Rekomendasi Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Jogja

6 Rekomendasi Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Jogja, Siap Hadapi Era Digital

By

6 Rekomendasi Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Jogja, Siap Hadapi Era Digital

Hidup di era yang serba digital dan online membuat jurusan sistem informasi memiliki banyak peminat di tiap tahunnya. Apakah kamu salah satunya? Jika iya kamu berada di artikel yang tepat, karena kali ini Jogjaasik.com akan berbagi rekomendasi jurusan sistem informasi terbaik di Jogja.

Tapi, sebelum kita cari tau kampus mana aja yang punya jurusan SI terbaik, kita cari tau dulu dong, apa itu prodi sistem informasi, alasan masuk jurusan sistem informasi, dan juga prospek kerja lulusan sistem informasi. Bahasannya di bawah ini!!

Apa itu Prodi Sistem Informasi?

Jurusan sistem informasi merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana mendesain dan membuat sistem yang tepat untuk tujuan perusahaan atau organisasi dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi tersebut.

Di jurusan ini kamu juga akan diajarkan untuk memahami dan memenuhi keinginan klien yang mana sesuai dengan sistem IT yang diinginkannya. Diharapkan mahasiswa yang kuliah di jurusan ini bisa memanfaatkan, mengembangkan, mengelola dan menciptakan software maupun hardware untuk kebutuhan klien.

Jadi intinya, perkembangan zaman digital kan makin hari makin maju, dan pastinya dibutuhkan ilmu yang mempelajari tentang informasi digital itu. Program studi Sistem Informasi hadir untuk menjawab berbagai tantangan masalah perkembangan zaman milenial tadi.

Rekomendasi Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Jogja

Alasan Masuk Jurusan Sistem Informasi

Beneran loh, jurusan SI ini tuh banyak banget peminatnya. Emang apa sih istimewanya dari jurusan sistem informasi ini?? Cari tau di bawah ini :

  • Gak cuma jurusan IPA aja loh yang bisa masuk ke jurusan ini, jurusan IPS saat SMA pun bisa masuk ke jurusan ini yang mana memberikan peluang kamu untuk bisa diterima di jurusan ini.
  • Di jurusan sistem informasi ini tidak ada mata kuliah hitung – hitungan loh. Seperti fisika ataupun kimia. Jadi bagi kalian yang gak suka itung – itungan boleh lah masuk jurusan sistem informasi ini.
  • Dari nama jurusan saja sudah kelihatan, pasti akan berkutat dengan sistem. Tapi fyi aja nih, di jurusan sistem informasi ini gak hanya mempelajari sistem tapi juga mempelajari bisnis loh.
  • Soal Gaji? Gak usah ditanyakan lagi, untuk gaji seorang lulusan sistem informasi pasti memiliki gaji yang lumayan besar.

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Menarik Untuk Dibaca :  7 Rekomendasi Hotel Bernuansa Alam dan Pedesaan di Jogja yang Keren, Murah, dan Bikin Rilex

Walaupun ada beberapa alasan yang bikin tertarik buat masuk jurusan ini, tapi kamu pasti masih bertanya-tanya tentang kalau lulus bakal jadi apa? Peluang kerjanya gimana? Cari kerjanya susah gak? Nah, Jogjaasik.com juga bakal kasih pencerahan juga nih untuk kamu yang kuliah di jurusan sistem informasi. Berikut lowongan kerja jurusan sistem informasi terbaru :

  • ERP Consultant
  • Network Administrator
  • Pengembang sistem informasi
  • Software Developer
  • Konsultan dan integrator sistem
  • Database Administrator
  • Spesialis basis data
  • System Analyst
  • Information Security Analyst

Wuiiihh.. pekerjaannya aja keren-keren.. Makin tertarik dong!! Kalau gitu langsung aja yuk, kita kasih nih universitas di Jogja yang punya jurusan sistem informasi terbaik.

Berikut 6 Rekomendasi Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Jogja :

  1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  2. Universitas AMIKOM Yogyakarta
  3. Universitas Respati Yogyakarta
  4. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
  5. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
  6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya kita bahas satu persatu yuk universitas di atas. Selengkapnya di bawah ini!

1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Yang pertama ada dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Jurusan sistem informasi di UAD ini menyelenggarakan program akademik yang berkualitas yang berfokus pada minat mahasiswa untuk menyiapkan tenaga profesional yang handal dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa sekarang dan yang akan datang.

