6 Rekomendasi Camp Pantai Jogja, Nikmati Ketenangan di tengah Pemandangan Indah

6 Rekomendasi Camp Pantai Jogja, Nikmati Ketenangan di tengah Pemandangan Indah

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

6 Rekomendasi Camp Pantai Jogja, Nikmati Ketenangan di tengah Pemandangan Indah

Kamu termasuk anak gunung atau anak pantai nih ? Sebab bukan hanya di gunung, camping di pantai pun termasuk hal yang sangat menyenangkan, karena kita bisa menikmati pantai yang masih alami alias belum pernah terjamah. Untuk mengisi liburan atau akhir pekanmu, camping bersama kawan-kawan merupakan pilihan yang tepat, dan Yogyakarta bisa jadi tuan rumah yang tepat untuk hal ini. Ada banyak pantai berpasir putih dan rata-rata pantainya belum banyak dikunjungi oleh pengunjung. Berikut pantai di Jogja yang bisa dijadikan destinasi campingmu.

1. Pantai Greweng
2. Pantai Ngrumput (Puncak Kosakora)
3. Pantai Butuh
4. Pantai Wohkudu
5. Pantai Sanglen
6. Pantai Sedahan

1. Pantai Greweng

Pantai Greweng ini letak pantainya tersembunyi. Suasananya yang disuguhkanpun hanya ketenangan, didominasi debur ombak dan suara burung pantai. Singgah di pantai ini membuatmu merasakan pantai ini cukup terpencil. Dengan bukit-bukit hijau yang mengapit pantai, dan pasir pantai yang putih dan lembut, rasanya datang bersama-sama beberapa sohib terdekatmu untuk camping di sini akan membuat pantai yang hening ini menjadi tempat yang cocok untuk saling bercerita, atau berbagi keceriaan. Di pantai inipun terdapat bukit-bukit bebatuan karst membentuk goa.

Camping di Pantai Greweng
Camping di Pantai Greweng

Lokasi Pantai Greweng

Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Akses Menuju ke Pantai Greweng

Perjalanan yang harus dibutuhkan untuk sampai di lokasi kurang lebih sekitar 2 hingga 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke Pantai Greweng yang sejalur dengan arah Pantai Wediombo ini memang terbilang pantai terjauh dibanding pantai pasir putih lainnya seperti Sepanjang, Indrayanti, maupun Ngobaran. Rutenya : Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari-Semanu-Pasar Munggi-Cuwelo-Giri Panggung-Cikal-Ngawar-awar-Balong ke kiri-Jepitu-Ambil arah menuju Pantai Wediombo-Menuju Pantai Jungwok-Ambil kea rah Pantai Greweng

2. Pantai Ngrumput

Mendatangi Pantai Ngrumput dan Puncak Kosakora, rasanya menjadi pilihan paket wisata komplit. Tak hanya mendatangi bukit, kemping, melihat laut dari ketinggian serta melihat sunset. Mendatangi Bukit Kosakora kamu sekaligus bisa menikmati bermain-main di Pantai Ngrumput yang ada di bawahnya. Pantai berpasir putih ini lumayan luas, ada beberapa warung, dan tersedia ring voli yang bisa dimanfaatkan traveler untuk olahraga voli pantai. Pun kalau mau foto-foto, Pantai Ngrumput juga menyediakan figura bunga yang bisa dijadikan background foto di Pantai Ngrumput. Buat kamu yang mungkin malas naik-naik ke Bukit Kosakora, pantai ini juga bisa jadi alternatif untuk mendirikan tenda.

Pantai Ngrumput
Pantai Ngrumput

Lokasi Pantai Ngrumput

Desa Ngetisrejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Akses Menuju ke Pantai Ngrumput

Rutenya : Alun-alun Gunungkidul – Pasar Hargosari – Ada pertigaan kedua setelah pasar ambil kanan menuju Jalan Baron – Karangrejek – Mulo (ada pertigaan lurus saja) – Kemiri – Polsek Tanjungsari – Kemadang – Pos Tanda Pembayaran Retribusi (TPR) – Pertigaan belok kiri – Pertigaan Pantai Kukup belok kiri – Pantai Sepanjang – Pertigaan Pantai Drini ke kanan ke arah Pantai Drini – Tempat parkir Pantai Ngrumput – Jalan kaki menuju Pantai Ngrumput

3. Pantai Butuh

Pantai Butuh ini berukuran tidak begitu luas, pasirnya putih bersih, diapit oleh bukit batu karst dan pepohonan yang masih rimbun. Birunya air laut serta ombak yang menepi dan menghantam bebatuan membuat pemandangan yang menakjubkan di pantai ini. Pantai ini masih terbilang sepi. Ombak di pantai ini saat sedang pasang air laut akan sampai ke bibir pantai dan pengunjung tidak diperkenankan bermain air. Suasana Pantai Butuh sangat tenang, nyaman, dan sejuk. Menjadi lokasi yang cocok untuk dinikmati sambil camping di sekitar pantai. Pantai ini cocok sebagai tempat untuk melepas penat.

