Banyak Transportasi Menuju Jogja

10 Rekomendasi Wisata Jogja yang Bisa Dilewati Angkutan Umum Bus Trans Jogja

By

10 Rekomendasi Wisata Jogja yang Bisa Dilewati Angkutan Umum Bus Trans Jogja

Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan ketika berada di Jogja, salah satunya adalah ngetrip dengan Trans Jogja. Hanya dengan Rp 3.600 sekali jalan, kamu sudah bisa datang ke tempat menarik yang ada di Jogja dan juga menjadikanmu wisatawan ramah lingkungan. Busnya ber AC lagi jadi gak gerah walau sempit-sempitan. Lalu tempat wisata mana sajakah yang bisa dikunjungi dan tak jauh dari halte Trans Jogja?

Berikut 10 Rekomendasi Wisata Jogja yang Bisa Dilewati Angkutan Umum Bus Trans Jogja :

  1. Kebun Binatang Gembira Loka
  2. Pura Pakualaman
  3. Candi Prambanan
  4. Museum Affandi
  5. Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi
  6. Tugu Pal Putih
  7. Kawasan Malioboro
  8. Benteng Vredeburg
  9. Taman Pintar
  10. Keraton Yogyakarta

Cukup berjalan beberapa meter dari halte Trans Jogja, kamu sudah bisa menuju beberapa tempat wisata rekomendasi Jogjaasik.com. ini!

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka menjadi salah satu tujaun wisata utama di Jogja. Ada banyak koleksi fauna dari berbagai daerah yang bisa kamu temukan di sini. Jika pergi liburan ke tempat satu ini, kamu dan keluarga akan bertemu dengan berbagai satwa. Selain memperkenalkan dunia binatang kepada anak-anak, juga bisa menikmati nuansa teduh dan udara segar. Puluhan jenis hewan bisa dilihat disini. Ada yang didalam sangkar, yang bebas berkeliaran, ada juga yang dengan pengawasan khusus. Selain itu, Gembira Loka ini juga memiliki koleksi flora yang beragam dan kebun botani yang menyenangkan.

Alamat Kebun Binatang Gembira Loka :

Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 07.30 – 17.30 WIB

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka

2. Pura Pakualaman

Pura Pakualaman ini merupakan istana tempat tinggalnya Sri Pakualam, sebuah gelar yang diberikan kepada wakil gubernur Jogja. Akan tetapi, tempat ini dijadikan museum koleksi peninggalanm Kadipaten Pakualam. Kamu bisa turun di Halte Pakualaman jika ingin ke sini.

Alamat Pura Pakualaman :

Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin Sampai Jumat 09.30 – 14.30 WIB & Sabtu 09.30 – 12.30 WIB

Pura Pakualaman
Pura Pakualaman

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi tercantik se-Asia Tenggara. Candi Prambanan ini merupakan candi dengan bangunan terbesar di Indonesia dan candi peninggalan Hindu. Tau kan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Pasti sudah tak asing dengan legenda kisah asmara yang kandas tersebut. Dari legenda tersebut, maka munculah mitos bahwa pasangan kekasih yang masuk dalam Candi Prambanan, beberapa hari kemudian akan putus. Tapi, itu semua kembali ke percayaan masing-masing.

Alamat Candi Prambanan :

Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Mitos Sekaligus Kegagahan Candi Prambanan dan 9 Tempat Wisata Favorit Sekitar Dekat Candi
Candi Prambanan

4. Museum Affandi

Bisa ditebak dari namanya kalau museum ini ada hubungannya dengan Affandi. Ya.. museum ini berisi karya seni dari seniman kenamaan Affandi. Arsitektur dari museum ini yang unik menambah keindahan bangunan ini. Cocok juga buat foto-foto. Kamu bisa menemukan keindahan hampir di setiap sudut ruangan. Mulai dari mobil tua yang menawan, tangga yang unik, hingga tempat tidur dengan nuasanya yang vintage.

Alamat Museum Affandi :

Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Museum Affandi
Museum Affandi

5. Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi

Biasa disebut Monjali, musuem ini merupakan simbol kembalinya pemerintah RI setelah kekalahan Belanda. Museum ini bisa dijadikan wisata edukasi yang menyenangkan. Pas banget datengnya ngajak anak-anak. Didalam museum ada replika pesawat Cuneng pemberian TNI-AU, ukiran nama-nama pahlawan, dan masih banyak lagi. Menariknya di luar Museum MOnjali ini ada Taman Lampion. Seru banget deh! Ya.. untuk Taman Lampion bukanya sejak sore hari tak seperti Musuem Monumen Jogja Kembali yang buka sejak pagi. Taman Lampion atau Taman Pelangi ini merupakan tempat yang penuh dengan warna-warni kelap-kelip cahaya dari lampion. Suasana romantis pun akan kamu dapatkan di tempat ini.

