Bukit Klangon

7 Rekomendasi Wisata di Jogja dengan Pemandangannya Seperti Lukisan Alam dan Membuat Keren Feed Instagram

By

7 Rekomendasi Wisata di Jogja dengan Pemandangannya Seperti Lukisan Alam dan Membuat Keren Feed Instagram

Ngomongin Jogja gak akan ada habisnya, karena kota istimewa ini selalu punya cerita. Apalagi tentang tempat wisatanya, selalu dan selalu ada yang baru dan membuat rindu serta candu. Gak heran dong, kalau banyak banget traveler yang menjadikan Jogja sebagai tujuan liburannya. Wisata Jogja itu bisa dibilang lengkap, karena Jogja punya wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, yang dari kesemuanya pasti seru untuk disambangi. Kali ini Jogjaasik.com akan berbagi rekomendasi wisata di Jogja yang pemandangannya itu seperti lukisan alam.. Wooww!! Dan katanya cocok banget buat tempat pelarian dari segala hal dan problema kehidupan.

Berikut 7 Rekomendasi Wisata di Jogja dengan Pemandangannya Seperti Lukisan Alam dan Membuat Keren Feed Instagram :

  1. Candi Ratu Boko
  2. Kompleks Makam Kotagede
  3. Landasan Pacu Depok
  4. Jalan Kelok Indah Imogiri
  5. Bukit Klangon
  6. Punthuk Setumbu
  7. Pule Payung

Dengan pemandangannya yang menakjubkan dan membuat kagum, tempat-tempat ini juga cocok banget buat feed ig biar keliatan makin keren, kekinian, dan hits tentunya. Kalau gitu langsung saja, simak ulasan di bawah ini!

1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko memiliki ciri khas tersendiri. Dari bentuk candinya, tamannya, platarannya, dan ada areal khusus yang berbentuk seperti kolam-kolam pemandian. Di sini, juga ada bangunan tembok besar seperti benteng. Tapi, mungkin sebenarnya bangunan ruangan khusus yang didesain sedemikian rupa dengan arsitektur khasnya. Candi Ratu Boko ini juga terkenal sebagai tempat menikmati sunset yang membuat para pengunjung terpukau.

Alamat Candi Ratu Boko :

Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 06.00 – 17.00 WIB

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

2. Kompleks Makam Kotagede

Makan panembahan senopati Kota Gede ini sempat dijadikan lokasi syuting film AADC 2, dan tempat inilah yang membuat Jogja tampak berbeda. Ketika menyusuri Kotagede seperti masuk ke mesin waktu di masa lalu, sebab pasar tradisional di Kotagede ini sudah ada sejak zaman Panembahan Senopati. Dan menariknya masih aktif hingga kini.

Berjalan ke selatan Anda akan menemukan kompleks Masjid Agung Kotagede yang seperti di lingkungan Keraton, lengkap dengan pagar batu berelief mengelilingi masjid. Di Kotagede juga terdapat makam para raja Mataram antara lain makam Panembahan Senopati (pendiri Mataram). Namun kemudian makam para raja Mataram dipindahkan ke daerah Imogiri oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo (Raja Mataram yang menyerang Batavia). Saat keluar dari kompleks makam para raja, kamu akan disambut oleh reruntuhan Benteng Cepuri (dalam) yang asli dan masih bisa dilihat di pojok barat daya dan tenggara.

Alamat Kompleks Makam Kotagede :

Sayangan, Jagalan, Kec. Kotagede, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Kompleks Makam Kotagede
Kompleks Makam Kotagede (Masjid Kotagede)

3. Landasan Pacu Depok

Landasan Pacu Depok, sepertinya tempat ini sudah cukup terkenal, apalagi dikalangan para wisatawan. Membentang sepanjang kurang lebih 500 meter dengan panorama alam yang spektakuler, membuat landasan pacu pesawat ini menjadi tempat yang instagramable dan banyak dicari untuk hunting foto. Biasanya orang-orang mendatangi tempat ini untuk dijadikan tempat nongkrong sambil menghirup aroma pantai selatan. Bahkan ada juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding.

Jika dilihat sekilas memang tak ada spesial, karena hanya berupa jalanan lurus dengan garis marka di setiap sisinya. Tapi sepertinya jalanan yang lurus inilah yang membuat istimewa. Semakin terkesan berbeda dengan adanya pohon cemara udan dan belukar khas pantai di sekelilingnya.

