7 Rekomendasi Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel

7 Rekomendasi Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

7 Rekomendasi Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel

7 Rekomendasi Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel
Batik di Jogja

Jogja itu tak hanya kota pecinta rindu, tak hanya kota pelajar, tak hanya kota yang istimewa. Namun, Jogja juga merupakan kota batik. Dan sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, ada banyak sekali sentral batik di kota Jogja ini. Motif yang dijual pasti juga beragam dong. Harganya pun juga cukup bersaing jika dibandingkan dengan harga batik di kota besar lainnya. Dan jika kamu adalah seorang pecinta batik, entah itu tradisional maupun modern, maka Jogja adalah tempat yang tepat.

Dan berikut ini 7 Rekomendasi Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel :

  1. Hamzah Batik Malioboro
  2. Pasar Beringharjo
  3. Batik Yudhistira
  4. Batik Winotosastro
  5. Batik Rumah
  6. Kampung Batik Ngasem
  7. Kampung Batik Giriloyo

Lagian to ya.. Jalan-jalan ke Jogja, kalau belum beli batik itu rasanya ada yang kurang gitu. Sama seperti aku tanpa kamu.. eeaaa!! 😀 Dan batik di Jogja itu lebih mengesankan, mungkin karena terasa lebih original. Ya udah yuk simak rekomendasi batik dari Jogjaasik.com.

1. Hamzah Batik Malioboro

Buat para pelancong dari dalam negeri maupun luar negeri, Hamzah Batik Malioboro ini merupakan toko untuk berbelanja souvenir yang pastinya berkaitan dengan batik. Berdiri dengan tiga lantai dengan lantai pertama didedikasikan untuk batik dalam segala rupa. Ada kain, pakaian wanita, pakaian pria, anak-anak, hingga aksesoris. Sedangkan lantai dua dan tiganya untuk cendera mata dan kerajinan yang lebih tradisional, mulai dari alat musik hingga dekorasi rumah. Kalau ke Jogja jangan lupa mampir ke toko ini. Walaupun tidak ada tawar menawar, harganya terbilang sudah cukup murah kok. Good kan!

Hamzah Batik Malioboro
Hamzah Batik Malioboro

Lokasi Hamzah Batik Malioboro :

Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 21.00 WIB

2. Pasar Beringharjo

Sebagai pasar tertua di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1758, koleksi batik di Pasar Beringharjo ini cukup lengkap. Dari harga yang murah hingga jutaan ada di pasar ini. Mulai dari kain batik dengan berbagai pola yang dijual oleh ratusan vendor hingga pakaian batik dari berbagai bahan juga bisa ditemukan di pasar ini. Pasar ini berada di kawasan Malioboro, yang pastinya ramai banget.. Yang namanya pasar, pasti ada tawar menawar dong ya.. Jadi, kalau ingin mendapatkan harga yang lebih murah harus pandai-pandai menawar dan juga pandai dalam melihat kualitas batik , ada baiknya berkunjung di saat pagi hari, saat kios-kios baru buka karena biasanya para pedagang bersedia melepas barang dengan harga yang lebih murah katanya untuk penglaris. Atau saat sore menjelang pukul setengah tiga.

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Lokasi Pasar Beringharjo :

Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.30 – 21.00 WIB

3. Batik Yudhistira

Buat kamu yang ingin membeli batik murah, atau membeli kemeja batik seragam untuk keluarga, atau mungkin dress batik yang cantik. Kamu bisa langsung capcuss ke Batik Yudhistira. Motif batik yang dijual pun beragam. Kamu bisa memilah dan memilih sesuai yang kamu inginkan. Jika ingin mendapatkan harga khusus, kamu bisa membeli dalam jumlah banyak. Sebagai toko yang menjual batik secara grosir, jangan berharap kualitas yang begitu super dan desain baru yang luar biasa. Tapi kamu bisa menemukan produk yang layak dalam setiap gaya busana di tiap ukuran.