Museum Monumen Jogja Kembali
Museum Monumen Jogja Kembali

Alamat Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi :

Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka Monumen Jogja Kembali :

Selasa – Jum’at 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu & Minggu 08.00 – 16.30 WIB

Jam Buka Taman Pelangi :

Senin Sampai Kamis 16.30 – 22.00 WIB & Jumat Sampai Minggu 17.00 – 23.00 WIB

Taman Pelangi Jogja
Taman Pelangi Jogja

6. Tugu Pal Putih

Sebagai maskotnya Jogja atau landmarknya Jogja atau iconnya Jogja, Tugu Jogja saat malam hari menjadi favorit para muda-mudi untuk nongkrong menikmati malam Jogja. Tempatnya memang gitu-gitu aja, tetapi gak ngebosenin dan selalu ramai didatangi orang-orang. Lalu lalang kendaraan yang ada juga semakin menghidupkan Jogja di malam hari.

Alamat Tugu Pal Putih :

Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Tugu Jogja
Tugu Jogja

7. Kawasan Malioboro

Siapa yang tak mengenal kawasan yang satu ini. Bukan warga Jogja pun pasti juga tahu apa itu Malioboro. Kayak maskotnya Jogja gitu. Tiba di Stasiun Tugu berjalan ke arah timur, kamu sudah sampai di Jalan Malioboro. Lanjutkan dengan menyusuri jalan yang di kanan kirinya dipenuhi toko-toko hingga tenda-tenda yang menjajakan aneka barang hingga makanan untuk dijual. Tak hanya pedagang kaki lima, disini juga ada mall dan hotel yang menghiasi. Kamu bisa berbelanja semua yang berhubungan dengan Jogja disini. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Jogja disini. Ada juga pernak-pernik unik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

9 Tips Belanja di Malioboro Jogja, Irit Tak Bikin Kantong Sakit
Malioboro, Jogja

8. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg ini dibangun oleh kolonial Belanda sejak tahun 1760. Sebelum Indonesia merdeka, bangunan ini sudah ada. Walaupun udah berumur beratus tahun, namun bangunan degan gaya kolonial ini masih terjaga hingga saat ini. Di dalam Benteng Vredeburg ini ada peninggalan dari masa lalu seperti penjara, meriam dan sebagainya. Sebagian besar bangunan benteng diisi dengan diorama perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di daerah Jogja. Di ujung selatan benteng ini juga ada sebuah kafe.

Alamat Benteng Vredeburg :

Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa – Minggu 07.30 – 16.00 WIB

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

9. Taman Pintar

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi oleh keluarga muda. Bersama anak-anak kamu bisa belajar dan juga bermain. Berada di pusat kota, Taman Pintar ini menyediakan berbagai macam alat peraga, wahana, dan diorama tentan beberapa cabang ilmu pengetahuan dari seluruh dunia. Di Taman Pintar ini dijamin seruuu banget. Anak-anak pasti suka, tak hanya anak-anak orang dewasa juga suka. Tempatnya juga nyaman. Disini kamu akan bisa mencoba di parabola berbisik, simulator gempa, generatir Van de Graaf, dan masih banyak lagi. Anak-anak pun bisa dibangkitkan minat dalam hal sains dan teknologi.

Alamat Taman Pintar :

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 16.15 WIB

Taman Pintar
Taman Pintar

10. Keraton Yogyakarta

600 meter dari Museum Sonobudoyo, kamu akan menemukan tempat tinggal raja, yaitu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lebih tepatnya berada di selatan Alun-alun Utara. Bahkan ketika kamu akan menuju Musuem Sonobudoyo, Keraton ini sudah tampak dari kejauhan. Kamu bisa kesini dengan menyusuri Alun-alun Utara. Di Keraton ini kamu bisa melihat bagaimana budaya Jawa masih lestari hingga sekarang secara langsung. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni yang ada setiap hari, seperti pertunjukan tari, musik gamelan hingga wayang. Di sini kamu juga berwisata edukasi di Museum Kereta Keraton yang berada di kompleks yang sama. Untuk masuk ke Keraton jangan lupa untuk membeli tiket. Ada dua loket untuk membeli tiket ada di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara) dan Tepas Pariwisata (Regol Keben).

Alamat Keraton Yogyakarta :

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Ada hal yang perlu kamu ingat, kalau Trans Jogja ini beroperasi mulai dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Jadi, jangan sampai kelewat batasnya ya.. Bisa-bisa kamu tertinggal bus terakhir. Selamat ngetrip seru bersama angkutan umum Trans Jogja!

You may also like

Hot News