11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja, Siap Dijadikan Buah Tangan Untuk Kerabat di Rumah - 2020
11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja, Siap Dijadikan Buah Tangan Untuk Kerabat di Rumah

11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja, Siap Dijadikan Buah Tangan Untuk Kerabat di Rumah

By

11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja, Siap Dijadikan Buah Tangan Untuk Kerabat di Rumah

Apapun yang berkaitan dengan Jogja memang selalu bikin rindu. Rindu terobati dengan bertemu. Nah, jika rindu Jogja siapkan segala sesuatunya untuk mengunjungi Kota Gudeg ini. Buat kamu yang sedang liburan di Jogja, salah satu hal yang harus masuk dalam list liburanmu adalah membeli oleh-oleh. Masak iyaa.. pulang dari liburan dengan tangan kosong. Paling tidak bawalah kenang-kenangan khas Jogja, lebih baik lagi jika mau berbagi dengan kerabat yang belum sempat untuk mengunjungi Jogja. Soal oleh-oleh ini tak melulu soal makanan kok. Kamu bisa membeli pernak-pernik khas Jogja. Artikel dari Jogjaasik.com kali ini akan membantu kamu untuk menemukan oleh-oleh khas Jogja yang pas mulai dari makanan hingga kerajinan untuk dijadikan buah tangan saat kamu kembali dari Jogja.

Berikut 11 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja, Siap Dijadikan Buah Tangan Untuk Kerabat di Rumah :

  1. Naturalan
  2. Kaloka Pottery
  3. Roti Bakar Premium
  4. Museum & Factory by Chocolate Monggo
  5. Coklat Monnier
  6. Toko Barang Bareng
  7. Indo Saparella
  8. Henju by Gracy
  9. Gudeg Bu Tjitro
  10. Oseng Oseng Mercon Bu Narti
  11. Mochi Sakura

Mungkin kamu bukan termasuk shopaholic, tapi tak ada salahnya untuk membeli kerajinan produk lokal. Selain bisa dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh, kamu juga membantu perekonomian warga lokal. Sebelum itu, simak dulu yuk ulasan dibawah ini, yang sepertinya akan membuatmu tak berpikir dua kali untuk membeli oleh-oleh khas Jogja ini!

1. Naturalan

Yang suka mendekorasi rumah, bisa beli nih beberapa produk saat ke Jogja. Pergi saja ke toko Naturalan, di sini kamu akan menemukan banyak kerajinan tangan yang terbuat dari bahan alam yang pastinya ramah lingkungan. Mau tau tentang kualitasnya, tak perlu diragukan lagi sebab produk ini juga sudah go internasional alias merambah dunia ekspor. Di sini, kamu bisa menemukan kursi, bantal kursi, hingga keranjang. Menariknya, setiap hari selalu ada update desain terbaru. Keren banget kannn!! Kamu juga bisa mengabadikan momenmu bersama barang-barang yang terlihat instagenic ini.

Alamat Naturalan :

Desa Kasongan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul 55181 (Sebelah Cakradent).

Jam Buka :

09.00 – 17.00 WIB

Naturalan
Naturalan

2. Kaloka Pottery

Ada keluarga atau kerabat yang suka ngeteh dan ngopi? Kalau iya, bawain aja koleksi dari Kaloka Pottery ini. Karena Kaloka Pottery adalah tempatnya cangkir-cangkir dengan desain yang cantik terbuat dari tanah liat lokal. Ada juga lhoo, piring-piring yang lucuuu.. Pas banget buat di rumah atau buat kerabat yang dirumah. Tak perlu khawatir produk dari Kaloka Pottery ini akan rusak ketika dalam perjalanan, karena Kaloka Pottery memiliki standar pengemasan yang apik yang tentunya meminimalisir kemungkinan rusaknya produk.

Alamat Kaloka Pottery :

Bausasran Danurejan DN3 NO.695, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 10.00 – 17.00 WIB

Kaloka Pottery
Kaloka Pottery

3. Roti Bakar Premium

Dari kerajinan mari beralih ke makanan. Jogja punya roti bakar spesial lhoo, yaitu Roti Bakar Premium. Mulai dari kemasan hingga isiannya semuanya serba premium. Kabar bahagianya Roti Bakar Premium ini gak pelit isian bahkan luber banget. Kalau soal varian rasa, pilihannya banyak mulai dari rasa keju dengan tambahan mozzarella yang meleleh hingga rasa kekinian seperti Ovomaltine atau greentea. Kalau suka semuanya, bisa memadukan dua varian rasa dalam satu kotak. Nah, sambil menunggu pesanan Roti Bakar Premium kamu jadi, cobain minuman manis nan menyegarkan dari Roti Bakar Premium ini.

