencapai 9 Jutaan lho.

Negara-negara maju boleh lah punya tank baja, nuklir, dan teknologi canggih. Indonesia juga punya loh, karena Indonesia punya beras, rempah-rempah, cabe, dan komoditas pertanian lainnya yang bisa jadi alat perang untuk menghadapi globalisasi. Dan biar hasil bumi kita bisa diolah menjadi alat perang, makanya perlu lulusan Agribisnis.

Tertarik masuk prodi Agribisnis? Jogjaasik punya rekomendasi kampus jurusan Agribisnis terbaik di Jogja loh. Kualitasnya udah oke sangat!!

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Agribisni di Jogja yang Terbaik

Iniah, rekomendasi kampus di Jogja dengan jurusan Agribis terbaik. Selengkapnya simak di bawah ini!

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sejak berdiri pada tahun 1986, Program Studi Agribisnis terus berusaha meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik dalam pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Program Studi Agribisnis secara nasional telah mendapatkan pengakuan melalui Sertifikat Akreditasi BAN PT No 3031/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016, dengan Akreditasi A.

Program Studi Agribisnis mempunyai visi Unggul dan Islami. Visi unggul dalam penguasaan IPTEK akan dijalankan dengan menyelenggarakan pendidikan agribisnis yang berkualitas, efektif, efisien dan berkelanjutan serta meningkatkan mutu dan relevansi lulusan yang kompeten dan berdaya saing di dunia kerja. Penguatan iman dan taqwa berlandaskan nilai-nilai Islam akan dicapai dengan mengembangkan agribisnis berdasarkan prinsip nilai-nilai Islam.

Proses belajar mengajar berdasarkan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)-Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) diharapkan dapat meningkatkan baik hard skill maupun soft skill mahasiswa sebagai bekal untuk menjadi seorang pengusaha, manajer, fasilitator maupun peneliti dalam bidang agribisnis.

Alamat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta :

Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Telepon :

(0274) 387656

2. Institut Pertanian Stiper

Agribisnis merupakan bidang studi yang mengembangkan keilmuan agribisnis berbasiskan industri perkebunan yang memiliki karakter, pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan IPTEK yang memadukan dengan kemampuan analisa perilaku konsumen dan produsen, pembiayaan dan keuangan, pemasaran, pembangunan, dan kebijakan ekonomi pertanian, interaksi sosial serta pemberdayaan masyarakat pertanian, komunikasi efektif dengan pelaku agribisnis, manajerial perusahaan perkebunan serta mengembangan enterpreneurship agribisnis.

Menarik Untuk Dibaca :  3 Rekomendasi Sales dan Dealer Daihatsu di Jogja, Miliki Mobil Petualang Sekarang!

Alamat Institut Pertanian Stiper :

Jl. Nangka II, Krodan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telepon :

0811-2959-040

3. Universitas Janabadra

Program Studi Agribisnis pada Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Yogyakarta berstatus “TERAKREDITASI” dengan peringkat “A” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No:1684/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018.

Program Studi Agribisnis di Universitas Janabadra Yogyakarta mempunyai visi Unggul yaitu menjadi Program Studi Agribisnis berkualitas yang unggul di bidang pertanian berkelanjutan pada Tahun 2025 pada tingkat nasional.

Program studi Agribisnis didukung oleh dosen-dosen yang berkualitas akademik di bidangnya yang berpendidikan Doktor dan S2 (UGM, IPB, UQ-Australia, Unsoed, UNS). Perkuliahan juga dilakukan oleh dosen tamu yang merupakan praktisi agribisnis maupun ekonom, baik di pemerintahan maupun dari kalangan swasta.

Alamat Universitas Janabadra :

Jl. Tentara Rakyat Mataram No.58, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231

Telepon :

(0274) 561039

4. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program studi Agribisnis di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa terakreditasi B dan mempunya visi yang unggul yaitu menjadi program studi yang unggul di ASEAN dalam pengembangan IPTEKS bidang Agribisnis berdasarkan ajaran Tamansiswa pada tahun 2025.

Alamat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa :

Jl. Kusumanegara No.157, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165

Telepon :

(0274) 562265

5. Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Program studi Agribisnis didirikan dengan tujuan menghasilkan sumber daya lulusan yang kompeten dibidang agribisnis, memiliki daya saing dengan berlandaskan nilai aswaja, memiliki kemandirian untuk berwirausaha, serta berpihak terhadap masyarakat luas. Lulusan prodi ini berpeluang menjadi manajer agribisnis, pengusaha di bidang pertanian baik hilir maupun hulu, fasilitator pengembangan masyarakat agribisnis, konsultan/ Pengkaji agribisnis, perbankan dan di perusahaan sarana produksi perkebunan, perikanan, maupun peternakan.

Alamat Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta :

Jl. Lowanu No.47, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162

Telepon :

(0274) 414708

Daftar Universitas dan Kampus Jurusan Agribisnis di Jogja yang Terbaik dan Terlengkap!

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta S1 Agribisnis
  2. Institut Pertanian Stiper S1 Agribisnis
  3. Universitas Janabadra S1 Agribisnis
  4. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa S1 Agribisnis
  5. Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta S1 Agribisnis

Itulah sobat Jogjaasik, 5 rekomendasi kampus dengan jurusan Agribisnis terbaik di Jogja. Bingung mau pilih yang mana? Pikirkan dengan tenang dan pertimbangkan dengan orang terkasih dan semoga pilihanmu adalah pilihan yang tepat dan menjadi salah satu jalanmu untuk menuju kesuksesan.

 

You may also like