Jalan Malioboro

15 Spot Wisata Instagramable Dekat Malioboro Yang Hits, Cukup Jalan Kaki & Asyik

By
Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

15 Spot Wisata Instagramable Dekat Malioboro Yang Hits, Cukup Jalan Kaki & Asyik

Ngomongin Jogja emang gak ada habisnya. Selalu saja ada hal unik dari kota istimewa ini. Terus yang diomongin wisatanya yang begitu terkenal banget itu. Yang kalau lagi di Jogja terus gak ke sana kayak ada yang kurang. Apa lagi kalau bukan Malioboro. Tempat wisata Jogja yang selalu ramai tiap waktu dan ibaratnya jalan di Jogja yang tak pernah tidur. Nah, kali ini Jogjaasik.com gak akan hanya bahas Malioboronya aja, tapi juga rekomendasi wisata dekat Malioboro. Banyak banget tuh, bahkan hanya dengan jalan kaki kamu bisa mencapainya. Dan seru banget gitu, apalagi kalau jalannya bareng temen-temen.

Berikut 15 Spot Wisata Instagramable Dekat Malioboro Yang Hits, Cukup Jalan Kaki & Asyik :

  1. Titik Nol Kilometer
  2. Benteng Vredeburg
  3. Taman Pintar
  4. Museum Sonobudoyo
  5. Alun-Alun Utara
  6. Alun-Alun Kidul
  7. Keraton Yogyakarta
  8. Museum Kereta Kencana
  9. Kantor Gubernur
  10. Ketandan
  11. Pasar Beringharjo
  12. Taman Sari
  13. Taman Parkir Abu Bakar Ali
  14. Tugu Pal Putih Jogja
  15. Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu

Liburanmu akan semakin menyenangkan lah.. Seru dan asyik banget pokoknya. Sebagian besar tempat wisata dekat Malioboro ini bebas tiket masuk alias gratis.

1. Titik Nol Kilometer

Sebagai muara Jalan Malioboro, tempat ini juga tak pernah tidur. Lalu lintas kendaraan dan juga lalu lalang orang atau orang-orang yang sekadar nongkrong memadati tempat ini. Titik Nol kilometer ini berupa persimpangan ruas jalan yang menghubungkan Alun-Alun Utara dan Malioboro, yang dikanan-kirinya dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting peninggalan zaman Belanda. Yang semakin terlihat semakin megah saat malam hari karena pengaruh lampu yang meneranginya. Tak hanya itu, saat malam hari, akan ada banyak sekali anak-anak muda, penggerak seni, dan komunitas yang berkumpu di sini. Kamu juga bisa foto-foto dengan beberapa orang dengan kostum unik. Dan saat malam tertentu juga ada pagelaran seni hingga konser musik di sini.

Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg ini dibangun oleh kolonial Belanda sejak tahun 1760. Sebelum Indonesia merdeka, bangunan ini sudah ada. Walaupun udah berumur beratus tahun, namun bangunan degan gaya kolonial ini masih terjaga hingga saat ini. Di dalam Benteng Vredeburg ini ada peninggalan dari masa lalu seperti penjara, meriam dan sebagainya. Sebagian besar bangunan benteng diisi dengan diorama perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di daerah Jogja. Di ujung selatan benteng ini juga ada sebuah kafe.

Alamat Benteng Vredeburg :

Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa – Minggu 07.30 – 16.00 WIB

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg

3. Taman Pintar

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi oleh keluarga muda. Bersama anak-anak kamu bisa belajar dan juga bermain. Berada di pusat kota, Taman Pintar ini menyediakan berbagai macam alat peraga, wahana, dan diorama tentan beberapa cabang ilmu pengetahuan dari seluruh dunia. Di Taman Pintar ini dijamin seruuu banget. Anak-anak pasti suka, tak hanya anak-anak orang dewasa juga suka. Tempatnya juga nyaman. Disini kamu akan bisa mencoba di parabola berbisik, simulator gempa, generatir Van de Graaf, dan masih banyak lagi. Anak-anak pun bisa dibangkitkan minat dalam hal sains dan teknologi.