Pantai Butuh
Pantai Butuh

Lokasi Pantai Butuh

Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Akses Menuju ke Pantai Butuh

Dari kota Yogyakarta berjarak 60km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1jam 30menit, untuk menuju Pantai Butuh ini ada dua rute paling efektif sebagai berikut, Rute Pertama, Yogyakarta > Imogiri Bantul > Siluk > Panggang > Giriwungu > ambil arah kekiri menuju > Saptosari > Ngloro (ambil yang lurus kemudian ada pertigaan ambil kanan > Pertigaan Ngejaman > SMPN 2 > Kemudian menuju ke Pantai Ngeden > sebelum sampai pantai Ngeden ada pertigaan kecil belok ke kanan > Pantai Butuh.

4. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu merupakan salah satu dari banyak pantai di gugusan laut selatan Yogyakarta yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Terletak di antara himpitan dua bukit karang menjadikan Pantai Wohkudu tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Namun hal ini bukanlah kendala melainkan justru memberi kesan eksklusif. Lokasinya yang tersembunyi dan suasananya yang hening menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang cocok untuk camping bersama orang-orang terdekatmu.

Camping Pantai Wohkudu
Camping Pantai Wohkudu

Lokasi Pantai Wohkudu

Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

Akses Menuju ke Pantai Wohkudu

Untuk mencapai pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu melalui Jalan Wonosari atau jalur alternatif Jalan Imogiri. Kamu perlu memperhatikan papan penunjuk jalan dengan seksama karena penunjuk arah ke pantai ini sangatlah minim dan seringkali hanya terbuat dari kayu dan tulisan tangan.

5. Pantai Sanglen

Berada di Pantai Sanglen tak akan membuatmu bosan. Bagaimana tidak, suasana pantai yang asri nan alami sungguh sangat menawan. Bahkan kondisi pantai yang masih sepi sangat nyaman untuk dinikmati sendiri, bersama rekan, atau keluarga. Pantai Sanglen tak hanya asyik untuk menikmati keindahan pantai siang hari, namun juga bisa menghabiskan waktu liburanmu dengan ber-camping ria disini. Jika kamu hendak bermalam di sini, kamu dapat mem-booking terlebih dahulu kepada petugas dengan biaya sekitar Rp10.000 perorang. Di sini terdapat persewaan alat camping bagi kamu yang tidak membawa peralatan. Sebagai saran, bawalah perlengkapan yang cukup seperti makanan, minuman, obat-obatan, maupun pakaian tebal karena saat malam hari tidak akan ditemui warung yang buka.

Camping Pantai Sanglen
Camping Pantai Sanglen

Lokasi Pantai Sanglen

Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul

Akses Menuju ke Pantai Sanglen

Arahkan kendaraan melewati Jalan Wonosari, melalui Piyungan dan mengambil arah Jalan Baron. Ikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Watukodok setelah melalui Tempat Penarikan Retribusi. Dari jalan menuju pantai Watukodok terdapat pertigaan kecil, ambilah arah kanan menuju parkiran Pantai Sanglen.

6. Pantai Sedahan

Salah satu pantai yang dapat dibilang masih tersembunyi adalah Pantai Sedahan. Pantai ini terletak di sebelah Pantai Greweng dan Pantai Wediombo yang sudah lebih dulu terkenal di Gunungkidul. Pantai Sedahan pada awalnya mulai ramai digunakan sebagai lokasi memancing. Namun, lama-kelamaan pantai ini mulai favorit dijadikan sebagai lokasi camping atau berkemah para anak muda. Alasannya kondisi Pantai Greweng yang letaknya di sebelah barat Pantai Sedahan mulai ramai digunakan untuk camping. Kemudian sebagian dari mereka memilih mencari pantai lain ke arah timur yang lebih sepi dan salah satunya adalah Pantai Sedahan.

Camping Pantai Sedahan
Camping Pantai Sedahan

Lokasi Pantai Sedahan

Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul

Akses Menuju ke Pantai Sedahan

Untuk menuju ke Pantai Sedahan kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Pantai Wediombo. Setelah menjejakkan kaki di Pantai Wediombo, perjalanan sesungguhnya menuju Pantai Sedahan baru akan dimulai. Selama perjalanan, kamu akan melewati perbukitan dan ladang-ladang penduduk. Pemandangan indahpun akan sedikit mengurangi lelah selama perjalanan. Sesampainya di sebuah gua kecil dengan sebuah mata air, kamu bisa mengambil jalan ke kiri dari persimpangan setelah gua. Setelah itu beberapa menit kemudian barulah sampai di Pantai Sendahan yang sepi dan tersembunyi tersebut.

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News