9 Tips Belanja di Malioboro Jogja, Irit Tak Bikin Kantong Sakit

7 Rekomendasi Wisata Di Jogja Buat Kamu Yang Suka Jalan Kaki, Dari Malioboro Hingga Alun Alun Kidul

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

7 Rekomendasi Wisata Di Jogja Buat Kamu Yang Suka Jalan Kaki, Dari Malioboro Hingga Alun Alun Kidul

9 Tips Belanja di Malioboro Jogja, Irit Tak Bikin Kantong Sakit

Wisatawan yang juga menyandang gelar olahragawan!! Kok bisa gitu? ketika kamu tiba di Jogja di area Stasiun Tugu, dan bingung mau kemana mau check in hotel masih belum masuk waktunya. Maka gunakan waktumu untuk berjalan-jalan di kawasan pusat kota Jogja dengan jalan kaki. Kan bagus tuh.. berlibur sekaligus olahrga. Bisa lebih ngirit juga. Manfaatkan anugerah Tuhan dengan menggunakannya untuk menikmati berbagai keindahan ciptaan-Nya. Di mulai dari menyusuri Jalan Malioboro hingga berakhir di Alun-alun Kidul. Buat kamu yang suka jalan kaki, rekomendasi kali ini pas banget. Jogjaasik.com membuat artikel ini khusus untuk kamu penikmat jalan kaki.

Dan berikut 7 Rekomendasi Wisata Di Jogja Buat Kamu Yang Suka Jalan Kaki, Dari Malioboro Hingga Alun Alun Kidul :

  1. Malioboro
  2. Pasar Beringharjo
  3. Nol Kilometer
  4. Musuem Sonobudoyo
  5. Keraton Yogyakarta
  6. Taman Sari
  7. Alun – Alun Kidul

Kesemua itu akan dibahas disini. Stay stune untuk info selengkapnya.

1. Malioboro

Siapa yang tak mengenal kawasan yang satu ini. Bukan warga Jogja pun pasti juga tahu apa itu Malioboro. Kayak maskotnya Jogja gitu. Tiba di Stasiun Tugu berjalan ke arah timur, kamu sudah sampai di Jalan Malioboro. Lanjutkan dengan menyusuri jalan yang di kanan kirinya dipenuhi toko-toko hingga tenda-tenda yang menjajakan aneka barang hingga makanan untuk dijual. Tak hanya pedagang kaki lima, disini juga ada mall dan hotel yang menghiasi. Kamu bisa berbelanja semua yang berhubungan dengan Jogja disini. Kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Jogja disini. Ada juga pernak-pernik unik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

2. Pasar Beringharjo

Setelah menyusuri Jalan Malioboro yang cukup melelahkan tapi menyenangkan. Kamu akan tiba di Pasar Beringharjo. Pasar ini ditandai dengan adanya gapura besar bertuliskan “Pasar Beringharjo”. Pasar ini begitu melegenda karena sudah ada sejak tahun 1758. Semua yang berhubungan dengan Jogja juga ada di pasar ini. Mulai dari batik, hasil kerajinan, pakaian pengantin yang harganya jutaan ada disini. Tak ketinggalan kuliner berjajaran yang bikin ngiler ingin mencobanya. Susuri pasar ini yang terdiri dari 3 lantai yang akan membuatmu terpukau.

Alamat Pasar Beringharjo :

Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.30 – 21.00 WIB

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

3. Nol Kilometer

Setelah puas menikmati Pasar Beringharjo dan mungkin sudah ada beberapa hal yang masuk dalam belanjaan. Lanjutkan perjalanan menuju pintu keluar pasar, dan sekitar 50 meter, kamu akan menemukan kawasan yang juga masih ramai orang-orang dan kendaraan yang berlalu lalang. Nol Kilometer ini biasanya dijadikan tempat tongkrongan anak muda Jogja. Dihari-hari tertentu tempat ini digunakan untuk pagelaran seni dari komunitas-komunitas seni Jogja hingga demo mahasiswa untuk menegakkan keadilan.