Alamat Taman Pintar :

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Taman Pintar
Taman Pintar

4. Museum Sonobudoyo

Setelah menikmati wisata terbuka Jogja, yang penuh dengan orang-orang dan kendaraan. Lanjutkan petualang pejalan kaki menuju ke tempat yang lebih tenang yaitu di Musuem Sonobudoyo. Dari Nol Kilometer kamu hanya perlu berjalan lagi keselatan ketika memukan pertigaan belok kanan, tak sampai 100 meter berjalan musuem ini sudah bisa ditemukan. Kalau tempat yang satu ini untuk menjelajah budaya Jogja. Berbagai benda antik penanda sejarah dipamerkan di musuem ini. Ada yang asli juga ada yang replika. Perjalanan menuju musuem ini juga tak boleh untuk dilewatkan dengan menikmati bangunan-bangunan Indis dan Alun-alun Utara.

Alamat Musuem Sonobudoyo :

Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Selasa – Kamis 08.00 – 15.30 WIB & Jumat 08.00 – 14.00 WIB & Sabtu – Minggu 08.00 – 15.30 WIB

Musuem Sonobudoyo
Musuem Sonobudoyo

5. Alun-Alun Utara

Jaraknya dari Malioboro sekitar 500 M. Tiba disini kamu akan mendapati pemandangan alun-alun yang luas dengan adanya dua pohon beringin yang tumbuh di bagian tengah. Jika kamu terus berjalan ke arah selatan melewati tengah alun-alun maka kamu akan sampai di Keraton Yogyakarta. Di sekitar alun-alun ada banyak penjual yang menjajakan dagangannya. Dan biasanya juga banyak anak muda yang nongkrong di pinggir alun-alunnya ataupun di alun-alunnya.

Alun-Alun Utara
Alun-Alun Utara

6. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul juga menjadi favorit orang-orang yang mencari keramaian di malam hari. Alun-Alun Kidul juga akan terlihat hidup dengan adanya lampu kelap-kelip dari mobil kayuh yang bisa disewa. Nah.. serunya ada disini, kamu bareng genk kamu bisa sewa mobil kayuh itu dan mengelilingi Alun-Alun Kidul. Dijamin seru deh. Yang gak kalah seru, kamu bisa mencoba berjalan dengan mata ditutup untuk melewati di antara dua pohon beringin besar. Di sini jangan lupa juga untuk mencoba wedang rondenya. Selain itu, Alun-Alun Utara juga bisa kamu kunjungi, jika di hari biasa memang tak seramai Alun-Alun Kidul, tapi muda-mudi tetap tampak terlihat nongkrong di pinggiran Alun-Alun saat malam hari. Kalau mau yang rame, datang saat sekaten. Alun-Alun Utara akan penuh dengan lautan manusia.

Alun - Alun Kidul
Alun – Alun Kidul

7. Keraton Yogyakarta

600 meter dari Museum Sonobudoyo, kamu akan menemukan tempat tinggal raja, yaitu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lebih tepatnya berada di selatan Alun-alun Utara. Bahkan ketika kamu akan menuju Musuem Sonobudoyo, Keraton ini sudah tampak dari kejauhan. Kamu bisa kesini dengan menyusuri Alun-alun Utara. Di Keraton ini kamu bisa melihat bagaimana budaya Jawa masih lestari hingga sekarang secara langsung. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni yang ada setiap hari, seperti pertunjukan tari, musik gamelan hingga wayang. Di sini kamu juga berwisata edukasi di Museum Kereta Keraton yang berada di kompleks yang sama. Untuk masuk ke Keraton jangan lupa untuk membeli tiket. Ada dua loket untuk membeli tiket ada di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara) dan Tepas Pariwisata (Regol Keben).

Alamat Keraton Yogyakarta :

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

8. Museum Kereta Kencana

Setelah masuk dalam bangunan utama Keraton Jogja, maka jangan lupa untuk menuju ke arah barat dan tiba di Museum Kereta Kencana. Museum ini menyimpan kendaraan para raja Mataram pada masa dulu. uniknya, sampai saat ini masih terjaga keasliannya. Ketika berada disini kamu jangan sembrono, oke! Karena konon kereta kencana milik raja ini masih diberi sesajen setiap tahunnya.

