Gumuk Pasir

9 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Gratis Seru dan Instagramable ala Backpacker Hemat

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

9 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Gratis Seru dan Instagramable ala Backpacker Hemat

Siapa nih yang disini suka sama gratisan?? Sini..sini mari merapat!! Karena Jogjaasik.com membawa rekomendasi baru tempat wisata gratis yang ada di Jogja dan tentunya instagramable abiss.. Kamu bakalan nemu spot foto yang instagenic. Buat nambah-nambah koleksi galery kamu. Dan kamu bisa menunjukkan kepada dunia, bahwa kamu bisa mengunjungi tempat yang luar biasa keren, indah, seru dengan biaya yang ramah kantong banget. Karena tempat wisatanya gratis, paling bayar parkir doang. Kalau jalan kaki, ya kagak bayar. Asyik kan! Mau tau tempat wisata di Jogja yang gratis tu dimana aja? Tetap ikuti artikel berikut ini!

Berikut 9 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Gratis Seru dan Instagramable ala Backpacker Hemat :

  1. Malioboro
  2. Titik Nol Kilometer
  3. Alun-Alun Kidul
  4. Bukit Bintang
  5. Watu Giring
  6. Spot Riyadi
  7. Lava Bantal Jogja
  8. Tebing Watu Mabur
  9. Gumuk Pasir

Buat kalian para backpacker, tempat-tempat ini cocok banget buat kalian. Gak perlu kantong tebal, kamu sudah bisa menikmati wisata yang menyenangkan!

1. Malioboro

Siapa yang tak mengenal kawasan yang satu ini. Bukan warga Jogja pun pasti juga tahu apa itu Malioboro. Kayak maskotnya Jogja gitu. Tiba di Stasiun Tugu berjalan ke arah timur, kamu sudah sampai di Jalan Malioboro. Lanjutkan dengan menyusuri jalan yang di kanan kirinya dipenuhi toko-toko hingga tenda-tenda yang menjajakan aneka barang hingga makanan untuk dijual. Tak hanya pedagang kaki lima, disini juga ada mall dan hotel yang menghiasi. Kamu bisa berbelanja semua yang berhubungan dengan Jogja disini. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Jogja disini. Ada juga pernak-pernik unik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Wisata Malam Malioboro
Wisata Malam Malioboro

2. Titik Nol Kilometer

Sebagai muara Jalan Malioboro, tempat ini juga tak pernah tidur. Lalu lintas kendaraan dan juga lalu lalang orang atau orang-orang yang sekadar nongkrong memadati tempat ini. Titik Nol kilometer ini berupa persimpangan ruas jalan yang menghubungkan Alun-Alun Utara dan Malioboro, yang dikanan-kirinya dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting peninggalan zaman Belanda. Yang semakin terlihat semakin megah saat malam hari karena pengaruh lampu yang meneranginya. Tak hanya itu, saat malam hari, akan ada banyak sekali anak-anak muda, penggerak seni, dan komunitas yang berkumpu di sini. Kamu juga bisa foto-foto dengan beberapa orang dengan kostum unik. Dan saat malam tertentu juga ada pagelaran seni hingga konser musik di sini.

Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

3. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul juga menjadi favorit orang-orang yang mencari keramaian di malam hari. Alun-Alun Kidul juga akan terlihat hidup dengan adanya lampu kelap-kelip dari mobil kayuh yang bisa disewa. Nah.. serunya ada disini, kamu bareng genk kamu bisa sewa mobil kayuh itu dan mengelilingi Alun-Alun Kidul. Dijamin seru deh. Yang gak kalah seru, kamu bisa mencoba berjalan dengan mata ditutup untuk melewati di antara dua pohon beringin besar. Di sini jangan lupa juga untuk mencoba wedang rondenya.

