Rekomendasi Oleh-Oleh Jogja Selain Makanan

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Jogja Selain Makanan, Harus Banget Dibawa Pulang!

By

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Jogja Selain Makanan, Harus Banget Dibawa Pulang!

Jogja itu emang punya sejuta keindahan akan budaya, seni, dan alam. Gak heran, kalau banyak yang ingin banget buat liburan ke Jogja. Pas liburan ke Jogja, selain kamu harus tau dimana aja tempat wisatanya yang keren (semua tempat wisata Jogja keren semua kok), kamu juga harus tau oleh-oleh apa aja yang harus dibeli.

Oleh-oleh itu salah satu tanda sayang tauu.. Gak malukah kalau abis pulang liburan terus gak bawa oleh-oleh buat kerabat, teman-teman, dan tetangga. Makanya, kali ini Jogjaasik.com akan berbagi rekomendasi oleh-oleh di Jogja. Tapi, kali ini lebih ke barang gaess, kalau makanan kan udah mainstream gitu. Terus, oleh-oleh berupa barang tuh apaan aja yak??

Rekomendasi Oleh-Oleh Jogja Selain Makanan

Berikut 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Jogja Selain Makanan, Harus Banget Dibawa Pulang :

  1. Baju Batik Daster Bringharjo
  2. Kaos Jogja (Dagadu, Bijak Jawa)
  3. Tas Dowa
  4. Kerajinan Kulit (Tas, Dompet, sandal) Manding
  5. Pernak Pernik Malioboro
  6. Perak Kotagede
  7. Home Decor Kasongan

Selanjutnya yuk kita bahas satu-persatu ya gaess.. Tetep stay di artikel ini!!

1. Baju Batik Daster Bringharjo

Jogja itu udah kental banget ama batik. Dan yang antimainstream, beliin orang terdekat baju batik daster di Pasar Beringharjo. Daster tuh kan nyaman banget buat dipake sehari-hari pas di rumah. Emak-emak lovers ini mah.. Pasti mereka akan seneng banget dan bakalan inget kamu pas make dasternya. Dan enaknya kalau kamu beli di Pasar Beringharjo kamu bisa menawar gaess.. Jadi, bisa dapet harga yang lebih murah dongg.. Lokasi Pasar Beringharjo ini masih satu kawasan sama Malioboro.

Baju Batik Daster Bringharjo
Baju Batik Daster Bringharjo

2. Kaos Jogja (Dagadu, Bijak Jawa)

Kalau Bali punya Joger, Jogja punya Dagadu. Kalau aku punya kamu.. hehe.. Kaos gaul khas Jogja ini emang legend banget deh.. Beli kaos dagadu pas ke Jogja tuh udah kayak hal yang harus dilakukan. Kaos dagadu ini terkenal dengan tulisan-tulisan yang lucu, unik, dan kadang juga penuh sarkasme. Produk Dagadu resmi punya 3 gerai di Gedongkuning, Lower Ground Malioboro Mall, dan di dekat Alun-Alun Utara.

Menarik Untuk Dibaca :  10 Rekomendasi Wisata Bunga Di Jogja, Bikin Harimu Makin Berwarna

Selain itu gaess, kamu juga bisa nih, beliin kaos bijak jawa. Jadi, kaosnya itu ada tulisan kata-kata bijak dalam bahasa jawa. Orang yang kamu kasih kaos bijak jawa ini, selain bisa selalu inget kamu juga bisa mengingatkan diri dalam hal baik, kan ada kata-katanya yang bijak.

Kaos Jogja (Dagadu, Bijak Jawa)
Kaos Jogja (Dagadu, Bijak Jawa)

3. Tas Dowa

Tas Dowa ini adalah tas branded wanita dari Jogja. Mungkin kedengarannya emang agak asing ya, tapi tas dowa ini udah sampai ke mancanegara lohh.. Pemilik merk tas ini adalah seorang wanita Indonesia, Delia Murwihartini yang telah membuat bangga dan harum nama negara kita. Tas tas wanita dowa ini hampir semuanya terbuat dari rajutan dan ini dibuatnya dengan tangan alias hand made bag.

