Home » Kuliner » Rekomendasi Kuliner Jadul dan Legend di Jogja: Ada yang Sudah Buka Sejak 1959

Rekomendasi Kuliner Jadul dan Legend di Jogja: Ada yang Sudah Buka Sejak 1959

by 

Nasi pecel, salah satu rekomendasi kuliner jadul di Jogja. Foto: pixabay

JOGJAASIK- Berburu kuliner jadul atau tempo dulu kini menjadi trend di kalangan pecinta kuliner. Di Jogja, ada banyak rekomendasi kuliner jadul dan legendaris bahkan sudah buka sejak puluhan tahun lalu.

Inilah rekomendasi kuliner jadul dan legend di Jogja seperti dikutip dari Youtube Best 10 ID, Kamis (27/6/2024).

1. Pecel Belut dan Mangut Lele Mbah Warno

Terletak di Selatan Kota Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Kasihan kabupaten warung ini selalu ramai dikunjungi oleh penggemar kuliner. Warung ini terkenal dengan menyajikan nasi pecel dengan aneka sayuran segar yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Selain nasi peca. Mbah Warno juga menyediakan hidangan mangut lele, sebuah hidangan ikan lele yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa.

2.  Pecel Kembang Turi

Berada di kawasan makam raja-raja Imogiri, pecel kembang turi adalah salah satu warung yang menawarkan hidangan yang lezat. Warung ini terletak di antara belasan warung di area Terminal Imogiri dan dikenal karena menyajikan pecel dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 15.000. Pecel kembang turi menawarkan nasi pecel dengan campuran kembang turi yang segar disiram dengan kacang yang khas. Pelanggan dapat memilih berbagai macam lauk tambahan seperti tahu, tempe, telur dan aneka gorengan yang membuat hidangan semakin lengkap.

3.  Brongkos Warung Handayani

Warung ini telah berdiri sejak tahun 1975 dan dikenal menghadirkan rasa asli dari pecel khas Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Gading Nomor 2 Patehan Kecamatan Keraton kota Yogyakarta. Pecel brongkos warung Handayani tidak hanya terkenal dengan pecelnya yang lezat tetapi juga dengan brongkos. Hidangan khas Jawa Tengah yang terdiri dari tahu, tempe, telur dan daging sapi yang dimasak dengan kuah kacang yang gurih kombinasi pecel dan brongkos membuat pengalaman makan di warung ini semakin lengkap.

Menarik Untuk Dibaca :  Bikin Kangen, Ini 5 Makanan Khas Jogja yang Wajib Dicoba

4.  Warung SGPC UGM

 Buka sejak 1959, warung ini menawarkan hidangan pecel dengan variasi dan sup yang unik. Lokasinya di daerah UGM membuatnya menjadi pilihan favorit para mahasiswa dan wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas Yogyakarta dengan cita rasa yang autentik dan harga terjangkau. Warung ini dikenal dengan suasana yang sederhana namun nyaman dan cocok untuk makan siang atau makan malam. 

5. Pecel Yusri

Berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar km9 Nomor 8 kamdanen Tegalrejo Sariharjo Ngaglik Kabupaten Sleman, warung nasi pecel ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi hingga malam. Meskipun warung nasi pecel Ini pertama kali dibuka di Semarang, cabang di Yogyakarta telah beroperasi sejak tahun 2004. Pecel Yusri dikenal dengan hidangan nasi pecel Jogja yang autentik dengan berbagai pilihan lauk tambahan.