6 Rekomendasi Wisata di Jogja Dekat Terminal Giwangan - 2020
6 Rekomendasi Wisata di Jogja Dekat Terminal Giwangan

6 Rekomendasi Wisata di Jogja Dekat Terminal Giwangan

By

6 Rekomendasi Wisata di Jogja Dekat Terminal Giwangan

Saat kamu pergi ke Jogja menggunakan bus, maka kamu akan sampai di Terminal Giwangan. Terminal Giwangan ini merupakan terminal tipe A terbesar di Indonesia yang berada di Jogja. Terminal Giwangan ini saat ini menjadi persinggahan bagi armada bus yang menghubungkan kota Jogja dengan kota besar di Indonesia lainnya, seperrti Jakarta, Semarang, Bali, Medan, Bandung, Mataram, dan Riau. Dan buat kamu yang tiba di terminal ini dan langsung ingin jalan-jalan mengunjungi tempat wisata terdekat. Jogjaasik.com akan merangkum beberapa tempat wisata yang dekat dengan Terminal Giwangan.

Dan berikut ini 6 Rekomendasi Wisata di Jogja Dekat Terminal Giwangan :

  1. De Mata Trick Eye Museum & De Arca Statue Museum
  2. Kompleks Makam Kotagede
  3. Situs Warungboto
  4. Wisata Kali Gajah Wong Mrican Giwangan
  5. Kebun Binatang Gembira Loka
  6. Museum & Factory by Chocolate Monggo

Tak perlu memakan banyak waktu kamu sudah bisa menjelajahi wisata-wisata di atas. Ada juga beberapa wisata yang bisa dijangkau dengan bus Trans Jogja.

1. De Mata Trick Eye Museum & De Arca Statue Museum

De Mata Trick Eye Museum & De Arca Statue Museum berada di kompleks yang sama. Kalau De Mata Trick Eye Museum ini menyajikan koleksi gambar 3 dimensi dengan berbagai macam yang ada. Kalau cuma dilihat, gambarnya sih seperti biasa aja, tapi kalau kamu mengarahkan kamera dengan angle yang tepat maka ilusi optiknya akan terlihat langsung. Di museum ini, kamu bisa berpose seperti sedang ada di Paris, bersama pemain bola, hingga berpose bersama si panda lucu yang sedang memanjat bambu.

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum

Sedangkan De Arca Statue Museum menampilkan banyak tokoh penting-penting yang hadir dalam bentuk patung yang seperti nyata. Ada Soekarno, Albert Einstein, AldolfHilter, Tony Stark, Affandi, dan masih banyak lagi. Kamu bisa sepuasnya berfoto ria dengan mereka. FYI, seluruh patung-patung itu dibentuk oleh seniman kenamaan Jogja yaitu Dunadi. Beliau begitu terkenal akan karya patungnya nan realistis.

Alamat De Mata Trick Eye Museum & De Arca Statue Museum :

XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 19.30 WIB

2. Kompleks Makam Kotagede

Makan panembahan senopati Kota Gede ini sempat dijadikan lokasi syuting film AADC 2, dan tempat inilah yang membuat Jogja tampak berbeda. Ketika menyusuri Kotagede seperti masuk ke mesin waktu di masa lalu, sebab pasar tradisional di Kotagede ini sudah ada sejak zaman Panembahan Senopati. Dan menariknya masih aktif hingga kini.

Berjalan ke selatan Anda akan menemukan kompleks Masjid Agung Kotagede yang seperti di lingkungan Keraton, lengkap dengan pagar batu berelief mengelilingi masjid. Di Kotagede juga terdapat makam para raja Mataram antara lain makam Panembahan Senopati (pendiri Mataram). Namun kemudian makam para raja Mataram dipindahkan ke daerah Imogiri oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo (Raja Mataram yang menyerang Batavia). Saat keluar dari kompleks makam para raja, kamu akan disambut oleh reruntuhan Benteng Cepuri (dalam) yang asli dan masih bisa dilihat di pojok barat daya dan tenggara.