Alamat Roti Bakar Premium :

Jl. Kapten Piere Tendean, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 10.00 – 22.00 WIB

Roti Bakar Premium
Roti Bakar Premium

4. Museum & Factory by Chocolate Monggo

Sudah tau kan kalau Jogja punya produk coklay asli yang sudah go internasional? Kalau belum tau tak kasih tau, atau datang saja ke Museum & Factory by Chocolate Monggo. Di sini, kamu tak hanya bisa beli beberapa produk coklat untuk oleh-oleh, tapi kamu juga bisa melihat koleksi museumnya yang penuh dengan informasi mengenai coklat. Bahkan kamu juga bisa belajar berkreasi dengan coklat. Seru banget kann!!

Jika kamu orang dewasa, maka kamu bisa mengikuti paket Tasting Cacao dengan biaya 50 rb/orang. Paket ini akan mengajak kamu untuk mencoba buah kakao hingga menjadi minuman coklat. Kalau kamu ngajak anak-anak, ada paketnya sendiri kok dengan biaya mulai dari 20 rb tergantung jumlah peserta yaitu paket Creating. Paket ini akan mengajak anak-anak membuat kepingan coklat yang dilengkapi taburan aneka ragam topping diatasnya. Hasil karya coklat ini bisa dibawa pulang.

Satu hal lagi yang harus kamu tau, kalau minuman coklat di sini itu lebih istimewa seperti Jogja, karena terbuat dari coklat asli bukan dari buah kakao. Ada lagi, kalau mau ikutan paket tasting atau creating, diharapkan untuk reservasi terlebih dahulu ya.

Alamat Museum & Factory by Chocolate Monggo :

Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Kamis 09.00 – 17.00 WIB & Jumat hingga Minggu 09.00 – 19.00 WIB

Cokelat Monggo
Cokelat Monggo

5. Coklat Monnier

Coklat Monnier, coklat 100% dari Jogja. Mengapa? Karena semua bahan baku berasal dari sekitar wilayah Jogja. Ada kakao dari Kulon Progo, kacang metenya dari Wonogiri, dan produksinya langsung di Jogja. Makanan ini memang tak diproduksi secara besar-besaran, tapi malah unik kan untuk dijadikan oleh-oleh. Varian rasanya cukup menarik dengan mayoritas berbahan dasar coklat hitam dengan tambahan aroma lain. Ada aroma biji pala, kopi, hingga kayu manis. Ada juga coklat hitam dengan tambahan kacang kenari, cabai merah, kacan mete, dan manisan jahe. Kalau mau coklat murni juga ada dengan kadar 60% atau 75%. Kalau kamu membelinya langsung di tempat produksi, kamu memiliki peluang untuk bertemu dengan sang pemilik.

Alamat Coklat Monnier :

Jl. Blunyah Rejo No.1076B, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Sabtu 09.00 – 16.00 WIB

Coklat Monnier
Coklat Monnier

6. Toko Barang Bareng

Toko Barang Bareng ini diibaratkan surganya produk loka handmade yang unik. Kamu bisa menemukan banyak jenis produk di sini. Desainnya begitu unik dan nyentrik, semakin eksklusif karena diproduksi terbatas. Di sini ada tas, ada anting kayu dari bolobareng kalaniwood. Unik dan limited edition, itulah julukan untuk sang anting karena terbuat dari papan skateboard yang sudah tak digunakan dan hanya ada satu desain untuk satu pasang. Bagian luar dari toko ini memiliki desain yang instagramable, bisa nambah koleksi foto.

