Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Unik Khas Jogja

9 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Unik Khas Jogja, Dari Makanan Hingga Pernak-Pernik, Semua Ada!

By

9 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Unik Khas Jogja, Dari Makanan Hingga Pernak-Pernik, Semua Ada!

Jangan lupa bawa oleh oleh unik khas jogja yaa… Hehehe.. Jogja memang selalu memberikan warna tersendiri bagi siapa saja yang pernah menetap ataupun hanya sekadar singgah. Kayak diaaa.. Ciee!! Kamu bisa menemukan spot yang seru di sini. Terlebih lagi soal kuliner, gak usah ditanya lagi. Makanan dengan rasa pedas, manis, asin, asam, gurih dan perpaduan semuanya, bisa kamu temukan di Jogja.

Kalau ke Jogja jangan hanya jalan-jalan aja, kamu perlu dan kudu banget buat beli oleh-oleh untuk orang-orang dirumah. Biar mereka juga ikut merasakan istimewanya Jogja. Habis itu biar mereka juga jadi pengen pergi ke Jogja.

Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Unik Khas Jogja

Tapi, kamu tau gak sih? Kalau Jogja ini juga bisa disebut sebagai surga untuk para maniak belanja, terlebih yang dibandrol harga murah. Para shopaholic bakalan kalap deh kalau ke Jogja. Karena selain murah, semuanya seperti menarik untuk dibeli. Dari makanan yang super lezat hingga pernak-pernik yang unik, lucu, dan menarik, semua ada di Jogja.

Dengan itu, Jogjaasik.com bakal kasih rekomendasi ke kamu toko oleh-oleh di Jogja. Kalau emperan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo udah mainstream, kami akan memberikan rekomendasi tempat lain.

Dan berikut ini 9 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Unik Khas Jogja, Dari Makanan Hingga Pernak-Pernik, Semua Ada :

  1. Bakpia 75
  2. Museum & Factory by Chocolate Monggo
  3. Coklat Monnier
  4. Gudeg Bu Tjitro
  5. Yangko Pak Prapto
  6. Batik Winotosastro
  7. Toko Barang Bareng
  8. Dagadu Djogja
  9. Suvenir Perak Kotagede

Sebelum menentukan mau beli apa aja atau bahkan beli semuanyaa.. Simak dulu yuk ulasan mengenai tempat-tempat di atas di bawah ini!

1. Bakpia 75

Salah satu bakpia legend di Jogja yaitu Bakpia 75. Karena udah hadir sejak 1948 lho di Jogja, dan merupakan cikal bakal perdagangan Bakpia di Jogja. Bakpia Patuk 75 masih mempertahankan cita rasa dan pembuatannya yang sederhana, sekalipun berinovasi menciptakan varian rasa yang baru dan kekinian. Keistimewaan Bakpia Patuk 75 ini terletak dari kulitanya. Kulitnya tetap lembut, dan teksturnya tidak pecah-pecah saat dipanggang. Dan tak kalah menariknya, cita rasa isiannya yang legitttt!

Alamat Bakpia 75 :

Jalan AIP Jl. Karel Sasuit Tubun No.75, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 22.00 WIB

bakpia 75
bakpia 75

2. Museum & Factory by Chocolate Monggo

Sudah tau kan kalau Jogja punya produk coklat asli yang sudah go internasional? Kalau belum tau tak kasih tau, atau datang saja ke Museum & Factory by Chocolate Monggo. Di sini, kamu tak hanya bisa beli beberapa produk coklat untuk oleh-oleh, tapi kamu juga bisa melihat koleksi museumnya yang penuh dengan informasi mengenai coklat. Bahkan kamu juga bisa belajar berkreasi dengan coklat. Seru banget kann!!

Jika kamu orang dewasa, maka kamu bisa mengikuti paket Tasting Cacao dengan biaya 50 rb/orang. Paket ini akan mengajak kamu untuk mencoba buah kakao hingga menjadi minuman coklat. Kalau kamu ngajak anak-anak, ada paketnya sendiri kok dengan biaya mulai dari 20 rb tergantung jumlah peserta yaitu paket Creating. Paket ini akan mengajak anak-anak membuat kepingan coklat yang dilengkapi taburan aneka ragam topping diatasnya. Hasil karya coklat ini bisa dibawa pulang.