Alamat Musuem Kereta Kencana :

Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Museum Kereta Kencana
Museum Kereta Kencana

9. Kantor Gubernur (Kamtor Kepatihan Jogja)

Dari Titik Nol Kilometer ke arah utara, setelah menemukan Ramayana pas pojok jalan ada toko batik terang bulan lalu beloklah ke kanan, kamu akan menemukan bangunan baru dari Gedung Kepatihan Jogja. Pas banget buat isi galerymu.

Alamat Kantor Gubernur (Kamtor Kepatihan Jogja) :

Jl. Malioboro No.16, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Senin Sampai Kamis 07.30 – 16.00 WIB & Jumat 07.30 – 14.30 WIB

Kantor Gubernur
Kantor Gubernur

10. Ketandan

Berlokasi di Jalan Malioboro, tepatnya di sisi jalan sebelum Ramayana. Daerah Ketandan ini ditandai dengan adanya sebuah pagar besar khas Tionghoa. Tempat ini akan semakin ramai saat malam imlek, karena berbagai festival budaya maupun jajanan diadakan disini. Diluar imlek pun, kamu tetap bisa kok menikmati daerah ini yang instagramable. Saat memasuki gang ini, kamu seperti sedang berada di Tiongkok.

Kampung Ketandan
Kampung Ketandan

11. Pasar Beringharjo

Masuknya memang gratis, tapi kalau kamu tertarik dengan sesuatu yang ada disana, ya harus mengeluarkan uang untuk dibeli. Tapi, kalau kamu hanya ingin jalan-jalan saja sambil melihat-lihat juga tak masalah. Disini kamu akan menemukan beraneka macam barang yang dijual, lebih barang khas Jogja yang bisa dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Alamat Pasar Beringharjo :

Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 08.30 – 21.00 WIB

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

12. Taman Sari

Keindahan arsitektur kuno yang megah dan indah bisa kamu nikmati disini. Tak hanya tempat pemandiannya yang melegenda, namun masjid dan lorong bawah tanahnya juga menjadi daya tarik dan incaran para wisatawan. Menariknya lagi ketika kamu disini saat sore hari, istirahtlah sejenak di Gedung Kenongo, gedung tertinggi di istana air ini. Menikmati kawasan ini sekaligus menikmati golden sunsetnya Jogja.

Alamat Taman Sari :

Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

Setiap Hari 09.00 – 15.00 WIB

Taman Sari
Taman Sari

13. Taman Parkir Abu Bakar Ali

Kalau yang ini Maliboro sebelah utara. Walaupun ini sebuah tempat parkir, namun tetap keren jika dijadikan spot foto. Dari Taman Parkir Abu Bakar Ali ini, kamu juga bisa menikmati view jalanan yang selalu ramai. Apalagi dimalam hari kesannya lebih menyenangkan lagi.

Alamat Taman Parkir Abu Bakar Ali :

Jl. Abu Bakar Ali No.1, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Taman Parkir Abu Bakar Ali
Taman Parkir Abu Bakar Ali

14. Tugu Pal Putih Jogja

Sebagai maskotnya Jogja atau landmarknya Jogja atau iconnya Jogja, Tugu Jogja saat malam hari menjadi favorit para muda-mudi untuk nongkrong menikmati malam Jogja. Tempatnya memang gitu-gitu aja, tetapi gak ngebosenin dan selalu ramai didatangi orang-orang. Lalu lalang kendaraan yang ada juga semakin menghidupkan Jogja di malam hari.

Alamat Tugu Jogja :

Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka :

24 Jam

Tugu Jogja
Tugu Jogja

15. Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu

Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan ketika kamu akan menikmati malam di Jogja yaitu Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu. Cicipi dan nikmati kelezatan dari Kopi Jos saat yang ada di sekitar Jalan Malioboro. Kenikmatan semakin terasa karena kopi jos juga ditemani dengan hidangan jadah bakar di Angkringan Lik Man. Walaupun berada di pinggir jalan, namun kesan romantis malah semakin bisa didapat. Kamu tetap bisa kok mengabadikan momen kamu disini.

Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu
Angkringan Kopi Jos Stasiun Tugu

Udah segera siapkan hari untuk mengunjungi Jogja yang selalu menawan ini. Dan jelajahi kotanya dengan penuh suka cita!

Klik Share Buat Temen Kamu Yang Suka Info ini Yuukk..

You may also like

Hot News