Goa Kiskendo

9 Rekomendasi Wisata Goa di Jogja, Menyusuri Wisata Dalam Perut Bumi yang Eksotis

By

9 Rekomendasi Wisata Goa di Jogja, Menyusuri Wisata Dalam Perut Bumi yang Eksotis

Kalau mau menghitung wisata di Jogja pasti gak ada habisnya. Sebab kota pelajar ini punya banyak sekali wisata yang memesona, dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata edukasi hingga wisata alam, semuanya ada. Jangan ngaku petualang sejati kalau belum mengeksplor wisata-wisata di Jogja. Salah satu wisata alam di Jogja yang cukup menantang adalah wisata Goa. Mayoritas gua-gua yang ada di Jogja, merupakan gua kapur yang memiliki pemandangan stalaktit dan stalakmit yang begitu menawan.

Berikut 9 Rekomendasi Wisata Goa di Jogja, Menyusuri Wisata Dalam Perut Bumi yang Eksotis :

  1. Goa Jomblang
  2. Goa Pindul
  3. Goa Kalisuci
  4. Goa Cokro
  5. Goa Tanding
  6. Goa Rancang Kencono
  7. Goa Cerme
  8. Goa Selarong
  9. Goa Kiskendo

Goa-goa rekomendasi Jogjaasik.com siap buat nantang adrenalin kamu. Kamu juga bisa menghilangkan penat dengan susur goa bareng geng kamu.

1. Goa Jomblang

Berlokasi di Gunungkidul, keindahan wisata alam Jogja ini wajib diapresiasi.. Keberadaan hutan purbanya yang ada di dalam Goa menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa dan sesungguhnya, kamu bisa datang pada pukul 10.00 – 12.00. Karena kamu akan melihat sinar matahari yang menerobos masuk goa, yang dikenal dengan istilah cahaya surga. Dengan Rp 450.000,- kamu bisa menikmati keindahan alam ini. Seru banget deh!

Alamat Goa Jomblang :

Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 14.00 WIB

Goa Jomblang
Goa Jomblang

2. Goa pindul

Masih di Gunungkidul, destinasi wisata adventure ini berupa susur goa bawah tanah dengan aliran sungai yang ada di sepanjang lorong Goa tersebut. Ketika akan memulai menyusuri, wisatawan akan dibekali peralatan keamanan seperti jaket pelampung dan ban yang sudah diberi pengait silang. Pengait silang ini memiliki fungsi sebagai tempat duduk di atas air ketka menyusuri air sungai. Goa pindul ini sendiri memiliki kedalaman sekitar 1-12 m dan panjang kurang lebih 350 m. Ketika melakukan susur goa ini, tentu wisatawan ditemani oleh tour guide yang sudah terlatih. Ketika menyusuri goa, wisatawan pun bisa melihat keindahan stalaktit. Aliran airnya tidak berarus deras meskipun saat musim hujan, sehingga tak hanya orang dewasa anak-anak pun bisa ikut menyusuri Goa Pindul ini.

Alamat Goa pindul :

Gelaran 2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 06.30 – 16.30 WIB

Goa-Pindul
Goa Pindul

3. Goa Kalisuci

Wisata alam ini juga berada di Jogja lantai dua, maksudnya di Gunung Kidul. Wisata ini agak anti mainstream, karena kamu akan diajak merasakan sensasi serunya menyusuri keindahan tebing karst. Dengan biaya retribusi Rp 5.000,- dan Rp 70.000,- untuk paket Cave Tubing, petualanganmu akan dimulai saat melewati Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Di alam yang indah ini, kamu akan menemukan stalagtit yang nampaknya seperti kristal. Waoow banget kan..! Aliran air di sini juga tenang tapi ada juga yang beraliran deras. Wisatawan akan diajak caving tubing menggunakan teknik SRT (Single Rope Technique) sesuai dengan standard prosedur dan keamanan.