Menarik Untuk Dibaca :  5 Rekomendasi Wisata Jembatan di Jogja Paling Instagramable dan Kece Parah

Satu hal lagi yang harus kamu tau, kalau minuman coklat di sini itu lebih istimewa seperti Jogja, karena terbuat dari coklat asli bukan dari buah kakao. Ada lagi, kalau mau ikutan paket tasting atau creating, diharapkan untuk reservasi terlebih dahulu ya.

Cokelat Monggo
Cokelat Monggo

Alamat Museum & Factory by Chocolate Monggo :

Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Kamis 09.00 – 17.00 WIB & Jumat hingga Minggu 09.00 – 19.00 WIB

3. Coklat Monnier

Coklat Monnier, coklat 100% dari Jogja. Mengapa? Karena semua bahan baku berasal dari sekitar wilayah Jogja. Ada kakao dari Kulon Progo, kacang metenya dari Wonogiri, dan produksinya langsung di Jogja. Makanan ini memang tak diproduksi secara besar-besaran, tapi malah unik kan untuk dijadikan oleh-oleh. Varian rasanya cukup menarik dengan mayoritas berbahan dasar coklat hitam dengan tambahan aroma lain. Ada aroma biji pala, kopi, hingga kayu manis. Ada juga coklat hitam dengan tambahan kacang kenari, cabai merah, kacan mete, dan manisan jahe. Kalau mau coklat murni juga ada dengan kadar 60% atau 75%. Kalau kamu membelinya langsung di tempat produksi, kamu memiliki peluang untuk bertemu dengan sang pemilik.

Alamat Coklat Monnier :

Jl. Blunyah Rejo No.1076B, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Sabtu 09.00 – 16.00 WIB

Coklat Monnier
Coklat Monnier

4. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro yang legendaris ini berinovasi dengan kemasan modern, yang akan memudahkan para traveler untuk menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh. Gudeg Bu Tjitro ini dikemas layaknya kornet yang memudahkan untuk dipacking dalam koper. Kamu bisa membawa banyak gudeg tanpa perlu takut basi ataupun tumpah. Gudeg dalam kemasan kaleng ini bisa bertahan hingga satu tahun lhoo. Soal rasa, gak usah diragukan deh. Pasti enaknya! Untuk menyantapnya, cukup dipanaskan selama 5 menit. Dan tak usah khawatir soal isiannya. Karena isinya tetap lengkap dengan gudeg, ayam kampung suwir, telur bebek utuh, sambel goreng krecek, hingga kacang tolo. Lalu ada varian gudeg pedas, original, blondo, dan rendang. Tinggal kamu mau pilih yang mana atau semuanya.

Alamat Gudeg Bu Tjitro :

Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 22.00 WIB

Gudeg Bu Tjitro

5. Yangko Pak Prapto

Yangko Pak Prapto ini sudah berdiri sejak tahun 1921. Yangko sendiri adalah kue mochi khas Jogja yang tak pernah lekang oleh waktu. Yangko ini bertekstur kenyal denga isian kacang cincang. Secara keseluruhan, yangko memiliki rasa manis, lembut, dan legit. Di Yangko Pak Prapto ini yangko dijual dengan berbagai variasi rasa, ada kacang, nangka, durian, jeruk, coklat, wijen, dll. Saat ini juga udah tersedia online lho dan pengirimannya bisa sampai ke luar kota.

Alamat Yangko Pak Prapto :

Jl. Pramuka No.82, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 21.00 WIB

Yangko Pak Prapto Jogja
Yangko Pak Prapto Jogja

6. Batik Winotosastro

Sudah berdiri sejak tahun 1940, pecinta batik wajib datang ke toko ini nih! Selain menjual batik, Batik Winotosastro ini juga menyediakan kelas membatik lho. Kamu yang berminat, akan diajari langsung oleh para ahlinya. Menarik sekali kan! Dan bagi kamu yang peduli dan suka dengan pola-pola yang cantik juga batik yang sebenarnya memegang simbol dan filosofi yang mendalam. Maka toko ini juga cocok dan pas banget. Karena Batik Winotosastro bermaksud membuat batik sebagai tradisi Jawa yang mengakar kuat dalam semua proses otentiknya.