Sebagai warga negara Indonesia yang mencintai produk dalam negeri, harus banget dong beli tas dowa ini. Buat diri sendiri dan makin bagus lagi kalau buat oleh-oleh. Yang kamu kasih tas dowa ini pasti bakalan seneng banget. Salah satu showroom tas wanita ini terdapat di Jl. Godean no. 7 Yogyakarta.

Tas Dowa Jogja
Tas Dowa Jogja

4. Kerajinan Kulit (Tas, Dompet, sandal) Manding

Selain beli oleh-oleh kamu juga bisa berwisata di sini gaess.. Tempatnya di desa wisata Manding Bantul. Jadi tempat ini merupakan desa wsiata sentral kerajinan kulit. Bandung ada Cibaduyut, Jogja ada Manding. Banyak nih, para wisatawan yang ke desa ini untuk berburu aksesoris berbahan kulit seperti tas, dompet, pigura, gantungan kunci, sabuk, sampai jaket kulit. Harganya murah loh dan bisa ditawar. Cocok banget dong buat oleh-oleh.

Desa Wisata Manding sangat mudah diakses karena lokasinya yang berada di jalan utama Jogja-Parangtritis km 11, tepatnya berada di Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul.

Menarik Untuk Dibaca :  5 Rekomendasi Dokter dan Klinik Promil Yang Bagus di Jogja, Menanti Kehadiran Sang Buah Hati
Kerajinan Kulit (Tas, Dompet, sandal) Manding
Kerajinan Kulit (Tas, Dompet, sandal) Manding

5. Pernak Pernik Malioboro

Di sepanjang jalan Malioboro, kamu bakalan menjumpai ratusan pelapak yang berjejer menjajakan aneka pernak-pernik alias souvenir khas Jogja. Kamu bisa membeli beraneka ragam pernak-pernik dengan harga yang murah, kalau pinter nawar bisa murah lagi. Ada aos-kaos, tas, gantungan kunci, aksesoris, dan lain sebagainya.

Pernak Pernik Malioboro
Pernak Pernik Malioboro

6. Perak Kotagede

Buat yang suka sama perhiasan, kamu harus dateng ke Kotagede. Karena di Kotagede ini ada perajin perak. Kamu akan disuguhi berbagai macam jenis ukiran perak yang diwujudkan pada perhiasan atau hiasan lainnya. Bahkan, kalau kamu mau desain perhiasan yang istimewa, seperti cincin, kalung, atau anting-anting juga bisa. Kamu juga bisa lho kalau mau beli miniatur patung yang terbuat dari perak. Soal harga ya tergantung dari tingkat kesulitan pembuatan dan ukurannya. Tapi, dengan budget yang kamu keluar kan, kamu udah bisa membeli kerajinan yang hasilnya sudah diekspor ke luar negeri. Menarik kan!!

Suvenir Perak Kotagede Jogja
Suvenir Perak Kotagede Jogja

7. Home Decor Kasongan

Yang suka mendekorasi rumah, bisa beli nih beberapa produk saat ke Jogja. Pergi saja ke toko Naturalan, di sini kamu akan menemukan banyak kerajinan tangan yang terbuat dari bahan alam yang pastinya ramah lingkungan. Lokasinya di Desa Kasongan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul 55181 (Sebelah Cakradent), makanya ada yang menyebut home decor Kasongan juga.

Mau tau tentang kualitasnya, tak perlu diragukan lagi sebab produk ini juga sudah go internasional alias merambah dunia ekspor. Di sini, kamu bisa menemukan kursi, bantal kursi, hingga keranjang. Menariknya, setiap hari selalu ada update desain terbaru. Keren banget kannn!! Kamu juga bisa mengabadikan momenmu bersama barang-barang yang terlihat instagenic ini.

Naturalan
Naturalan

Itu gaess, rekomendasi oleh-oleh Jogja yang bisa kamu beli pas ke Jogja. Karena bukan makanan, pasti ini lebih awet dan tahan lama. Jadi, kamu mau beli yang mana nih, atau mau beli semuanya??

You may also like

Hot News