Alamat Toko Barang Bareng :

Jl. Suryodiningratan No.53, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa hingga Minggu 11.00 – 21.00 WIB

Toko Barang Bareng
Toko Barang Bareng

7. Indo Saparella

Yuk bernostalgia dengan mencicipi minuman para bangsawan di masa lalu, yaitu dengan meminum minuman berkonsentrat sarsaparilla. Dari bentuk botolnya saja sudah unik banget. Dengan isi 330 ml, minuman ini bisa dihabiskan dalam dua sampai tiga teguk saja. Rasanya mirip dengan minuman cola, terasa segar untuk mengalahkan panasnya Jogja. Uniknya lagi, minuman cola jawa ini umurnya sudah hampir setengah abad, yang mana pada zaman dulu hanya kalangan tertentu yang bisa mencoba minuman ini. Namun, saat ini mudah untuk menemukan minuman ini. Nah, jadikan minuman ini untuk oleh-oleh dan ajak kerabatmu untuk bersama-sama bernostalgia. Kamu bisa mendapatkan produk Indo Saparella di Ramai Mall, Progo Supermarket, Hero Malioboro Mall.

Alamat Indo Saparella :

Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Jumat 09.00 – 15.00 WIB & Sabtu 09.00 – 14.00 WIB

Indo Saparella
Indo Saparella

8. Henju by Gracy

Lengkapi koleksi aksesorismu dengan produk lokal handmade dari Henju by Gracy. Dengan desain yang minimalis, mampu memikat siapapun yang melihatnya. Perhiasan ini juga tahan lama karena berbahan dasar dari emas dan perak. Jangan hanya jadikan koleksi pribadi, gunakan juga untuk oleh-leh. Pasti siapapun yang kamu beri akan terkesan, karena pehiasan ini begitu cantik dengan perpaduan antara bahan emas dan perak dengan bebatuan yang indah. Kamu juga bisa request dengan ukiran nama, dimana nanti namamu akan ditulis dengan aksara jawa.

Alamat Henju by Gracy :

Jl. DI Panjaitan No.43, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Jumat hingga Rabu 10.00 – 21.00 WIB & Kamis 10.00 – 17.00 WIB

Henju by Gracy
Henju by Gracy

9. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro yang legendaris ini berinovasi dengan kemasan modern, yang akan memudahkan para traveler untuk menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh. Gudeg Bu Tjitro ini dikemas layaknya kornet yang memudahkan untuk dipacking dalam koper. Kamu bisa membawa banyak gudeg tanpa perlu takut basi ataupun tumpah. Gudeg dalam kemasan kaleng ini bisa bertahan hingga satu tahun lhoo. Soal rasa, gak usah diragukan deh. Pasti enaknya! Untuk menyantapnya, cukup dipanaskan selama 5 menit. Dan tak usah khawatir soal isiannya. Karena isinya tetap lengkap dengan gudeg, ayam kampung suwir, telur bebek utuh, sambel goreng krecek, hingga kacang tolo. Lalu ada varian gudeg pedas, original, blondo, dan rendang. Tinggal kamu mau pilih yang mana atau semuanya.

Alamat Gudeg Bu Tjitro :

Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 22.00 WIB

Gudeg Bu Tjitro

10. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Oseng Mercon Bu Narti, salah satu kuliner yang diburu oleh para traveler. Dan, kini kamu bisa berbagi kelezatan dan pedasnya oseng mercon ini kepada kerabat. Dikemas dalam kaleng dengan isian daging yang bisa disantap untuk empat porsi. Kamu bisa langsung menyantapnya atau dipanaskan terlebih dahulu.

Alamat Oseng Oseng Mercon Bu Narti :

Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 17.00 – 00.00 WIB

Oseng Oseng Mercon Bu Narti
Oseng Oseng Mercon Bu Narti

11. Mochi Sakura

Jogja punya mochi produksi lokal lhooo.. namanya Mochi Sakura. Kuliner homemade ini memiliki citarasa yang manis, tekstur yang kenyal, dan warna yang cantik. Pilihan isi yang ditawarkan cukup beragam. Seperti mochi tradisional dengan isian kacang dan dilumuri wijen, lalu ada isian kekinian misalnya, moka, greentea, keju, hingga durian. Jika ingin mencoba semua varian isinya, kamu bisa membeli satu paket hemat isi 15 mochi. Eh, ada lagi mochi yang isinya yang es krim. Boleh banget lhoo kalau mau coba!

Alamat Mochi Sakura :

Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Sabtu 09.00 – 21.00 WIB & Minggu 09.00 – 17.00 WIB

Mochi Sakura
Mochi Sakura

Menarik-menarik sekali yaa.. Harus masuk dalam list kegiatan saat liburan di Jogja. Dan masuk dalam koper untuk kenang-kenangan dan oleh-oleh buat kerabat yang ada di rumah. Sungguh menyenangkan!

You may also like

Hot News