Kereta Gantung Pantai Timang

6 Rekomendasi Wisata Ekstrem di Jogja, Buktikan Kalau Kamu Memang Petualang Sejati!

By

6 Rekomendasi Wisata Ekstrem di Jogja, Buktikan Kalau Kamu Memang Petualang Sejati!

Udah ada agenda buat liburan yang menantang belum? Gimana kalau ke Jogja aja?? Jogja juga punya lho tempat yang buat seru-seruan.. Ada destinasi wisata ekstrem di Jogja yang pas banget buat para petualang sejati. Tempat-tempat ini bisa untuk menguji adrenalin lhoo.. Keren banget deh!! Makanya kali ini Jogjaasik.com akan membahas wisat ekstrem di Jogja.

Dan berikut 6 Rekomendasi Wisata Ekstrem di Jogja, Buktikan Kalau Kamu Memang Petualang Sejati :

  1. Goa Jomblang
  2. Goa pindul
  3. Pantai Timang
  4. Lava Tour Merapi
  5. Goa Kalisuci
  6. Gunung Api Purba Nglanggeran

Sebelum goes to ke tempat-tempat ini tentu ada banyak hal yang harus disiapkan yang paling utama adalah kesiapan pada diri. Dan sebelum itu, simak dulu ulasan di bawah ini!

1. Menyusuri Kedalaman Goa Jomblang

Berlokasi di Gunungkidul, keindahan wisata alam Jogja ini wajib diapresiasi.. Keberadaan hutan purbanya yang ada di dalam Goa menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa dan sesungguhnya, kamu bisa datang pada pukul 10.00 – 12.00. Karena kamu akan melihat sinar matahari yang menerobos masuk goa, yang dikenal dengan istilah cahaya surga. Dengan Rp 450.000,- kamu bisa menikmati keindahan alam ini. Seru banget deh!

Alamat Goa Jomblang :

Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 14.00 WIB

Goa Jomblang
Goa Jomblang

2. Goa pindul

Masih di Gunungkidul, destinasi wisata adventure ini berupa susur goa bawah tanah dengan aliran sungai yang ada di sepanjang lorong Goa tersebut. Ketika akan memulai menyusuri, wisatawan akan dibekali peralatan keamanan seperti jaket pelampung dan ban yang sudah diberi pengait silang. Pengait silang ini memiliki fungsi sebagai tempat duduk di atas air ketka menyusuri air sungai. Goa pindul ini sendiri memiliki kedalaman sekitar 1-12 m dan panjang kurang lebih 350 m. Ketika melakukan susur goa ini, tentu wisatawan ditemani oleh tour guide yang sudah terlatih. Ketika menyusuri goa, wisatawan pun bisa melihat keindahan stalaktit. Aliran airnya tidak berarus deras meskipun saat musim hujan, sehingga tak hanya orang dewasa anak-anak pun bisa ikut menyusuri Goa Pindul ini.

Alamat Goa pindul :

Gelaran 2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 06.30 – 16.30 WIB

Goa-Pindul
Goa Pindul

3. Pantai Timang

Pantai Timang memiliki daya pikat yang terletak pada bukit karang di sebrang pantainya. Untuk mencapai ke bukit karang ini, hanya bisa dengan jembatan gantung atau kereta gantung/gondola. Bisa dibilang aksi menyebrang bukit karang ini adalah aksi extreme. Karena ombak laut selatan yang ada di pantai Timang ini sangat ganas. Pokoknya ngeri ngeri sedep gitu.. menguji adrenalin banget! perjalanan menuju pantai Timang ini terbilang rumit. Karena medan yang harus di lalui masih berbatu dan lumayan jauh. Biasanya masyarakat seitar menyediakan ojek motor untuk ke lokasi. Tapi dari situ jugalah kesan adventurenya juga bisa didapat. Selain itu, Pantai Timang ini pernah jadi lokasi syuting Running Man lho!!

Alamat Pantai Timang :

Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Kereta Gantung Pantai Timang
Kereta Gantung Pantai Timang

4. Lava Tour Merapi

Kalau wisata yang satu ini bakalan menguji adrenalin kamu. Gimana gak menantang karena kamu akan menjelajahi aliran lava Merapi dengan menggunakan jeep.. Wuooohh menantang banget kann! Dengan jeep ini, kamu akan dibawa keliling melewati rute dengan pemandangan indah dan juga akan dibawa ke beberapa spot wisata seperti Bunker Kali Adem, Rumah Mbah Maridjan di Dusun Kinahrejo, dan banyak lagi. Naik jeepnya jangan sendirian biar makin seru, jadi pas ada track sulit biar teriaknya bareng-bareng.

Harga Tiket :

350,000 IDR / jeep untuk rute pendek, 450,000 IDR / jeep untuk rute menengah, dan 650,000 IDR untuk rute panjang.

Lava Tour Merapi
Lava Tour Merapi

5. Goa Kalisuci

Wisata alam ini juga berada di Jogja lantai dua, maksudnya di Gunung Kidul. Wisata ini agak anti mainstream, karena kamu akan diajak merasakan sensasi serunya menyusuri keindahan tebing karst. Dengan biaya retribusi Rp 5.000,- dan Rp 70.000,- untuk paket Cave Tubing, petualanganmu akan dimulai saat melewati Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Di alam yang indah ini, kamu akan menemukan stalagtit yang nampaknya seperti kristal. Waoow banget kan..! Aliran air di sini juga tenang tapi ada juga yang beraliran deras. Wisatawan akan diajak caving tubing menggunakan teknik SRT (Single Rope Technique) sesuai dengan standard prosedur dan keamanan.

Alamat Goa Kalisuci :

Jetis, Jonge, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 04.00 WIB

Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci

6. Gunung Api Purba Nglanggeran

Anak Pecinta Alam dan Anak Gunung, pasti cocok dengan tempat yang satu ini. Karena disini membutuhkan tenaga yang lebih untuk mencapai tempat ini. Karena kamu bakalan mendaki dengan waktu sekitar 1-1,5 jam. Tapi mendaki ini akan menyenangkan karena hijaunya persawahan warga dan bongkahan batu-batu raksasa akan menemani pendakianmu. Saat tiba di puncak, kamu semakin terpukau dengan Embung Buah Nglanggeran dan bukit batu “puncak lima jari”. Sunrise dan sunset disini juga indah.

Alamat Gunung Api Purba Nglanggeran :

Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran

Asyik dan seruu banget kann!! Kalau ke sini jangan sendirian, ajak teman, biar makin seru dan menyenangkan!! Selamat berpetualang di tempat wisata ekstrem di Jogja dan buat pengalaman tak terlupakan!

You may also like

Hot News