Home » Kuliner » Tempatnya Tersembunyi Namun Viral, Ini 5 Rekomendasi Kuliner di Jogja Selatan yang Wajib Diketahui

Tempatnya Tersembunyi Namun Viral, Ini 5 Rekomendasi Kuliner di Jogja Selatan yang Wajib Diketahui

by 

Mangut lele Mbah marto, salah satu rekomendasi kulineran di Jogja selatan. Foto: instagram @gendut_kulineran

JOGJAASIK-Kawasan Selatan Jogja menyimpan ptensi wisata kuliner yang menarik. Banyak menu tradisional dan tersembunyi. Berikut rekomendasi kuliner di Jogja selatan yang wajib diketahui seperti dikutip dari Youtube Mas Pur, Senin (8/7/2024).

1. Warung Sambel Belut Pak Sabar

Berada di Glagah Kidul Tamanan Kecamatan Banguntapan Bantul. Jam bukanya dari jam 10 pagi sampai dengan jam 10 malam. Menu yang ada di sini paling terkenal adalah sambal belut kemudian juga ada belut goreng, welut osengan, aneka macam ikan gabus, aneka sambal terong, nugget, tempe otak-otak dan sebagainya. Untuk minuman ada teh, kopi dan  jeruk baik kondisi panas maupun dingin. Pak Sabar memulai usaha ini pada tahun 1998 dengan cara berjualan angkringan, kemudian berkembangnya waktu, warung ini juga berkembang dengan pesat.

2. Warung Mie Lethek Mbak Jumal

Warung ini berada di Jurang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Jam bukanya dari jam 4 sore sampai dengan jam 12 malam. Menu yang ada di sini sangat komplet sekali yaitu ada mie goreng, mie rebus, mie Nyemek kemudian ada nasi goreng, nasi Magelangan, nasi godog baik dengan telur bebek maupun telur ayam. Sedangkan untuk minumannya juga ada kopi, teh jeruk, susu baik dalam kondisi panas maupun dingin.

3.  Warung Mangut Lele Mbah Marto.

Warung ini berada di Jalan Sewon Indah RT 4 Panggungharjo Sewon Bantul. Jam bukanya dari jam 10 pagi sampai dengan jam 8 malam. Menu andalan yang ada di sini yaitu lele mangut kemudian ada garang asem. Lokasi warung ini sebenarnya berada di dalam gang dan ukurannya kecil. Namun luar biasanya, pengunjungnya sangat ramai sekali.  Di warung ini, kita mengambil makanan sendiri di dapur sesuai dengan pilihan kita.

Menarik Untuk Dibaca :  5 Rekomendasi Camilan Khas Jogja, dari yang Kondang Sampai Ekestrem: Ada Belalang Goreng

4. Warung Sate Katapang

Warung ini berada di Jalan Sultan Agung Nomor 18 Jejeran 2 Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Menu yang menjadi andalan di sini yaitu ada sate Klatak kemudian ada gulai kambing, tongseng dan tengkleng dengan minumannya yaitu ada teh poci, jeruk baik kondisi panas maupun dingin. Teh pocinya ini menggunakan gula batu.

5.  Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung

Warung ini berada di Jalan Sembungan Nomor 5 Bangunjiwo Kasihan Bantul. Jam bukanya dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Menu andalannya yaitu ayam goreng. Warung ayam goreng Mbah Cemplung ini sudah menjadi kuliner legendaris di kota Bantul dan pertama kali didirikan pada tahun 1980-an oleh Mbah Rejo. Warung ayam goreng Mbah Cemplung ini tempatnya sangat sederhana dan menonjolkan suatu nuansa tradisional.