5 Rekomendasi Wisata Jembatan di Jogja Paling Instagramable dan Kece Parah - 2020
Jembatan Gantung Selopamioro

5 Rekomendasi Wisata Jembatan di Jogja Paling Instagramable dan Kece Parah

By

5 Rekomendasi Wisata Jembatan di Jogja Paling Instagramable dan Kece Parah

Instagram kini sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi sebagaian besar orang. Karena dari instagram inilah, berbagai info dan berita bisa kita dapatkan. Bahkan nih ya.. sekarang soal berita atau gosip dari manapun di seluruh dunia ini, instagram lebih dulu memberitakan daripada TV nasional. Selain itu, berbagai foto tentang kuliner, musik, hingga tempat wisata bisa dicari di instagram. Tempat wisata yang tadinya tak terkenal bisa langsung viral jika ada seseorang yang mempostingnya di media sosial. Salah satunya tempat wisata di Jogja. Jogja kan kaya akan wisata, termasuk wisata alamnya. Dan kali ini Jogjaasik.com akan berbagi rekomendasi mengenai wisata jembatan yang ada di Jogja.

Berikut 5 Rekomendasi Wisata Jembatan di Jogja Paling Instagramable dan Kece Parah :

  1. Jembatan Gantung Selopamioro
  2. Jembatan Gantung Bawuran
  3. Jembatan Plunyon
  4. Jembatan Gantung Lemah Abang
  5. Jembatan Sesek Mangir

Jembatana-jembatan ini identik dengan nuansa dan pemandangan alam yang keren dan natural banget juga instagramable. Pastinya kalau kamu foto-foto di tempat ini bisa mendapatkan foto yang isntagenic.

1. Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan ini berlokasi di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul yang dikelilingi oleh perbukitan karst yang cukup tinggi. Jembatan ini melintas di atas sungai Oya. Jika kamu pernah pergi ke Kebun Buah Mangunan kamu bisa melihat jembatan gantung ini dari atas. Salah satu provider telekomunikasi pernah melakukan syuting di sini, sehingga membuat jembatan Jembatan Gantung Selopamioro mulai terkenal. Jembatan ini dibangun dengan landasan dari kayu dan konstruksi baja. Yang bisa melewati jembatan ini hanyalah pejalan kaki, sepeda motor, dan sepeda ontel. Tapi, kalau mau lewat jembatan ini harus sabar, sebab kamu perlu antri terlebih dahulu karena jembatan ini hanya bisa dilewati kendaraan saja. Yang menarik saat musim kemarau karena air sungai Oya akan berubah menjadi hijau tosca.

Alamat Jembatan Gantung Selopamioro :

Unnamed Road, 55782, Lanteng 1, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Jembatan Gantung Selopamioro
Jembatan Gantung Selopamioro

2. Jembatan Gantung Bawuran

Jembatan yang melintas di atas sungai yang berada di tengah persawahan ini menghubungkan Desa Gunungkelir dengan Desa Bawuran di Kecamatan Pleret, Bantul. Jembatan Gantung Bawuran ini juga dikenal dengan nama Jembatan Perak. Jembatan ini mulai dikenal setelah ada orang yang mempostingnya di instagram. Di jembatan ini, kamu bisa menikmati pemandangan sawah dan juga aktivitas para petani. Kamu bisa berfoto dengan background persawahan.

Alamat Jembatan Gantung Bawuran :

Kali Opak, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gn. Kelir, Pleret, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jembatan Gantung Bawuran
Jembatan Gantung Bawuran

3. Jembatan Plunyon

Dulu Jembatan Plunyon menjadi salah satu lokasi foto prewed favorit di Jogja, tapi jika sekarang mau foto prewed di sini juga bisa. Jembatan Plunyon berada di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasinya yang melintasi Kali Kuning pun menjadi salah satu saksi erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu. Sebagian besar jembatan ini rusak, namun masih menyisakan bangunan jemban yang tetap terlihat cantik.

Jembatan Plunyon
Jembatan Plunyon

4. Jembatan Gantung Lemah Abang

Jembatan Gantung Lemah Abang digunakan sebagai sarana untuk penyebrangan antar kabupaten. Karena jembatan ini menghubungkan Desa Ngoro-oro, Pathuk, Gunungkidul dengan Desa Gayam Harjo, Prambanan, Sleman. Warnanya yang kuning mirip dengan Jembatan Gantung Selopamioro. Letaknya tidak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran dan dibangun pada tahun 1996.

Alamat Jembatan Gantung Lemah Abang :

Jemb. Lemah Abang, Lembahbang, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jembatan Gantung Lemah Abang
Jembatan Gantung Lemah Abang

5. Jembatan Sesek Mangir

Jembatan Gantung Bawuran merupakan jembatan paling instagramable di Jogja. Kenapa dinamakan Jembatan sesek? Karena sebutan untuk jembatan yang dibuat dari bambu adalah jembatan sesek. Jembatan ini menghubungkan Desa Mangir di wilayah Bantul dengan Desa Lendah di wilayah Kulonprogo yang dibuat di atas Sungai Progo. Saat musim hujan, jembatan ini sering rusak karena terkena terjangan arus Sungai Progo yang cukup besar.

Alamat Jembatan Sesek Mangir :

Mangir Lor, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jembatan Sesek Mangir
Jembatan Sesek Mangir

Bagaimana sudah siap untuk berselfie ria? Kalau kamu ke Jogja jangan lupa ya masukkan jembatan-jembatan diatas ke dalam list liburanmu!

You may also like

Hot News