9 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Gunungkidul, Soal Rasa Gak Ada Tandingannya

9 Rekomendasi Kuliner Khas Gunung Kidul Yang Wajib Kamu Coba, Soal Rasa Gak Ada Tandingannya

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

9 Rekomendasi Kuliner Khas Gunung Kidul Yang Wajib Kamu Coba, Soal Rasa Gak Ada Tandingannya

9 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Gunungkidul, Soal Rasa Gak Ada Tandingannya
Kuliner di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL itu terkenal akan wisata pantai pasir putihnya yang berjajar-jajar di bagian selatan Gunungkidul. Walaupun dulu katanya Gunungkidul ini itu kekurangan air, tapi nyatanya sekarang banyak ditemukan wisata yang berkaitan dengan air, ada Goa Pindul, Kali Suci, Air Terjun Sri Gethuk, dan lain sebagainya. Buat kalian yang sedang berada di Gunungkidul jangan lupa kunjungi wisata alamnya dan jangan lupa kunjungi kuliner khasnya yang ueennaakk banget. Uniknya kebanyakan makanan dari Gunungkidul ini berasal dari tanaman-tanaman. Makanan khas ini begitu memanfaat kekayaan alam yang ada disana. Keren banget kan! Penasaran kan buat mencobanya. Nah, Jogjaasik.com ada tip nih untuk memilih makanan apa saja yang wajib dicoba saat liburan di Gunungkidul. Langsung capcuss aja yuk dan simak penjelasan dibawah ini!

  1. Nasi Tiwul
  2. Oseng Bunga Pepaya
  3. Sambal Bawang
  4. Urap Trancam
  5. Sayur Lombok Ijo
  6. Sego Abang
  7. Belalang Goreng
  8. Sompil

1. Nasi Tiwul

Nasi tiwul khas Gunungkidul ini terbuat dari gaplek. Gaplek itu singkong yang dikeringin guys. Nah tiwul ini adalah singkong yang sudah dikeringkan tadi kemudian dikukus kembali. Setelah itu dicampur dengan nasi putih yang hangat. Biasanya disajikan dengan ikan asin kering, sambal ijo, dan terong goreng. Kalau beruntung, bisa juga dinikmati dengan kerupuk puli yang kriuk-kriuk. Harganya hanya sekitar tujuh ribu rupiah saja. Mantaappp sekalii!!

Nasi Tiwul
Nasi Tiwul

2. Gatot Gunungkidul

Makanan yang satu ini juga terbuat dari singkong yang dikupas lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, gatot direndam selama 12 jam, kemudian dikukus selama 2 jam. Bisa disajikan sangat hangat dengan bungkus daun pisang dan kelapa parut. Rasanya nagih banget! Gatot ini sebagai camilan khas Pantai Gunungkidul yang ada di pasar tradisionalnya.

Gatot Gunungkidul
Gatot Gunungkidul

3. Oseng Bunga Pepaya

Dari namanya pasti sudah tau kan ya kuliner satu ini berbahan dasar apa, bunga pepaya tentunya. Oseng bunga pepaya mungkin hanya bisa kamu temui di Gunungkidul atau waktu masak sendiri dirumah. Kuliner yang tiada duanya lagi deh. Tumisan bumbu cabai rawit yang menghilangkan pahit bunga pisang ini bikin rasa pedas yang menggigit lidah. Aroma cabai pun sengaja mendominasi agar pahitnya nggak kerasa. Cocok dimakan dengan nasi hangat dan sambal bawang.

Oseng Bunga Pepaya
Oseng Bunga Pepaya

4. Sambal Bawang

Sambal bawang juga menjadi kuliner khas Gunungkidul yang harus disantap saat berada di sana. Ada sambal terasi dan sambal bawang yang enak dan khas di sana. Apalagi kalau disantapnya dengan gorengan ikan asin, tempe goreng, dan tahu sutra. Jadi nikmat maksimal deh!

Sambal Bawang
Sambal Bawang

5. Urap Trancam

Urap trancam juga jadi masakan khas Gunungkidul paling dicari. Terbuat dari parutan kelapa yang menjadi bahan dasar utama. Lalu ada sayuran mentah yang seperti kacang panjang, daun kemangi, dan potongan mentimun. Harus banget dicicipi saat berada di pantai Gunungkidul, Yogyakarta.

Urap Trancam
Urap Trancam

6. Sayur Lombok Ijo

Nah, kuliner yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan, Sayur Lombok Ijo. Sayuran berkuah dengan kuah santan yang khas Gunungkidul. Sayur lombok ijo artinya adalah cabe hijau. Kuah masakan ini memang terasa pedas dengan irisan cabe hijau rawit, kacang panjang, dan tempe rebus yang enak. Sangat khas pedas manis. Biasanya disediakan saat ada hajatan besar dari suatu keluarga, seperti pernikahan dan khitan. Segerrre Mbok!

Sayur Lombok Ijo
Sayur Lombok Ijo

7. Sego Abang

Sego abang atau nasi merah juga menjadi kuliner khas Gunungkidul. Berasal dari beras merah yang dikukus diatas tungku yang terbuat dari tanah liat sehingga aroma wangi yang terasa hingga saat suapan terakhir. Disajikan dengan tempe goreng tepung, ayam goreng kering, dan urap-urap kacang panjang yang bisa menambah khas masakan. Apalagi di dekat pantai gunungkidul ada warung-warung yang menjual masakan ini untuk para wisatawan.

Sego Abang
Sego Abang

8. Belalang Goreng

Kuliner satu ini juga banyak diburu lhoo.. Selain rasanya yang nikmat katanya juga bikin penasaran. Gimana rasanya kalau belalang itu dimasak. Tapi perlu diingat, makanan satu ini memiliki protein yang tinggi. Jadi yang alergi harus hati-hati. Tapi, untuk kebersihannya pasti terjaga dan tentunya aman dikonsumsi. Karena pengolahan belalang ini benar-benar dibersihkan kotorannya dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Penasaran rasanya? Langsung datangi saja!

Belalang Goreng
Belalang Goreng

9. Sompil

Namanya unik ya! Sompil ini adalah kulinera Gunungkidul yang berupa semacam lontong yang penyajiannya bersama sayur tempe berkuah santan dengan rasa yang pedas juga lezat. Sompil ini berbeda dari lontong kebanyakan karena selongsong sompil ini dari daun pisang yang dibentuk mengerucut. Sebenarnya kalau di Gunungkidul, sompil ini nama semacam keong yang memiliki cangkang mengerucut. Dengan begitu makanan berupa lontong ini dinamakan sompil. Ciri khas dari sompil ini memiliki tekstur yang sangat lembut tentunya berbeda dengan lontong kebanayakan.

Sompil
Sompil

Wahh.. Sepertinya membangkitkan selera banget ya guys! Dan juga unik-unik ternyata. Jadi pengen segera nyoba kan. Ya udah langsung datang saja ke Gunungkidul. Soal harga aman di kantong pake banget. Makanan ini bikin kenyang tanpa membuat banyak duit melayang. Dan sambil menikmati angin sepoi-sepoi di pantai atau wisata alamnya sekaligus mencicipi kuliner khasnya. Selamat Mencoba!

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News