Nol Kilometer
Nol Kilometer

4. Musuem Sonobudoyo

Setelah menikmati wisata terbuka Jogja, yang penuh dengan orang-orang dan kendaraan. Lanjutkan petualang pejalan kaki menuju ke tempat yang lebih tenang yaitu di Musuem Sonobudoyo. Dari Nol Kilometer kamu hanya perlu berjalan lagi keselatan ketika memukan pertigaan belok kanan, tak sampai 100 meter berjalan musuem ini sudah bisa ditemukan. Kalau tempat yang satu ini untuk menjelajah budaya Jogja. Berbagai benda antik penanda sejarah dipamerkan di musuem ini. Ada yang asli juga ada yang replika. Perjalanan menuju musuem ini juga tak boleh untuk dilewatkan dengan menikmati bangunan-bangunan Indis dan Alun-alun Utara.

Alamat Musuem Sonobudoyo :

Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa – Kamis 08.00 – 15.30 WIB & Jumat 08.00 – 14.00 WIB & Sabtu – Minggu 08.00 – 15.30 WIB

Musuem Sonobudoyo
Musuem Sonobudoyo

5. Keraton Yogyakarta

600 meter dari Museum Sonobudoyo, kamu akan menemukan tempat tinggal raja, yaitu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lebih tepatnya berada di selatan Alun-alun Utara. Bahkan ketika kamu akan menuju Musuem Sonobudoyo, Keraton ini sudah tampak dari kejauhan. Kamu bisa kesini dengan menyusuri Alun-alun Utara. Di Keraton ini kamu bisa melihat bagaimana budaya Jawa masih lestari hingga sekarang secara langsung. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni yang ada setiap hari, seperti pertunjukan tari, musik gamelan hingga wayang. Di sini kamu juga berwisata edukasi di Museum Kereta Keraton yang berada di kompleks yang sama. Untuk masuk ke Keraton jangan lupa untuk membeli tiket. Ada dua loket untuk membeli tiket ada di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara) dan Tepas Pariwisata (Regol Keben).

Alamat Keraton Yogyakarta :

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

6. Taman Sari

Kembali lanjutkan perjalanan, sejauh 1,2 km dari Keraton kita akan tiba di Taman Sari. Keindahan arsitektur kuno yang megah dan indah bisa kamu nikmati disini. Tak hanya tempat pemandiannya yang melegenda, namun masjid dan lorong bawah tanahnya juga menjadi daya tarik dan incaran para wisatawan. Menariknya lagi ketika kamu disini saat sore hari, istirahtlah sejenak di Gedung Kenongo, gedung tertinggi di istana air ini. Menikmati kawasan ini sekaligus menikmati golden sunsetnya Jogja.

Alamat Taman Sari :

Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 15.00 WIB

Taman Sari
Taman Sari

7. Alun – Alun Kidul

Matahari sudah kembali ke peraduannya. Tapi perjalanan masih berlanjut. Menuju kawasan yang masih hidup di malam hari yaitu Alun-alun Kidul. 900 meter dari Taman Sari. Lampu kelap-kelip yang bercahaya dari odong-odong membuat hidup suasana malam Jogja. Kamu juga bisa lho menikmati alun-alun ini dengan menaiki odong-odong itu. Dengan odong-odong itu kamu akan berputar mengitari Alun-alun Kidul. Tentunya dengan biaya tertentu. Kamu juga bisa menikmati jagung bakar atau wedang rondenya Jogja. Dan yang paling fenomenal adalah mencoba melewati dua pohon beringin kembar di tengah alun-alun dengan mata ditutup. Namun, banyak orang yang sudah mencoba tapi tidak berhasil. Tapi gak ada salahnya kan untuk mencoba petualangan sederhana ini. Konon, hanya orang yang berhati bersih yang bisa melewati dua pohon beringin itu.

Alamat Alun – Alun Kidul :

Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Alun - Alun Kidul
Alun – Alun Kidul

Rasa lelah tak terasa, terkalahkan oleh indahnya Jogja. Itu kalimat yang tepat untuk perjalanan kali ini. Yaa.. mungkin ada capeknya juga sih, tapi hati juga merasa puas sudah berkeliling keindahan jantung kota Jogja.

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News