jogjaasik logo
Wednesday, 01 May 2024
Home » Rekomendasi » Mengungkap Wisata Tersembunyi di Jogja yang Menakjubkan dan Berbeda dari yang Lain

Mengungkap Wisata Tersembunyi di Jogja yang Menakjubkan dan Berbeda dari yang Lain

by 

Mengungkap Wisata Tersembunyi di Jogja yang Menakjubkan dan Berbeda dari yang Lain

Mengungkap Wisata Tersembunyi di Jogja yang Menakjubkan dan Berbeda dari yang Lain

Pasti kamu udah sering banget kan denger tentang Jogja dan segala hal didalamnya?? Pasti dongg.. secara ini jadi salah satu tujuan wisata populer dari berbagai penjuru. Gak jarang juga kamu bakal ketemu ama bule di sini. Yaps.. Jogja itu emang gudangnya wisata, sampe heran gak ada abisnya kalau ngomongin wisata di Jogja.

Oh ya, ngomongin soal wisata Jogja nih.. apa sih yang ada di benak kamu? Pasti Malioboro ya, Keraton, atau Gunung Merapi. Tapi, guys.. Jogja gak cuma itu doang, Jogja punya banyak tempat wisata tersembunyi yang beda dari yang lain dan juga menakjubkan.

Biasanya kalau wisata tersembunyi itu wisata alam ya.. tapi kan alam itu mau bagaimanapun gak ngebosenin malah bikin nagih, ya kayak wisata di Jogja ini. Dan mereka udah nungguin kamu untuk menyapanya..

Nah, kalau kamu udah sering ke Jogja dan udah sering ke tempat yang mainstream, liburan kali ini coba deh kamu ke tempat-tempat wisata tersembunyi di Jogja. Yang pulang belum pernah ke Jogja, langsung masukin tempat-tempat wisata tersembunyi ini ke list liburan kamu. Dan untuk itu, Jogjaasik udah ngerangkum buat kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang menakjubkan dan beda dari yang biasanya! Siap-siap buat terkagum-kagum deh!!

Berikut 15 Rekomendasi Tempat Wisata Tersembunyi di Jogja yang Menakjubkan dan Berbeda dari yang Lain :

  1. Pantai Greweng
  2. Puncak Segoro
  3. Air Terjun Gedad
  4. Laut Bekah
  5. Goa Langse
  6. Curug Gedhe
  7. Bukit Pengilon
  8. Puncak Kosakora
  9. Goa Jomblang
  10. Air Terjun Kedung Kandang
  11. Air Terjun Sidoharjo
  12. Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro
  13. Air Terjun Luweng Sampang
  14. Blue Lagoon
  15. Puncak Suroloyo

Langsung aja yuk kita ulas satu per satu tempat wisata tersembunyi di Jogja di atas, selengkapnya di bawah ini!

1. Pantai Greweng

Lokasinya yang tersembunyi, membuat wisatawan akan merasakan perbedaan antara kesibukan sehari-hari dengan suasana Pantai Greweng ini. Suasanai di Pantai Greweng ini didominasi oleh debur ombak dan suara burung pantai. Wisatawan juga akan merasakan suasana keterpencilan. Pasir putih yang membentang serta barisan bukit hijau yang menghimpit membuat suasana semakin magis. Lokasinya yang masih sepi, menjadikan moment yang pas dan asyik untuk camping. Selain itu, wisatawan lebih bisa menikmati keindahan pantai yang belum banyak dikunjungi banyak orang.

Alamat Pantai Greweng :

Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Pantai Greweng
Pantai Greweng

2. Puncak Segoro

Puncak Segoro yang berarti di atas lautan ini merupakan wisata baru di Gunungkidul yang tak bertempat di pinggir pantai seperti biasa, melainkan berada di sebuah tebing yang mengarah ke laut. Para wisatawan pun bisa menikmati birunya lautan lepas dari sini. Puncak Segoro ini juga menjadi tempat yang pas untuk berburu sunset. Ada banyak spot foto yang menarik di Puncak Segoro ini yang tentunya bakalan bikin keren feed instagram kamu. Kuliner di sini juga wajib dicoba lhoo! Oh ya dan tetap hati-hati ya guys karena lokasinya yang berada di tebing.!

