Sawah Kreasi, Sawah Ala Tanbo Art Di Jogja Yang Tak Kalah Keren Dari Jepang

Sawah Kreasi, Sawah Ala Tanbo Art Di Jogja Yang Tak Kalah Keren Dari Jepang

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

Sawah Kreasi, Sawah Ala Tanbo Art Di Jogja Yang Tak Kalah Keren Dari Jepang

Jogja memang penuh kejutan, terbukti dengan maraknya tempat wisata baru yang keren dan juga unik. Jogja ingin selalu memanjakan para manusia yang menginjakkan kaki di tanahnya. Salah satunya dengan adanya wisata baru yang ada di daerah Sleman yang bernama Sawah Kreasi atau Sawah Art Village. Ketika kamu mengunjungi tempat ini, kamu tak cuma disuguhi hamparan sawah nan hijau dan asri, namun juga sebuah karya seni dengan berbagai bentuk gambar hewan di atas lahan persawahan. Gambar-gambar yang dibuat di atas sawah ini bukan crop circle lhoo, tapi seni melukis yang dikenal dengan istilah Tanbo Art. Tanbo Art sendiri adalah seni yang diciptakan sejumlah petani di Jepang yang menyulap sebidang lahan pertanian sebagai media kanvas.

Sawah Kreasi yang membentang seluas 10×80 m ini akan mengingatkanmu dengan karya seni Tanbo Art ala Jepang. Yang di Jogja ini gak kalah keren kok. Lukisan sawah yang lucu dan instagramable ini yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Sawah Kreasi ini berlokasi di Dusun Bleber Lor, Desa Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta.

Sawah Kreasi Berawal Dari Ide Kreatif Seorang Pemuda

Sawah Kreasi ini sudah hadir sejak Juni 2018 lalu, semuanya berawal dari seorang pemuda bernama Fuad Nasir Al Falaq. Ia ingin mengembangkan desanya menjadi tempat wisata dengan memunculkan seni Tanbo Art yang terinspirasi dari salah satu desa di Jepang. Akhirnya Fuad pun memanfaatkan sawah milik orang tuanya. Ia menjadikan sawah tersebut sebagai media lukis sekaligus uju coba dengan tulisan hello dan gambar beruang yang menjadi karya pertamanya. Sebelum melakukan praktek, tentu Fuad melakukan riset terlebih dahulu tentang Tanbo Art dan cara membuat polanya. Ia mempelajarinya dari awal tahun 2018 hingga pertengahan tahun secara otodidak.

Sawah Kreasi
Sawah Kreasi

Fuad tak hanya menggunakan menggunakan padi hijau tapi juga menggunakan padi ungu yang berasal dari Jepang, agar menghasilkan warna yang berbeda. Ia juga dibantu seorang temannya dalam mendapatkan bibit padi tersebut yang juga di tanam di Korea Selatan. Polanya dibuat oleh Fuad dengan menggunakan tali yang dibentuk sesuai gambar di atas sawah yang sudah selesai digarap. Tak dikerjakan seorang diri, proses menanam padinya dilakukan ibu-ibu yang tinggal di desa Sumberharjo. Setelah selesai ditanam, butuh waktu dua minggu sampai satu bulan untuk gambarnya bisa terlihat.

Sawah Kreasi Semakin Berkembang

Sudah dibuka selama tiga musim, pola di Sawah Kreasi ini sudah berganti sebanyak tiga kali lho. Setelah gambar beruang, Fuad menghadirkan gambar tiga ekor bebek di musim kedua. Gambar-gambar tersebut bisa dinikmati selama tiga sampai 3,5 bulan sebelum masa panen datang. Jika masa panen datang, maka Sawah Kreasi pun akan ditutup sementara sampai gambar selanjutnya hadir kembali.

Sawah Kreasi Jogja
Sawah Kreasi Jogja

Menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jogja yang sudah mulai dilirik olehorang-orang, Tanbo Art di Jogja ini di musim pertamanya masih diragukan masyarakat. Dukungan dari masyarakat mulai terlihat dan berdatangan setelah Sawah Kreasi mulai mendatangkan banyak pengunjung di musim kedua. Pada musim ketiga yang dibuka sejak 12 Januari 2019 lalu, Fuad bekerja sama dengan tetangga untuk sawahnya dijadikan media lukis. Musim ketiga Sawah Kreasi dihiasi oleh gambar karakter Po dalam Kung Fu dan gambar dua panda.

Di sana juga disediakan gardu pandang untuk menikmati sawah lukis tersebut dari atas. Untuk semakin menarik minat wisatawan, kedepannya Fuad berharap bisa menghadirkan gambar yang lebih luas. Tak hanya itu, di sekitar Sawah Kreasi tersebut juga akan dibuat taman yang nantinya bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang. Rencana kedepannya tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat dan petani.

Sore Hari Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Sawah Kreasi

Sore Hari Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Mengunjungi Sawah Kreasi
Landscape Sawah Kreasi

Untuk bisa menikmati keindahan Sawah Kreasi ini kamu cukup merogoh kocek Rp 5.000 saja. Buat kamu yang tinggal di Jogja atau yang sedang ada di Jogja, bertandanglah ke Sawah Kreasi ini pada sore hari. Selain udaranya yang segar dan masih asri, kamu juga bisa menikmati sunset yang ditemani oleh karya seni lukis yang keren. Soremu pun akan semakin berkesan!

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News