Menu Gudeg Yu Djum Wijilan

6 Rekomendasi Gudeg Enak di Jogja, Manis Gurih Mantab!

By

6 Rekomendasi Gudeg Enak di Jogja, Manis Gurih Mantab!

Sobat jalan-jalan Jogja pasti udah tahu dong sama yang namanya gudeg. Makanan khas Yogyakarta ini udah pasti harus Sobat jalan-jalan Jogja cicipi. Karena belum ke Jogja rasanya kalau belum makan gudeg.

Ada banyak penjual gudeg yang tersebar di seluruh Yogyakarta. Walau sama-sama menjual gudeg tapi kesan yang ditimbulkan berbeda loh. Nah kali ini mindut mau memberikan rekomendasi gudeg enak yang ada di jogja yang wajib sobat jalan-jalan jogja cicipi.

6 Rekomendasi Gudeg Enak di Jogja, Manis Gurih Mantab!

  1. Gudeg Pawon
  2. Gudeg Sagan
  3. Gudeg Mercon Bu Tinah
  4. Gudeg Yu Djum Wijilan
  5. Gudeg Yu Narni
  6. Gudeg Permata Bu Narti

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon

Gudeg pawon ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1958. Saking udah lama banget dah kebayang kan gimana sih rasanya yang udah melegenda banget di jogja. Ini terbukti dari antriannya ya nggak main-main bisa kayak ular naga panjangnya bukan kepalang.

Awalnya gudeg pawon ini dijual di pasar sentul mulai dari jam 03.00 dini hari. Namun akibat besarnya antusias penikmat gudeg, maka kemudian pemiliknya memindahkan lokasi penjualan menuju rumahnya di daerah Janturan. Dan kemudian juga memindahkan jam operasionalnya menjadi dimulai dari pukul 22.00. Di jam itulah ular naga panjangnya bukan kepalang alias antriannya dimulai. Jadi sobat jalan-jalan Jogja harus cepat-cepat ya datang kesini sebelum jam 22.00, supaya bisa dapat antrian yang paling depan.

Kalau udah rame kayak gitu pasti udah ketahuan kan rasanya, udah pasti enak banget. Ditambah lagi dengan harus antri pasti itu bikin adrenalin lebih berpacu lagi. Kalau mindut sih antri nya sejam, makannya 10 menit nggak sampai hehehe.

Antrian Gudeg Pawon
Antrian Gudeg Pawon

Nah selain rasa yang udah nggak usah diragukan lagi, Gudeg Pawon juga memiliki keunikan yang lain. Mungkin asal mula nama Gudeg Pawon ini, karena penjualan gudeg nya ada di dapur rumah pemiliknya. Disamping itu, gudeg yang dimasak juga masih menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan tungku dengan kayu bakar. Konon inilah yang membuat citarasa gudeg tahun ini berbeda daripada gudeg yang lainnya.

Alamat gudeg pawon

Gudeg pawon berlokasi di jalan profesor doktor supomo janturan umbulharjo yogyakarta.

Jam buka gudeg pawon

Buka mulai pukul 21.30 sampai habis

2. Gudeg sagan

Gudeg Sagan
Gudeg Sagan

Gudeg Sagan ini termasuk gudeg jenis yang basah, dimana penyajian nya masih menggunakan kuah santan dan juga kuah areh, lengkap bersama dengan sayur krecek juga lauk pauk. Mindut suka banget sama jenis gudeg basah kayak gini, karena mindut enggak terlalu suka sama gudeg yang rasanya manis sekali. Nah jadi buat sobat jalan-jalan Jogja yang nggak terlalu doyan manis, dijamin bakalan cocok sama jenis gudeg basah kayak gini. Karena disamping rasanya tidak terlalu manis, adanya kuah menciptakan sensasi tersendiri, dari campuran rasa asin, gurih, namun sedikit manis. ntaaaaap banget.