Batik Yudhistira
Batik Yudhistira

Lokasi Batik Yudhistira :

Jl. Taman Siswa No.150A, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 21.00 WIB

4. Batik Winotosastro

Sudah berdiri sejak tahun 1940, pecinta batik wajib datang ke toko ini nih! Selain menjual batik, Batik Winotosastro ini juga menyediakan kelas membatik lho. Kamu yang berminat, akan diajari langsung oleh para ahlinya. Menarik sekali kan! Dan bagi kamu yang peduli dan suka dengan pola-pola yang cantik juga batik yang sebenarnya memegang simbol dan filosofi yang mendalam. Maka toko ini juga cocok dan pas banget. Karena Batik Winotosastro bermaksud membuat batik sebagai tradisi Jawa yang mengakar kuat dalam semua proses otentiknya.

Pokoknya di Batik Winotosastro ini kamu bakal seru-seruan. Kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik, karena disini juga ada pabrik pembuatan model baju batik serta aksesoris batik. Walaupun batik printing sudah menjamur dengan warna mencol, namun Batik Winotosastro masih mempertahankan batik tradisional yang menjadi ciri khasnya. Tapi tentunya dengan inovasi berbagai warna terang yang mulai dikembangkan. Soal kualitas, gak ush ditanya lagi! Seru banget kan!

Batik Winotosastro
Batik Winotosastro

Lokasi Batik Winotosastro :

Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

5. Batik Rumah

Sejak dulu Batik Rumah ini terkenal dengan kreasi batik yang beragam juga unik. Pilihan produknya pun juga lengkap dengan motif yang beragam, ada baju batik, kemeja batik, dress batik, rok batik, dan lain sebagainya. Untuk kualitasnya pastinya oke banget karena lebih lembut dengan harga yang sesuai dengan kualitas tentunya. Namun tak semua batik disini mahal-mahal kok, ada yang harganya berkisar antara seratus ribuan hingga lima ratus ribuan. Untuk kaos batik, harganya cukup terjangkau. Batik Rumah ini terkenal akan awetnya dan nyaman dipakai.

Batik Rumah
Batik Rumah

Lokasi Batik Rumah :

MJ 1, Jl. Suryowijayan No.427, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 21.00 WIB

6. Kampung Batik Ngasem

Sama dengan Pasar Beringharjo, karena Kampung Batik Ngasem ini juga merupakan tempat belanja batik yang cukup melegenda. Bagaimana tidak melegenda, Kampung Batik Ngasem ini merupakan sentra industri batik di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Menariknya, kamu bisa menyusuri kampung ini dengan becak. Nah, sambil naik becak kamu akan menemukan banyak kios yang menjual batik yang hampir selalu ramai pembeli. Harga batik di kampung ini lebih murah lagi dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik untuk melihat proses pembuatan batik. Sekali jalan dua pulau telampaui.

Kampung Batik Ngasem
Kampung Batik Ngasem

Lokasi Kampung Batik Ngasem :

Sebelah Barat Keraton Yogyakarta

7. Kampung Batik Giriloyo

Kalau tempat belanja batik yang satu ini sedang hits lho.. Kampung Batik Giriloyo ini merupakan sentra batik yang ada di Tenggara Yogyakarta. Di daerah Bantul. Uniknya lagi, kamu bisa membeli batik langsung dari pengrajinnya. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sensasi belajar membatik selama 2 jam, gimana sih melukis batik dengan canting itu? Pokoknya disini kamu juga bakal seru-seruan dengan batik. Karena batik yang dijual Kampung Batik Giriloyo adalah batik tulis, maka kisaran harga batiknya sekitar 350 ribu hingga 1,5 juta. Tapi, barang sesuai harga. Kalaupun tak ingin membeli batik juga tak apa, kamu bisa menikmati eduwisata melihat proses pembuatan batik.

Kampung Batik Giriloyo
Belajar Membatik di Kampung Batik Giriloyo

Lokasi Kampung Batik Giriloyo :

Gazebo Wisata Giriloyo, Jl. Imogiri Tim. No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Itu tadi sobat jalan-jalan Jogja, beberapa tempat belanja batik murah tapi tidak murahan di Jogja. Pokoknya batiknya Jogja banget! Jangan lupa ya mampir ke rekomendasi batik di Jogja dari Jogjaasik.com pas kamu liburan ke Jogja. Dan batik-batik ini bisa kamu jadikan oleh-oleh buat sanak keluarga, teman saudara, atau tetangga.

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News