7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi

7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi

7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi
Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi

“Ramadhan tiba.. Ramadahan tiba..
Marhaban Yaa Ramadhan.. Marhaban Yaa Ramadan..
Ramadhan tiba semua bahagia,
tua dan muda bersuka cita..”

Hilal mulai terlihat, lagu islami mulai terdengar, ayat suci Al-qur’an mulai terlantunkan, kewajiban puasa mulai terlaksana itu tandanya tamu yang mulia sudah datang, yaitu bulan Ramadhan yang penuh berkah dan barokah. Setelah seharian penuh menahan lapar dan juga dahaga , biasanya warga Jogja menunggu waktu berbuka dengan jalan-jalan sore sambil mencari sajian buka puasa yang biasa disebut dengan ngabuburit. Ngabuburit adalah kosakata Sunda yang sudah meluas ke seluruh tanah Jawa. Dan di kota Jogja ini, ada beberapa tempat yang asyik dan seru banget buat ngabuburit. Apa saja itu?

Berikut 7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru di Jogja Yang Wajib Didatangi

  1. Pasar Sore Kauman
  2. JalurGaza Nitikan
  3. Kampung Ramadhan Jogokariyan
  4. Lembah UGM
  5. Pasar Kaget UII Kaliurang
  6. Pasar Sore Ramadhan Sleman
  7. Jalan Malioboro

Nah, dan juga bagi kalian yang sedang liburan di Jogja saat Ramadhan, jangan lupa datangi juga tempat ngabuburit asyik rekomendasi dari Jogjaasik.com ini. Dan beberapa tempat ngabuburit ini dekat dengan masjid. Jadi, shalat maghribnya jangan sampai terlupakan ya..! Dan rasakan sensasi Ramadhan mubarak yang keren dan seru di kota istimewa ini.

1. Pasar Sore Kauman

Pasar Sore Kauman atau Kampung Ramadhan Kauman berada di gang sempit di daerah Kauman yang legendaris. Kampung Ramadhan Kauman ini adalah yang tertua di Jogja, karena sudah ada sejak tahun 1973. Hmmm.. puluhan stand yang menyajikan hidangan buka puasa hingga lauk-pauk berjejer rapi di depan rumah warga yang masih didominasi dengan bangunan lawas. Suasana tempo dulu sangat terasa saat berada di Kauman ini. Berbagai jenis jajanan begitu menggoda untuk dibeli. Yang menarik adalah beraneka macam pepes, mulai dari pepes kerang hingga tahu.

Pasar Sore Kauman
Pasar Sore Kauman

Namun, ada satu kudapan dari sekian banyak kudapan yang wajib dicoba saat di Kampung Ramadhan Kauman ini karena kudapan ini hanya ada saat bulan Ramadha yaitu Kicak. Bukan cicak lho yaa.. Kicak ini adalah kudapan buatan seorang warga bernama Mbah Wono yang berbahan baku gula, ketan, irisan nangka, dan parutan kelapa. Banyak orang yang berburu kicak ini saat Ramadhan. Di Pasar Sore Kauman ini juga ada lho setup jambu, konon katanya minuman ini merupakan salah satu kesukaan Sultan HB IX dan X. Wuiiihhh.. menggoda selera sekali ya! Pasar ini juga dekat dengan Masjid Gedhe Kauman, setelah berbuka puasa langsung menuju masjid ini yaa.. Untuk menunaikan kewajiban Shalat Maghrib.

Lokasi Pasar Sore Kauman :

Gg. Pasar Tiban, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

15.00 – 18.00 WIB

2. JalurGaza Nitikan

JalurGaza itu bukannya di Palestina ya.. masak ngabuburit sampai jauh kesana? Sobat jalan-jalan Jogja yang dimaksud dari JalurGaza disini adalah akronim dari jajanan lauk sayur gubuk ashar zerba ada. Unik juga ya.. Disini peluru dan rudal akan berganti dengan makanan yang lezat juga halal dan para pejuang berani mati digantikan dengan penjual yang mencari rezeki. Jajaran gubug berdiri di sekitar Masjid MUtohirin di sepanjang Jalan Sorogenen. Berbagai sajian buka puasa dari kudapan hingga makanan berat dijual disini. Menggoda banget dahh..! Apalagi kue corobikang orisinilnya yang masih dalam keadaan panas karena baru diangkat dari cetakan hingga bau harum dari vanili menggoda iman untuk segera menikmati. Yang gak kalah adalah aneka minuman segar dengan bulir-bulir embun dingginnya.

Menariknya lagi di JalurGaza ini, tak hanya berisi makanan yang dijual saja, namun demi menyambut bulan yang penuh barokah ini juga digelar buka bersama, pengajian akbar, penyantunan anak yatim, dan live music. Seru banget kan!!