Menu Gudeg Sagan
Menu Gudeg Sagan

Gudeg Sagan ini awalnya jualan kaki lima loh. Namun sejak diliput oleh salah satu stasiun tv, Gudeg Sagan ini semakin terkenal, dan akhirnya memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih besar. Oh ya di sini Sobat jalan-jalan Jogja juga bisa merasakan enaknya gudeg basah dinikmati menggunakan bubur. Recommended banget. Harus coba ya sobat jalan-jalan Jogja.

Untuk harganya sendiri nggak perlu khawatir, walau pindah tempat, harga tetap bersahabat. range harganya berkisar antara Rp8.000 hingga Rp30.000.

Alamat gudeg sagan

Jalan profesor doktor herman yohanes no. 53 kecamatan depok sleman jogjakarta

Jam buka gudeg sagan

Buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 24.00

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
Gudeg Mercon Bu Tinah

Kali ini mindut mau mengenalkan jenis gudeg yang tidak manis. Salah satu yang menjajakan nya adalah Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg mercon bu tina ini luar biasa pedes loh. Jadi konon semua berawal dari tahun 92, ibu Ngatinah mau berjualan gudeg, namun karena gudeg yang beredar di jogja udah terlalu mainstream, maka ibu Ngatinah membuat sebuah terobosan, untuk menjajakan gudeg yang gurih dan pedas. Dan hasilnya bisa ditebak, gudeg yang sudah berumur 27 tahun ini masih berjaya di daerah kranggan : ramai pengunjung.

Menu Gudeg Mercon Bu Tinah
Menu Gudeg Mercon Bu Tinah

Lalu apa yang membedakan dengan gudeg biasanya? Kalau sayur gudegnya sih sama aja tapi yang beda adalah sayur kereceknya. Sayur kerecek dimasak dengan menggunakan banyak cabe rawit sehingga rasanya menjadi sangat pedas. Gudeg ini cocok banget buat sobat jalan-jalan Jogja yang hobi sama kuliner pedas, kaya mindut. Untuk masalah harga hampir mirip mirip dengan gudeg yang lain, mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 25.000 tergantung dari lauk.

Alamat Gudeg Mercon Bu Tinah

Jalan asem gede 08 Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam Buka Gudeg Mercon Bu Tinah

Buka mulai dari pukul 21.30 hingga 01.00 wib

4. Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum Wijilan
Gudeg Yu Djum Wijilan

Satu lagi gudeg yang legendaris di Yogyakarta. Berdiri dari tahun 1950, sudah pasti membuat nama Gudeg Yu Djum ini sangat berkibar di dunia pergudegan Jogja. Saat ini nama Gudeg Yu Djum adalah salah satu ikon gudeg termasyur di jogja dikenal hingga keluar jogja.
Jadi kalau menurut mindut gudeg ini jenisnya gudeg kering di mana sayur gudeg dikeringkan begitu juga dengan sayur kerecek nya. Berbeda dengan gudeg basah, gudeg kering rasanya cenderung lebih manis. Jadi mungkin agak kurang cocok buat Sobat jala-jalan Jogja yang enggak begitu suka dengan kuliner manis. Tapi walau begitu mindut tetap sarankan paling tidak Sobat  jalan-jalan Jogja harus mencobanya. Jadi punya cerita sendiri kalau udah pernah makan di Gudeg Yu Djum yang tersohor gitu. Keistimewaan dari Gudeg Yu Djum ini semua makanannya diolah dan dimasak dengan mempertahankan resep turun temurun, dan juga dimasak secara tradisional menggunakan tungku dengan kayu bakar.