Alamat Landasan Pacu Depok :

Jl. Pantai Depok, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Landasan Pacu Depok
Landasan Pacu Depok

4. Jalan Kelok Indah Imogiri

Jika Landasan Pacu Depok berupa jalanan lurus yang keren, maka di daerah Imogiri ada jalanan kelok yang juga tak kalah kerennya. Jalanan yang terawat dan bersih ini serta adanya pepohonan rimbun di sekitarnya ini mampu menyejukkan mata. Ketika kamu lewat sini, berhentilah sebentar dan abadikan momenmu dengan berbagai pose yang keren, karena jalan ini tak terlihat seperti di Jogja dan tentunya instagramable banget. Lokasinya berada di Dlingo, Bantul.

Jalan Kelok Indah Imogiri
Jalan Kelok Indah Imogiri

5. Bukit Klangon

Di sekitar Gunung Merapi, ada beberapa spot yang dijadikan sebagai destinasi wisata yang kekinian, salah satunya Bukit Klangon. Bukit Klangon ini sebenarnya merupakan gardu pandang Merapi. Dari bukit ini kamu bisa melihat merapi dengan gagahnya, karena jaraknya hanya 4 km. Tiba di bukit ini kamu akan disapa oleh suasana yang sejuk khas pegunungan lengkap dengan semilir angin yang menyegarkan. Bisa dibilang pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Sembari menikmati kehangatan mentari dan juga menambah vitamin. Tak jarang kamu pun juga akan mendengar cuitan para burung yang melintas. Pas banget dijadikan tempat pelarian dari padatnya kota dan berbagai tekanan.

Diantara kamu mungkin penyuka downhill, tempat ini juga menyediakan jalur yang memacu adrenalin dengan panjang trek sekitar 20 km ditambah dengan tingkat elevasi start dan finish kurang lebih 300 km. Pesepeda bisa menempuh waktu sekitar 1.5 jam dengan trek sepanjang ini.

Menariknya, hanya dengan biaya parkir 2000-5000 rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan swafoto yang bagus di sini.

Alamat Bukit Klangon :

Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Bukit Klangon
Bukit Klangon

6. Punthuk Setumbu

Berjarak 5 Km dari Candi Borobudur, Punthuk Setumbu ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Karena suguhan alamnya yang luar biasa, maka banyak wisatawan yang datang ke tempat ini baik lokal maupun manca. Kamu akan terkagum dengan sunrise yang cantik dan spot lanscape yang sempurna dari puncak bukit.

Alamat Punthuk Setumbu :

Jl.Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jam Buka :

24 Jam

Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu

7. Pule Payung

Beralih ke area Kulonprogo. Di sini ada wisata alam yaitu Pule Payung. Berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Dengan itu, para pengunjung bisa menikmati panorama alam yang indah dengan pepohonan hijau. Menariknya Pule Payung ini, memadukan panorama alam yang indah dengan spot foto yang kekinian. Pule Payung pun menjadi pilihan yang tepat untuk tujuan liburanmu.

Ada 3 spot foto yang ada di Pule Payung, berikut ulasannya :

  • Spot Angkasa

Spot Angkasa dengan luas 8×21 meter, merupakan salah satu spot terluas di Pule Payung. Spot Angkasa ini dilengkapi dengan meja kursi, sehingga pengunjung yang berpose di sini, seolah-olah sedang menikmati secangkir teh hangat dengan pemandangan alam yang memukau di bawahnya.

Pule Payung Spot Angkasa
Pule Payung Spot Angkasa
  • Spot Jembatan Surga

Jembatan ini mampu menampung hingga 50 orang. Dinamakan jembatan surga, sebab memiliki pemandangan yang indah dengan lukisan alam berupa Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh saat naik ke jembatan. Ada juga properti sepeda motor sebagai pelengkap dalam berfoto.

Spot Jembatan Surga
Spot Jembatan Surga
  • Spot Sepeda Langit

Mau naik sepeda langit? Pergi saja ke Pule Payung di Kulonprogo. Dengan spot ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk naik dan mengayuh sepeda di ketinggian. Saat berada di ketinggian, tak usah khawatir soal keselamatan, karena kamu dibekali dengan alat pengaman saat mengayuh. Ketika berada di sepeda ini, kamu juga bisa mendapatkan foto terbaikmu dengan latar belakang Waduk Sermo.

Biaya masuk Pule Payung sebesar 5000 rupiah sedangkan jika ingin berfoto di setiap spot, biayanya mencapai 10000- 15000 rupiah.

Spot Sepeda Langit
Spot Sepeda Langit

Alamat Pule Payung :

Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Keren banget kannn!! Semuanyaaa..!!! Harus masuk dalam list liburan ini kalau kamu ke Jogja atau untuk warga Jogja. Yang pasti tempatnya gak ngebosenin.

You may also like

Hot News