Menarik Untuk Dibaca :  10 Rekomendasi Hotel Bintang Lima Terbaik Di Jogja, Mewah Dan Berkualitas

Alamat Puncak Segoro :

Unnamed Road, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Puncak Segoro
Puncak Segoro

3. Air Terjun Gedad

Masih dari Gunungkidul nih, ada Air Terjun Gedad yang juga jadi primadona. Air terjun ini berada di balik tebing kapur dengan pemandangan alam yang luar biasa. Dan ini hits di kalangan traveler. Di sini juga ada jembatan kayu dan bambu di sekitar lokasi yang bikin jadi makin indah. Air terjun ini mengalir bersih dan jernih meluncur deras dari perbukitan kapur di sana.

Alamat Air Terjun Gedad :

Gedad, Banyusoco, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Air Terjun Gedad Gunungkidul
Air Terjun Gedad Gunungkidul

4. Laut Bekah

Selanjutnya ada Laut Bekah yang jadi favorit para pemancing ikan. Luar biasa menakjubkan pemandangan alam di sini. Yang punya jiwa petualang pasti suka ke sini, karena track-nya anti mainstream guys.. Jadi ini tuh berupa tebing tinggi yang menawarkan pesona laut yang memesona.

Alamat Laut Bekah :

Temon, Giripurwo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Jam Buka :

24 Jam

Laut Bekah Gunungkidul
Laut Bekah Gunungkidul

5. Goa Langse

Goa Langse ini satu dari sekian banyak tempat yang dianggap mistis tapi malah bikin tertarik banyak orang. Terlepas dari hal mistisnya, Goa Langse ini nampak eksotis dengan adanya stalagmit dan stalaktit yang berkilauan, dan itu jadi daya tarik tersendiri. Pokoknya tempat ini juga menakjubkan deh dan sayang kalau gak dieksplor kalau kamu udah di Gunungkidul. Uji jiwa petualang kamu ke sini, karena jalan ke sini anti mainstream banget tapi pemandangannya indah banget!

Alamat Goa Langse :

Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Jam Buka :

24 Jam

Goa Langse Gunungkidul
Goa Langse Gunungkidul

6. Curug Gedhe

Curug Gedhe ini tingginya kira-kira 30 meter dengan debit air yang sangat tinggi. Di sini, kamu bisa main air atau mandi dengan kedalaman air mencapai 2-3 meter. Keindahan lain yang ditawarkan curug ini yaitu tebing batu yang ada di sekeliling air terjun dan pepohonan juga semak yang berwarna hijau. Perpaduan yang memaukau!

Alamat Curug Gedhe :

Gembyong, Ngoro-oro, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 - 17.00 WIB

Curug Gedhe Gunungkidul
Curug Gedhe Gunungkidul

7. Bukit Pengilon

Kalau tempat yang satu ini emang cocok banget buat trekking guys.. Sangat recommended, rasa lelahmu setelah trekking langsung hilang setelah tiba di lokasi. Karena dari Bukit Pengilon ini kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas, pantai, dan bukit yang menawan. Tempat ini tuh juga unik karena hamparan rumputnya. Dan recommended juga buat hunting sunset di sini. Mau nge-camp juga oke lohh..!! Ada beberapa jalur untuk sampai ke Bukit Pengilon dan paling seru kalau kamu lewat Pantai Siung.

Alamat Bukit Pengilon :

Area Hutan, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Jam Buka :

24 Jam

Bukit Pengilon Jogja
Bukit Pengilon Jogja

8. Puncak Kosakora

Untuk mencapai Puncak Kosakora kamu harus melewati track tangga karst yang curam. Tapi, setelah sampai puncak rasa dag did dug saat melewati tangga akan terbayarkan. Karena kamu bisa menyaksikan view alam yang indah banget. Dan puncak ini, itu masih sunyi dan tenang. Ada baiknya, kalau berkunjung di pagi hari biar bisa lihat sunrise. Mendatangi Puncak Kosakora kamu sekaligus bisa menikmati bermain-main di Pantai Ngrumput yang ada di bawahnya.

Menarik Untuk Dibaca :  6 Rekomendasi Sewa Gaun dan Baju Kebaya di Jogja, Pilih Sesukamu!