Alamat Alun-Alun Kidul :

Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Alun - Alun Kidul
Alun – Alun Kidul

4. Bukit Bintang

Serunya di Bukit Bintang ini kamu bisa menikmati view Jogja yang menawan dan seperti bintang yang bertaburan dari cahaya lampu saat malam hari. Tempat ini juga tempat yang bagus buat menikmati sunset. Keren banget deh pokoknya! Kamu juga bisa nongkrong bareng temen-temen disini dan gratis jika kamu tak membeli jajan. Tapi menikmati view Jogja saja kamu sudah akan merasa bahagia apalagi menikmatinya bareng kekasih halal.

Alamat Bukit Bintang :

Area Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Bukit Bintang
Bukit Bintang

5. Watu Giring

Dari Gunungkidul tepatnya di Kecamatan Semanu ada yang menarik perhatian lhoo.. Apa itu? Ada wisata yang bernama Watu Giring. Tempat wisata ini berupa bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di tempat oleh para penambang batu alam sehingga menjadi seperti heritage megalitikum atau anak tangga. Awalnya tempat ini gratis, namun sekarang disediakan kotak retribusi seikhlasnya untuk membantu kebersihan di tempat wisata ini, karena seiring berjalannya waktu, banyak pengunjung yang tidak menjaga kebersihan.

Alamat Watu Giring :

Jelok Pacarejo, Sambirejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Watu Giring
Watu Giring

6. Spot Riyadi

Menampilkan view yang sangat indah, karena tempat ini berada di bukit yang sangat pas jika dikunjungi pagi dan sore hari. Di sini kamu bisa ngopi, ngeteh atau mencoba makanan berat yang disediakan di warung di Spot Riyadi. Jika cuaca mendukung kamu juga menyaksikan gagahnya gunung merapi.

Alamat Spot Riyadi :

Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan Dawang Sari, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 05.00 – 23.00 WIB

Spot Riyadi
Spot Riyadi

7. Lava Bantal Jogja

Mau main airr??? Ke Lava Bantal Jogja aja.. Suasana yang sejuk juga akan menemani liburanmu di Lava Bantal ini. Karena Lava Bantal ini berupa aliran air. Menariknya Lava Bantal ini terbentuk dari lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Air dingin yang besentuhan langsung dengan lahar panas mengakibatkan mineralnya mengalami pembekuan sehingga akan membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Di sini juga terdapat jembatan dimana kamu bisa menjadikannya spot untuk berfoto. Dan yang perlu kamu tahu, ke tempat ini gratis, hanya bayar parkir 2000. Yang mau mancing juga bisa lhoo!

Alamat Lava Bantal Jogja :

Jl. Berbah – Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Lava Bantal Jogja
Lava Bantal Jogja

8. Tebing Watu Mabur

Wiihhh dari namanya udah unik ya.. Tebing Watu Mabur! Ketika kamu ke tempat ini, kamu akan terpana dengan view yang mempesona. Kabut tebal yang masih dominan, adalah suguhan dari wisata Tebing Watu Mabur ini. Selain itu, hamparan sawah yang luas juga akan terlihat cantik dari tempat ini. Suasan yang asri juga akan menghiasi tempat ini. Dan pastinya ada banyak spot foto yang instagramable banget dan bebas biaya tiket masuk.

Alamat Tebing Watu Mabur :

Lemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Tebing Watu Mabur
Tebing Watu Mabur

9. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah destinasi alam yang unik berupa tumpukan pasir pantai. Spot foto ala-ala gurun Afrika bisa kamu temukan disini. Pas banget buat koleksi instagram kamu. Ada baiknya pergi ke tempat ini saat pagi atau sore hari. Karena kalau siang hari akan terasa sangat panas. Dan kalau kamu hanya akan berfoto-foto maka tak perlu mengeluarkan uang.

Gumuk Pasir
Gumuk Pasir

Wahhh.. tempat-tempat wisatanya walaupun gratis, tapi tetap menarik ya untuk dikunjungi. Segera saja kosongkan jadwalmu dan liburan di kota Jogja yang punya wisata gratis ini!

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News