Kompleks Makam Kotagede
Kompleks Makam Kotagede (Masjid Kotagede)

Alamat Kompleks Makam Kotagede :

Sayangan, Jagalan, Kec. Kotagede, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

3. Situs Warungboto

Situs Warungboto ini semakin eksis di kalangan para wisatawan dan pemburu foto setelah dijadikan lokasi prewedding Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Dulu, situs ini hanya sebuah puing dan reruntuhan bangunan yang terbengkalai. Dan Situs Warungboto ini dulu difungsikan sebagai rumah peristirahatan keluarga kerajaan yang diberi nama Pesangrahan Rejawinangun.

Alamat Situs Warungboto :

Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Situs Warungboto
Situs Warungboto

4. Wisata Kali Gajah Wong Mrican Giwangan

Ada spot menarik di perkampungan Mrican, Giwangan, Jogja, yaitu berupa saluran irigasi nan asri bernama Bendung Lepen Mrican Youth. Saluran irigasi ini mengairi lahan pertanian hingga di kabupaten Bantul. Lokasinya berada di pinggiran Kali Gajah Wong. Tak hanya airnya yang jernih, saluran air ini juga dilengkapi dengan ribuan ikan nila berwarna jingga yang bergerak kesana-kemari. Ikan-ikan ini membuat siapa saja betah berlama-lama duduk di pinggiran saluran air ini.

Alamat Wisata Kali Gajah Wong Mrican Giwangan :

Mrican, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

Wisata Kali Gajah Wong Mrican Giwangan
Wisata Kali Gajah Wong Mrican Giwangan

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka menjadi salah satu tujaun wisata utama di Jogja. Ada banyak koleksi fauna dari berbagai daerah yang bisa kamu temukan di sini. Jika pergi liburan ke tempat satu ini, kamu dan keluarga akan bertemu dengan berbagai satwa. Selain memperkenalkan dunia binatang kepada anak-anak, juga bisa menikmati nuansa teduh dan udara segar. Puluhan jenis hewan bisa dilihat disini. Ada yang didalam sangkar, yang bebas berkeliaran, ada juga yang dengan pengawasan khusus. Selain itu, Gembira Loka ini juga memiliki koleksi flora yang beragam dan kebun botani yang menyenangkan.

Alamat Kebun Binatang Gembira Loka :

Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 07.30 – 17.30 WIB

Sejarah Kebun Binatang (Bonbin) Gembira Loka Jogja
Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

6. Museum & Factory by Chocolate Monggo

Sudah tau kan kalau Jogja punya produk coklay asli yang sudah go internasional? Kalau belum tau tak kasih tau, atau datang saja ke Museum & Factory by Chocolate Monggo. Di sini, kamu tak hanya bisa beli beberapa produk coklat untuk oleh-oleh, tapi kamu juga bisa melihat koleksi museumnya yang penuh dengan informasi mengenai coklat. Bahkan kamu juga bisa belajar berkreasi dengan coklat. Seru banget kann!!

Jika kamu orang dewasa, maka kamu bisa mengikuti paket Tasting Cacao dengan biaya 50 rb/orang. Paket ini akan mengajak kamu untuk mencoba buah kakao hingga menjadi minuman coklat. Kalau kamu ngajak anak-anak, ada paketnya sendiri kok dengan biaya mulai dari 20 rb tergantung jumlah peserta yaitu paket Creating. Paket ini akan mengajak anak-anak membuat kepingan coklat yang dilengkapi taburan aneka ragam topping diatasnya. Hasil karya coklat ini bisa dibawa pulang.

Cokelat Monggo
Cokelat Monggo

Satu hal lagi yang harus kamu tau, kalau minuman coklat di sini itu lebih istimewa seperti Jogja, karena terbuat dari coklat asli bukan dari buah kakao. Ada lagi, kalau mau ikutan paket tasting atau creating, diharapkan untuk reservasi terlebih dahulu ya.

Alamat Museum & Factory by Chocolate Monggo :

Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin hingga Kamis 09.00 – 17.00 WIB & Jumat hingga Minggu 09.00 – 19.00 WIB

Itulah beberapa wisata yang lokasinya dekat dengan Terminal Giwangan. Tambah keseruan liburanmu bersama teman-teman dan mengunjungi tempat-tempat wisata di atas.

You may also like

Hot News