Alamat Puncak Kosakora :

Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Puncak Kosakora
Puncak Kosakora

8. Pantai Kesirat

Masih di Gunungkidul lagi dengan pantai pasir putihnya. Tapi pantai yang satu ini tak seperti pantai lainnya, karena Pantai Kesirat ini tak memiliki hamparan pasir putih. Tapi keindahannya tetaplah memanjakan mata. Kamu bisa menikmati sunset dari atas bukit. Atau melakukan camp bersama genk-mu untuk menikmati sunrise di pagi hari.

Alamat Pantai Kesirat :

Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat

9. Goa Jomblang

Berlokasi di Gunungkidul, keindahan wisata alam Jogja ini wajib diapresiasi.. Keberadaan hutan purbanya yang ada di dalam Goa menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Untuk menikmati suguhan alam yang luar biasa dan sesungguhnya, kamu bisa datang pada pukul 10.00 – 12.00. Karena kamu akan melihat sinar matahari yang menerobos masuk goa, yang dikenal dengan istilah cahaya surga. Seru banget deh!

Alamat Goa Jomblang :

Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 14.00 WIB

Goa Jomblang
Goa Jomblang

10. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang ini masih masuk dalam kategori wisata baru. Keindahan air terjun yang ditawarkan yang berada di area persawahan, membuat para pecinta alam juga pecinta selfie, berburu ke wisata alam ini. Yang pasti tempatnya masih sejuk, sangat alami, dan terlihat hijau. Ya.. Memang sih, air terjun musiman, karena hanya ada saat musim hujan. Tapi sekalinya air terjun ini mulai berjatuhan dan mengalir, indah banget lhoo! Ada juga lho yang bilang kalau Air Terjun Kedung Kandang ini mirip sama Ubud, Bali!

Alamat Air Terjun Kedung Kandang :

Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari dari pagi hari sampai pukul 16.00 WIB

Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang

11. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo ini juga disebut sebagai Air Terjun Perawan. Air terjun ini memiliki tinggi hingga 75 meter dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Medan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sidoharjo ini cukup menantang lho! Tapi suguhan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya sebanding dengan pengorbananmu untuk menuju ke sini. Keren banget deh pokoknya!

Alamat Air Terjun Sidoharjo :

Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo

12. Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro

Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro ini sedang hits akhir-akhir ini. Menyajikan pemndangan alam berupa aliran sungai dengan pepohonan hijau yang juga berada diantara pegunungan. Tempat wisata ini juga menyajikan spot foto berupa sangkar yang tentunya akan menghasilkan foto yang sangat bagus. Alam yang masih asri tentu akan menemani liburanmu di sini. FYI, sungai yang mengalir di sini adalah Sungai Oya.

Alamat Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro :

Dukuh 2, Selopamioro, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro
Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro

13. Air Terjun Luweng Sampang

Usahakan untuk tak melewatkan wisata yang satu ini yang mirip batuan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat. Bernama Luweng Sampang, wisata ini menampilkan formasi batuan unik yang berbentuk luweng dan menjadi tempat jatuhnya air. Saat musim hujan, debit airnya cukup deras jadi saat yang pas untuk mengunjungi Luweng Sampang. Akan tetapi, saat kemarau tiba debitnya perlahan-lahan berkurang.

Alamat Luweng Sampang :

Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Luweng Sampang
Luweng Sampang

14. Blue Lagoon

Bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu dengan bermain air dan berenang dengan suasana alam yang menyenangkan, datang saja ke Blue Laggon. Blue Lagoon ini adalah sebuah pemandian alami yang pada dasarnya memiliki nama resmi pemandian setia budi. Tapi biasalah, kebanyakan dari kalangan muda menyebutnya Blue Lagoon. Berada disini rasanya nyess gitu!

Alamat Blue Lagoon :

Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 - 17.00 WIB

Blue Lagoon
Blue Lagoon

15. Puncak Suroloyo

Sebagai puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh, Puncak Suroloyo memiliki suguhan alam yang sangat memukau, karena dari Puncak Suroloyo ini kita bisa melihat 4 puncak gunung sekaligus, yaitu Sindoro, Merbabu, Sumbing, dan Merapi yang berdiri dengan gagahnya. Selain itu, panorama Candi Borobudur juga bisa kita nikmati seperti miniatur yang menyembul diantara hijaunya pepohonan.

Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo

Itulah rekomendasi wisata tersembunyi di Jogja yang bisa jadi alternatif liburan yang menyenangakan buat kamu. Kayaknya sih langsung semangat buat liburan ke Jogja. Jadi, kamu pilih ke tempat wisata yang mana dulu nih?