Home » Wisata Jogja » Waspada Berenang di Pantai Parangtritis, Dua Wisatawan Tewas Terseret Ombak dan Terjebak di Palung Laut

Waspada Berenang di Pantai Parangtritis, Dua Wisatawan Tewas Terseret Ombak dan Terjebak di Palung Laut

by 

Tim SAR saat mencari keberadaan wisatawan yang terseret ombak Pantai Parangtritis. Foto: SAR Parangtritis.

 JOGJAASIK-Lima orang wisatawan terseret ombak saat berenang di Pantai Parangtritis Kretek bantul, Rabu (10/7). Akibatnya, dua orang dievakuasi dalam kondisi selamat, dua orang meninggal dunia dan 1 orang kritis. Mereka diduga terjebak di palung karena berenang terlalu ke tengah.

Dikutip dari akun instagram Dit Polairud Polda DIY, identitas kelima korban yakni DW (16) kondisinya selamat, AW (14) Selamat, IC (51) selamat kemudian korban meninggal WA (16) dan RMI (22).

Menurut keterangan, kejadian ini berawal saat rombongan krban datang di salah satu hotel di wilayah pesisir Bantul pada Selasa, 9 Juli 2024 kurang lebih pukul 17.00. Mereka datang bersama rombongan dengan jumlah 7 orang.

Kemudian pada Rabu 10 Juli 2024 kurang lebih pukul 09.30, kelima korban bersama-sama bermain air di Pantai Parangtritis. Tak lama kemudian kelima korban terseret arus ke tengah dan masuk ke palung laut.

Melihat kejadian itu, anggota SAR Ditpolairud dan SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wil Ops III bergegas menolong korban. Anggota SAR Ditpolairud Polda DIY Briptu Febri Adi menjelaskan, jika pihaknya bersama SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi III bergegas menyelamatkan dan menolong korban dan juga dibantu dengan warga pesisir. "Alhamdulillah kelima korban dapat kami selamatkan dengan keadaan lemas", imbuh Briptu Febri.

Setelah mendapatkan perawatan dan observasi di RSUD Panembahan Senopati, 2 korban dengan identitas WA (16) dan RMI (22) dinyatakan meninggal dunia. "Pada kesempatan ini, kami tak henti-hentinya meminta kepada pengunjung Parangtritis dan Pantai Selatan lainnya di Wilayah DIY, untuk mematuhi rambu-rambu larangan dan arahan Petugas kami di Lapangan," tandasnya.

Menarik Untuk Dibaca :  8 Rekomendasi Wisata Trekking di Jogja, Bisa Buat Hunting juga Healing

Sementara itu dikutip dari akun instagram SAR Parangtritis, diketahui kelima korban bersama-sama bermain air di pantai Parangtritis tepat di depan hotel tempat mereka menginap. jaraknya kurang lebih 1 kilometer dari posko SAR.  Saat diselamatkan, 3 korban dalam kondisi kritis, dan dua lainya dinyatakan dalam kondisi normal. Ketiga korban kritis dibawa ke klinik terdekat dan kemudian di rujuk di RS Panembahan Senopati Bantul.

Di rumah sakit, dinyatakan 2 korban meninggal dunia dan satu korban sudah dalam kondisi normal. "Jadi lima orang tenggelam di Parangtritis. Tiga orang berhasil diselamatkan, dua orang dinyatakan meninggal dunia di RS Panembahan Senopati, “ imbuh sekretaris SAR Parangtritis