Menciptakan iklim penelitian yang baik sehingga terselenggara penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas dan mampu menghasilkan karya berskala nasional, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung penerapan sistem dan teknologi informasi sehingga memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat yang IT-literate dan melakukan kerjasama yang baik dengan pemerintah atau pihak-pihak lain dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

2. Universitas AMIKOM Yogyakarta

Dari tahun ke tahun AMIKOn semakin melejit saja. Kini Universitas AMIKOM semakin mantap menempatkan dirinya sebagai salah satu kampus elit di Jogja, setelah merilis sebuah masterpiecenya yaitu sebuah film Animasi yang berjudul Battle of Surabaya. Dilihat dari berbagai prestasi gemilangnya, AMIKOM bisa menjadi ujung tombak sekolah teknologi di Indonesia. Universitas AMIKOM ini menduduki peringkat ke-44 pada Universitas terbaik di Indonesia. Dan jurusan sistem informasi adalah salah satu jurusan terbaik di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Universitas AMIKOM
Universitas AMIKOM

3. Universitas Respati Yogyakarta

Universitas Respati Indonesia memiliki visi “menjadi universitas yang unggul dalam mengembangkan komunitas akademik yang berjiwa kewirausahaan dan diakui secara internasional pada tahun 2025.” Dalam mewujudkan visi tersebut, Urindo pun bergerak dengan cepat untuk mendapatkan eksistensi di kancah internasional. Dan FTI Urindo menyediakan dua program studi bidang teknik informatika dan juga sistem informasi. Semua program studinya telah berakreditasi lho! So, kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi, ya!

Menarik Untuk Dibaca :  5 Rekomendasi Jasa Cetak Stopmap Murah di Jogja, Harga Mulai 1rb an saja
Universitas Respati Yogyakarta
Universitas Respati Yogyakarta

4. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi di Yogyakarta, yaitu STIE “Yogyakarta”, ABA “Yogyakarta”, dan STMIK Dharma Bangsa. Didirikan pada tanggal 23 Oktober 2002 di kota Yogyakarta di bawah pengelolaan Yayasan Dharma Bhakti IPTEK dengan turunnya SK Menteri Pendidikan Nasional RI bernomor 237/D/0/2002.

UTY memiliki tiga lokasi kampus yang tersebar di beberapa sudut kota Jogja. Seperti, misalnya, kampus I untuk Fakultas Teknik dan Psikologi di Jl. Ring Road Utara, Jombor. Di sini juga terdapat Kelas Sabtu Minggu untuk jenjang studi S-1 pada program studi Teknik Informatika (Status Terakreditasi) di bawah Fakultas Teknologi Informasi UTY. Kampus II terletak di Jl. Glagahsari No. 63 untuk Fakultas Ekonomi. Sedangkan Fakultas Sastra & Budaya mengambil lokasi di Jl. Prof. Soepomo No. 21 Janturan Yogyakarta.

Jurusan Sistem Informasi di Universitas Teknologi Yogyakarta memungkinkan kamu untuk bisa menjembatani programmer dengan user. Buat kamu yang tertarik mengambil jurusan yang satu ini, perlu diketahui bahwa jurusan Sistem Informasi di Universitas Teknologi Yogyakarta juga sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT yang masih berlaku hingga saat ini.

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

5. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKDW hadir sejak tahun 1986. Fakultas ini merupakan yang pertama kali mengadakan program studi Teknik Informatika di D.I.Yogyakarta. Pendirian FTI tidak terlepas dari peran serta pemikiran Dr. Judowibowo Poerwowidagdo, rektor pertama Universitas Kristen Duta Wacana. Sampai sekarang, fakultas ini terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang handal di bidang teknologi informasi. Salah satu program kuliahnya ada sistem informasi.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Program Studi Sistem Informasi adalah program studi yang mencakup 2 domain, yaitu Bisnis dan Teknologi Informasi. Menurut Ronald Stamper (Organisational Semiotics), Sistem Informasi adalah bidang ilmu yang menjembatani kesenjangan antara komponen teknis (TI) dan non teknis (manajemen). Sehingga lulusan dari Program Studi Sistem Informasi diharapkan memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Bisnis.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi dirancang memiliki kemampuan untuk memberikan solusi sistem informasi berdasarkan permasalahan bisnis, serta menggali dan mengevaluasi nilai strategis dari pemanfaatan TI tersebut untuk mencapai tujuan organisasi. Menariknya jurusan system informasi UAJY ini sudah mendapatkan akreditasi B melalui SK Ban-PT tahun 2019.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Itulah beberapa jurusan sistem informasi terbaik di Jogja. So, yang mau masuk jurusan sistem informasi kamu gak perlu ragu dan bimbang lagi.. Kampusnya oke, masa depan yang cerah juga menanti!!

You may also like

Hot News