Menarik Untuk Dibaca :  Mitos Sekaligus Kegagahan Candi Prambanan dan 9 Tempat Wisata Favorit Sekitar Dekat Candi

Pokoknya di Batik Winotosastro ini kamu bakal seru-seruan. Kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik, karena disini juga ada pabrik pembuatan model baju batik serta aksesoris batik. Walaupun batik printing sudah menjamur dengan warna mencol, namun Batik Winotosastro masih mempertahankan batik tradisional yang menjadi ciri khasnya. Tapi tentunya dengan inovasi berbagai warna terang yang mulai dikembangkan. Soal kualitas, gak ush ditanya lagi! Seru banget kan!

Alamat Batik Winotosastro :

Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Batik Winotosastro
Batik Winotosastro

7. Toko Barang Bareng

Toko Barang Bareng ini diibaratkan surganya produk loka handmade yang unik. Kamu bisa menemukan banyak jenis produk di sini. Desainnya begitu unik dan nyentrik, semakin eksklusif karena diproduksi terbatas. Di sini ada tas, ada anting kayu dari bolobareng kalaniwood. Unik dan limited edition, itulah julukan untuk sang anting karena terbuat dari papan skateboard yang sudah tak digunakan dan hanya ada satu desain untuk satu pasang. Bagian luar dari toko ini memiliki desain yang instagramable, bisa nambah koleksi foto.

Alamat Toko Barang Bareng :

Jl. Suryodiningratan No.53, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa hingga Minggu 11.00 – 21.00 WIB

Toko Barang Bareng
Toko Barang Bareng

8. Dagadu Djogja

Kalau ibaratnya di Bali itu Joger, kalau di Jogja ya Dagadu. Dagadu Djogja ini sudah lama berdiri dan memang fokus pada menyediakan oleh-oleh khas Jogja. Ada buanyak banget barang yang bisa kamu pilih, seperti gantungan kunci, kaos, dan suvenir. Bisa bingung lho mau milih yang mana. Mau oleh-oleh yang terasa eksklusif, bisa pilih kaos yang bertuliskan kutipan atau kata-kata lucu. Siap-siap deh buat cuci mata di sini!

Alamat Dagadu YOGYA Asli 2 :

Jl.Pekapalan Kraton, Jl. Alun-Alun Utara No.7, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 21.30 WIB

Dagadu Djogja Yogyakarta
Dagadu Djogja Yogyakarta

Alamat Yogyatourium Dagadu Djokdja :

Jl. Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

Jam Buka :

Senin hingga Kamis 10.30 – 19.30 WIB & Jumat hingga Minggu 09.00 – 21.00 WIB

Alamat Dagadu Djogja :

Jl. Alun-Alun Utara No.1, Prawirodirjan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

9. Suvenir Perak Kotagede

Buat yang suka sama perhiasan, kamu harus dateng ke Kotagede. Karena di Kotagede ini ada perajin perak. Kamu akan disuguhi berbagai macam jenis ukiran perak yang diwujudkan pada perhiasan atau hiasan lainnya. Bahkan, kalau kamu mau desain perhiasan yang istimewa, seperti cincin, kalung, atau anting-anting juga bisa. Kamu juga bisa lho kalau mau beli miniatur patung yang terbuat dari perak. Soal harga ya tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan dan ukurannya. Tapi, dengan budget yang kamu keluar kan, kamu udah bisa membeli kerajinan yang hasilnya sudah diekspor ke luar negeri. Menarik kan!!

Suvenir Perak Kotagede Jogja
Suvenir Perak Kotagede Jogja

Itulah 9 rekomendasi toko oleh-oleh Unik khas Jogja. Kalau mau ngasih untuk orang-orang tersayang yang menanti kepulanganmu, pasti berikan sesuatu yang terbaik dong. Salah satunya dengan membeli oleh-oleh di tempat-tempat diatas.

You may also like

Hot News