Menu Gudeg Yu Djum Wijilan
Menu Gudeg Yu Djum Wijilan

Alamat Gudeg Yu Djum Wijilan

Jalan Wijilan no 167 Panembahan, Kraton, Yogyakarta

Jam Buka Gudeg Yu Djum Wijilan

Buka jam 06.00 sampai jam 22.00

5. Gudeg Yu Narni

Gudeg Yu Narni Outlet
Gudeg Yu Narni Outlet

Gudeg selanjutnya yang cukup istimewa adalah Gudeg Yu Narni. Hampir sama seperti Gudeg Yu Djum, jenis gudeg ditawarkan oleh Gudeg Yu Narni adalah jenis gudeg kering. Gudeg ini menawarkan sayur gudeg yang diproses seperti sayur gudeg basah lalu ditumis menggunakan bumbu bumbu tertentu. Jenis gudeg ini tentunya akan lebih awet daripada gudeg basah. Lalu apakah yang membedakan Gudeg Yu Narni dengan kebanyakan gudeg sejenis?

Menu Gudeg Yu Narni Outlet
Menu Gudeg Yu Narni Outlet

Jadi nih kalau menurut mindut Gudeg Yu Narni itu walaupun kering tapi rasanya nggak semanis udah gudeg kering lainnya. Jadi walau kering, gudegnya masih memiliki cita rasa asin gurih. Jadi kalo kata mindut lebih mudah diterima oleh lidah orang dari luar jogja. Jadi recommended banget nih. Udah gitu gudegnya enak, awet, dan tahan lama, rasanya juga cocok di lidah. Oh ya Sobat jalan-jalan Jogja juga harus tau loh, kalau Gudeg Yu Narni ini harganya juga miring loh. Harganya bersahabat banget. Mulai dari Rp10.000 sampai Rp200.000. Harga Rp200.000 ini adalah paket yang paling besar loh sudah termasuk 1 ekor ayam dengan beberapa telur bebek. Udah nggak usah nunggu lama-lama, langsung aja cus ke Gudeg Yu Narni.

Alamat gudeg yunani

Jalan Margo Utomo, Kebon Dalem, Gowongan, Yogyakarta

Jam buka gudeg yunani

Buka dari pukul 05.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

6. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti
Gudeg Permata Bu Narti

Nama gudeg yang satu ini ga lain ga bukan diambil dari nama bioskop yang dulu pernah beroperasi di sekitar lokasi warung gudeg ini, yaitu Bioskop Permata. Jenis gudeg yang dijajakan oleh Gudeg Permata Bu Narti ini adalah jenis gudeg basah. Kalau mindut sendiri, suka banget ama jenis gudeg basah ini. Karena selain rasanya tidak terlalu nendang manisnya, rasanya lebih gurih, dominan asin, walaupun tetap ada manisnya sedikit. Selain sayur gudeg, seperti biasanya juga tersedia lauk pauk yang bersantan areh, sayur krecek, dan aneka sate-satean.

Menu Gudeg Permata Bu Narti
Menu Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti ini juga kondang loh sobat jalan-jalan Jogja. Bahkan kadang tempat lesehan yang disediakan tidak mampu menampung para calon penikmat gudeg basah yang enyoy ini.

Alamat Gudeg Permata Bu Narti

Yuk buruan langsung ke TKP, buat nyicipi langsung kuliner malam eksotis khas Jogja ini. Gudeg Permata Bu Narti berlokasi di : Jl. Gajah Mada, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111

Jam Buka Gudeg Permata Bu Narti

Buka setiap Senin sampai Sabtu dari pukul 21.00 hingga 02.00 WIB, hari Minggu tutup.

Duh, mindut jadi laper ngebayangin gudeg basah, dengan kuah sayur krecek dan kuah areh yang banyak, pake suwir ayam. Nyammmm… Eeeeh, pokoknya sobat Jalan-jalan Jogja jangan khawatir nyasar ya. Karena mindut dan jogjaasik.com akan selalu memberikan baaaanyak rekomendasi tempat-tempat yang patennya ga kaleng-kaleng di Jogja ini. Sampai jumpa di rekomendasi selanjutnya ya..

You may also like

Hot News