Wisata Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul Jogja

Pesona Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul Jogja, Wisata Unik di Jogja Layaknya Antelope Canyon Amerika

By

Pesona Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul Jogja, Wisata Unik di Jogja Layaknya Antelope Canyon Amerika

Tau kan Antelope Canyon di Arizona, Amerika Serikat? Indonesia juga punya lho wisata yang mirip Antelope Canyon, tepatnya berada di Gunungkidul alias Jogja lantai dua. Nama wisatanya adalah Air terjun Luweng Sampang. Yang menarik dari wisata air ini adalah aliran air terjunnya yang diapit oleh bebatuan yang indahnya luar biasa banget. Gimana gak dibilang indah, bebatuan ini memiliki tekstur bergaris-garis karena tergerus erosi air sungai. Nah, relief alami bebatuan itulah yang membuat air terjun ini sepintas seperti Antelope Canyon.

Air terjun cantik ini gak begitu dalem, hanya 5 meter saja.. Cocok banget buat renang. Cocok juga buat wisata bareng anak-anak. Lagi pula air terjun ini akan semakin terlihat keindahannya ketika kamu menuruni bagian bawah sehingga keelokan bebatuan di kanan kirinya akan semakin terlihat.

Wisata Air Terjun Luweng Sampang Gunung Kidul Jogja

Asal Usul Nama “Luweng Sampang”

Ternyata nama luweng sampang untuk air terjun ini gak sembarangan lhoo.. Pasalnya nama ini ada asal usulnya dan juga memiliki arti tersendiri. Penamaan air terjun ini dari dua kata yaitu “luweng” yang berarti lubang, karena aliran airnya membentuk lobang dan “sampang” merujuk pada lokasi air terjun tersebut.

Menarik Untuk Dibaca :  8 Rekomendasi Toko Batik di Jogja Terbaik Dan Melegenda Dijamin Gak Bikin Nyesel

Keindahan Air Terjun Luweng Sampang Berganti Sesuai Musim

Ada yang unik lagi dari Air Terjun Luweng Sampang, yaitu keindahannya yang sesuai dengan musim. Pasalnya warna air terjun ini akan berubah sesuai musim. Di musim hujan, debit air akan sangat besar sehingga air terjun akan semakin terlihat dan warna coklat akan ikut menghiasi air terjun ini. Sementara di musim kemarau, debit air akan sedikit lebih kecil dan air akan berubah menjadi warna tosca yang memikat ditambah dengan pemandangan bebatuan yang mempesona.

Air Terjun Luweng Sampang Menjadi Bekas Tempat Bertapa Sunan Kalijaga

Di balik derasnya aliran air terjun, terdapat sebuah terowongan kecil yang menurut penduduk setempat dulunya pernah digunakan sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijaga. Sampai sekarang pun, tempat lokasi bekas pertapaan masih disinggahi oleh orang yang ingin bertapa. Biasanya pada waktu malam Selasa Kliwon atau Jumat kliwon serta hari-hari khusus lainnya.

Menariknya, tempat pertapaan itu juga dihiasi beberapa pancuran alami kecil yang begitu memesona. Pancuran itu sering digunakan untuk mandi atau bermain air oleh pengunjung yang datang ke sini.

obyek wisata luweng sampang gunung kidul jogja

Spot Instagramable di Curug Luweng Sampang Jogja

Yang suka hunting foto atau yang suka selfie, harus banget dateng ke Air Terjun Luweng Sampang ini. Sebab, hasil foto disini bakalan instagenic banget. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di sini, terutama saat melompati tebing menuju ke tengah kolam. Fotonya bakalan keren abiss.. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika air terjun ini berwarna tosca.

Lokasi dan Rute Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang berada di Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Gedang Sari bisa dikatakan lokasi paling tinggi di perbukitan area Gunung Kidul.

Menarik Untuk Dibaca :  Kebun Binatang (Bonbin) Gembira Loka Jogja, Tak Sekadar Tempat Liburan Semata

Namun untuk menuju lokasi kondisi rute cukup aman dan memadai. Sedangkan jaraknya dari pusat Kota Jogja adalah 29 km. Jarak ini sangat jauh apabila ditempuh menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Waktu tempuhnya bisa sampai 1 jam lebih.

Untuk rute perjalanan dari pusat Kota Jogja ke arah timur yaitu menuju jalan Wonosari. Memasuki jalan Wonosari terus ke timur melewati Piyungan ke arah Ngoro-oro. Karena searah dengan rute menuju Pantai Baron, lokasi ini mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Untuk menikmati wisata Air Terjun Luweng Sampang, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk saat ini. Hanya saja dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Udara sejuk dan gemericik air akan menyambut kedatangan kamu di sini. Suasana alam yang masih asri dan air terjun yang indah sayang untuk dilewatkan. Jadi, kapan mau ke sini? Jangan sendirian, ajak siapa aja biar keliatan gak jomblo, gak deng.. Biar ada yang motoin.. 🙂

You may also like

Hot News