JalurGaza Nitikan
JalurGaza Nitikan

Lokasi JalurGaza Nitikan :

Jalan Sorogenen, Sorosutan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Saban bakda ashar, kawasan di sekitar Masjid Jogokariyan ini disulap menjadi pasar dadakan. Dan jangan kaget jika kawasan ini ramai banget, hampir mirip seperti demo. Berbagai jenis makanan digelar, mulai dari jajan pasar hingga bento khas Jepang. Semua ada disini. Asap dari bakaran sate koyor pun membuat suasana semakin semarak. Kalau disini itu waktu menuju buka puasa jadi berasa lama banget. Tak hanya penjaja makanan yang mencari rejeki, penjual sandang dan mainan pun ikut menambah riuh pasar sore ini di Kampung Ramadan Jogokariyan. Umumnya, sandang yang dijual adalah pakaian Muslim dan keperluan ibadah.

Selain itu, Masjid Jogokariyan ini juga menggelar berbagai acara, seperti pembagian hidangan puasa hingga 2300-2500 porsi, shalat tarawih seperti di Madinah dengan bacaan satu juz Al-Qur’an setiap Kamis malam, dan sahur bersama. Kok hati kayak bergetar yaa..! Jadi ingin kan ngabisin waktu sore menjelang bebuka disini. Pokoknya seru dan asyik banget deh!

Kampung Ramadhan Jogokariyan
Kampung Ramadhan Jogokariyan

Lokasi Kampung Ramadhan Jogokariyan :

Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Lembah UGM

Kalau tempat nagabuburit yang satu ini suasananya terasa lebih urban, berbeda dengan tempat sebelumnya yang bernuansa kampung. Wajarlah yaa.. Secara tempat ini berada di kawasan kampus terbesar di Jogja yang notabene nya banyak kawula muda. Makanan yang disajikan pun sebagian adalah varian dari negeri seberang, seperti roti cane khas India, sosis bakar Jerman, Kimbab ala Korea, dan masih banyak lagi. Tapi, makanan lokal tetap menggoda iman. Apalagi nihh ya, ada stand mendoan khas Banyumas yang bersanding dengan penjual es tebu dan sup buah. Beeehhh.. berharap waktu segera menuju buka puasa. Intinya pertebal iman jika ingin ngabuburit ke Lembah UGM, selain makanan yang begitu menggugah selera, penjualnya kebanyakan juga mahasiswa yang masih muda-muda.

Lembah UGM
Lembah UGM

Lokasi Lembah UGM :

Di Kawasan Kampus UGM

5. Pasar Kaget UII Kaliurang

Jogja bagian utara gak mau kalah nih.. Di sekitar Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) ada pasar kaget yang buka saat ashar tiba. Dengan adanya pasar kaget ini pun memudahkan para mahasiswa untuk membeli menu takjil. Dan agar ngabuburitnya lebih berfaedah jangan hanya berburu makanan, tapi beburu pahala juga dengan mengikuti kajian sebelum maghrib di Masjid Kampus Ulil Albab. Masjidnya bersih dan luas banget, betah deh beribadah di dalam masjid ini lama-lama.

Pasar Kaget UII Kaliurang
Pasar Kaget UII Kaliurang

Lokasi Pasar Kaget UII Kaliurang :

Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Besi, Umbulmartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Pasar Sore Ramadhan Sleman

Masih di Jogja bagian utara, tapi ini di daerah jalan magelang. Ada pasar yang terletak di sebelah timur Masjid Besar Sleman. Tak hanya ramai di pagi hari, namun di sore hari juga ramai apalagi di bulan Ramadhan. Aneka cemilan hingga makanan berat ada di pasar sore ini yang akan menemani buka puasa kamu. Bagi kamu anak kos yang ada disekitar pasar ini, dateng aja ke pasar ini buat nyari jajanan buka puasa. Pokokny asyik banget.

Pasar Sore Ramadhan Sleman
Pasar Sore Ramadhan Sleman

Lokasi Pasar Sore Ramadhan Sleman :

Jl. Magelang Km.12,5 Sleman, Krapyak, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Jalan Malioboro

Kalau disini.. mau pagi, siang, sore, atau malam selalu ramai. Siapa yang gak kenal malioboro, udah kayak icon jogja gitu deh. Selain jalan-jalan, kamu juga bisa menghabiskan waktu menuju buka puasa di sini. Kamu bisa foto-foto yang menyenangkan atau mungkin naik delman, toleh kanan-kiri liat makanan, menyapu jalanan untuk melihat keramaian hingga menyusuri trotoar sepanjang jalan. Hingga waktu berbuka puasa tiba, lalu meminum seteguk air untuk melepas dahaga dan membatalkan puasa dan jangan lupa berdoa. Setelah itu, tunaikan shalat maghrib di masjid kantor DPRD, supaya puasanya makin berkah dan meraih pahala.

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro

Seru banget kaannn..! Ngabuburit memang membuat waktu menunggu berbuka puasa jadi lebih menyenangkan. Dengan berbagai jajanan yang mengenyangkan juga bisa mempererat silaturahmi dengan kawan. Dan berbagi kebahagiaan dengan para penjaja makanan merupakan sebuah kenikmatan yang kalau bisa jangan dilewatkan. Lalu setelah bebuka, kewajiban yang lain harus tetap dilaksanakan. Hmmm.. Kira-kira sore ini kamu mau ngabuburit dimana?

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News