Alamat Goa Kalisuci :

Jetis, Jonge, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 04.00 WIB

Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci

4. Goa Cokro

Goa yang memiliki kedalaman 18 meter merupakan goa vertikal yang memiliki dua mulut goa yang berbentuk sumuran dengan jarak sekitar 8 meter antar sumuran. Diameter lubang ini sekitar 1 meter. Saat cuaca cerah kamu bisa mendapatkan sebuah fenomena Ray of Ligth, sinar matahari yang masuk dari lubang lainnya. Dinding goa yang terpahat alami dari air yang menetes membawa sensasi tersendiri, dimana banyak ukiran mineral di batuan karst. Untuk bisa masuk ke Goa Cokro ini minimal harus 10 orang dengan membayar Rp 1 juta.

Alamat Goa Cokro :

Wirik, Umbulrejo, Ponjong, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55892

Jam Buka :

24 Jam

Goa Cokro
Goa Cokro

5. Goa Tanding

Tergolong masih baru, Goa Tanding ini lokasinya tak jauh dari goa pindul dan memiliki pemandangan yang keren. Saat kamu menyusutri goa ini kamu akan terpesona akan keindahannya. Goa Tanding ini juga punya sungai bawah tanah dengan kedalaman airnya sekitar 3 meter, sedangkan panjang sungai ini sekitar 450 meter. Di Goa Tanding ini kamu bisa melakukan river boating. Sensasi river rafting pun bisa kamu rasakan sembari mengamati ornamen goa yang masih hidup di sana.

Alamat Goa Tanding :

Gelaran II, RT4, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

Jam Buka :

Setiap Hari 07.00 – 17.00 WIB

Goa Tanding
Goa Tanding

6. Goa Rancang Kencono

Tau wisata Air Terjun Sri Getuk? Di dekat wisata itu juga ada goanya lho, namanya Goa Rancang Kencono. Di Goa Rancang Kencono ini terdapat pohon klumpir besar yang usianya sudah ratusan tahun. Goa Rancang Kencono ini termasuk goa purba yang di dalamnya ada tiga ruangan. Salah satu ruangannya berukuran besar menyerupai aula. Konon, Goa ini dulunya dijadikan tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram. Mereka menyusun rencana strategi untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Yogyakarta. Dengan itulah, goa ini dinamaikan Goa Rancang Kencono.

Alamat Goa Rancang Kencono :

Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Gua Rancang Kencono
Gua Rancang Kencono

7. Goa Cerme

Dari Gunungkidul lanjut ke Bantul. Goa Cerme ini berada di Bantul yang merupakan goa horisontal yang tergolong panjang dengan kedalaman 1,5 kilometer. Goa ini juga memiliki sungai bawah tanah dan yang menarik adalah air terjun kecil yang ada di dalam goa ini. Siapkan stamina yang kuat untuk masuk ke sini sebab kamu harus melewati 759 anak tangga. Ada stalagmit, stalaktit, pilar, dan banyak lainnya yang menghiasi Goa Cerme ini.

Alamat Goa Cerme :

Jl. Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

Jam Buka :

Setiap Hari 07.00 – 18.00 WIB

Goa Cerme
Goa Cerme

8. Goa Selarong

Goa Selarong ini adalah goa bersejarah yang juga terletak di Bantul. Dahulu, goa ini dijadikan markas gerilya Pangeran Diponegoro ketika melakukan perlawanan terhadap Belanda. Dan kini goa bernilai histori ini dijadikan sebagai tempat wisata. Dengan biaya Rp 4 ribu, kamu sudah bisa menikmati goa ini dan juga kondisi alamnya yang masih asri.

Alamat Goa Selarong :

Waktu Gedug, Guwosari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Goa Selarong
Goa Selarong

9. Goa Kiskendo

Kalau yang ini wisata di Kulon Progo yang harus kamu kunjungi, yaitu Goa Kiskendo. Goa Kiskendo ini punya pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat mempesona. Dan tentunya sangat cantik dan worthy untuk berfoto. Untuk akses masuk ke dalam goa tak perlu khawatir, soalnya keamanan dan kenyamanan sudah dijamin dengan dilengkapinya sarana pejalan kaki di dalamnya. Asyik banget kan!!

Alamat Goa Kiskendo :

Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Goa Kiskendo
Goa Kiskendo

Tempat-tempat wisata goa ini keren-keren banget kan! Harus banget dong masuk daftar kunjungan liburan pas di Jogja. Siapkan diri untuk mengagumi setiap inci keindahan alam yang disuguhkan!

You may also like

Hot News